Kilas Balik Tahun 2017 dan Resolusi Tahun 2018

Selamat datang tahun 2018!

Postingan yang terlambat. Tapi nggak apa-apa lah ya, daripada enggak sama sekali. Hihi. Dua minggu terakhir kemarin, saya disibukkan oleh Ujian Akhir Semester (UAS) 5. Cepet banget deh. Perasaan baru kemarin belajar bahasa Turki, eh udah mau lulus aja.

Tahun 2017 kemarin merupakan tahun yang sangat berharga buat saya. Nggak banyak sih yang saya lakuin. Nggak produktif juga. Tapi setidaknya, saya merasa telah belajar sesuatu dan mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak begitu terpikirkan dan terbayangkan.

KILAS BALIK 2017

Pertukaran Mahasiswa di Praha, Republik Ceko

IMG_3010

Metropolitan University Prague (dokumen pribadi)

Mungkin bagi sebagian orang, ini biasa aja. Ya emang iya sih. Terlebih bagi mahasiswa/i yang kuliah di Turki, pertukaran mahasiswa ke Eropa di bawah naungan program Erasmus+ bukan hal yang spesial karena peluangnya besar. Tapi bagi saya, Baca lebih lanjut

Iklan

Pengalaman Magang di Media Turki

ege-ajans-26-yasinda-hbrfoto-2012-20120201105027

kentyasam

Tanggal 4-8 Desember 2017 kemarin saya magang di media kampus – Ege Ajans/Ege (Aegean) Agency – untuk memenuhi syarat kelulusan. Total waktu magang yang harus kita penuhi adalah dua bulan yang meliputi satu bulan magang di kampus, dan satu bulan sisanya magang bebas di luar kampus. Nah, magang satu bulan di dalam kampus tadi dibagi menjadi empat semester; yang artinya kami perlu magang selama seminggu di setiap semester 5-8.

Karena saya berasal dari jurusan jurnalistik, saya ditugaskan untuk menjadi muhabir (dalam bahasa Turki) atau news reporter selama magang. Setiap jam 09.00 pagi, kami mahasiswa magang harus sudah berkumpul di haber odası atau newsroom untuk Baca lebih lanjut

Mengapa Membaca Itu Lebih Menyenangkan Daripada Menonton?

stock-vector-cartoon-of-girl-student-studying-reading-book-105444905

shutterstock.com

Bagi sebagian orang, menonton itu lebih menyenangkan daripada membaca. Sedangkan bagi sebagian orang lainnya, seperti saya, membaca itu jauh lebih menyenangkan. Kategori buku favorit saya adalah novel, biografi ataupun autobiografi, hingga studi kasus. Hanya buku tutorial yang seringkali membuat saya bosan. Saya lebih suka buku yang mengandung sebab-akibat. Nah, kiranya dengan melihat tipe buku bacaan saya,  berikut adalah alasan mengapa saya lebih suka membaca daripada menonton; mungkin juga jadi alasan sebagian orang lainnya.

Punya Waktu Lebih untuk Berpikir

Di sela-sela membaca, saya suka banget berhenti di tengah-tengah, lalu melempar pandangan ke udara. Kadang, saya merasa butuh waktu untuk mencerna ataupun mengevaluasi apa yang saya baca. Entah endingnya berujung pada persetujuan ataupun sebaliknya. Kadang, saya perlu bernafas panjang, melempar badan ke kursi, menutup buku, ataupun tertawa sampai jungkir balik. Baca lebih lanjut

[Resensi Buku] The Partner

Life on the run was life in the past. There was no closure. (p. 116)

9780385485784-us

abebooks

Judul Buku : The Partner
Penulis : John Grisham
Penerbit : Doubleday
Tahun : 1997
Jumlah Halaman : 366 hlm.

It began when he disappeared. But it didn’t really start until they found him…

QUOTES

Life on the run was life in the past. There was no closure. (p. 116)

It’s a lawyer’s dream. Threaten everything, but walk away with the settlement. (p.169)

“… I’ve been a judge for twelve years, and I’ve seen people stand before me and confess to crimes that they still couldn’t believe they committed. Under the right circumstances, a man can do just about anything.” (p. 295)

“… I know it’s a bitter pill to swallow, but you can’t change the facts…” (p. 340)

“Everybody wants to run, Karl. At some point in life, everybody thinks about walking away. Life’s always better on the beach or in the mountains. Problems can be left behind. It’s inbred in us. We’re the products of immigrants who left miserable conditions and came here in search of a better life. And they kept moving west, packing up and leaving, always looking for the pot of gold…” (p. 353-354)

SUMMARY

Sebenernya saya pengin banget tulis rangkuman panjang-panjang. Tapi berhubung minggu ini jadi salah satu minggu supeeer sibuk, saya bakal menuliskan resensi ini sesingkat mungkin. Oke, langsung saja.

Patrick Lanigan merupakan seorang partner di salah satu perusahaan hukum di Amerika Serikat yang membawa kabur uang senilai USD 90 milyar, serta memalsukan kematiannya yang berujung tuduhan pembunuhan, hingga kabur ke Brazil. Baca lebih lanjut

[Resensi Buku Non-Fiksi] The Innocent Man

‘This is a true story of the criminal justice system gone terribly wrong.’

innocent man

ebookmanualspro.info

Judul Buku : The Innocent Man 

Penulis : John Grisham

Penerbit : Arrow Books

Tahun : 2007

Jumlah Halaman : 501 hlm.

Ron Williamson was a star college baseball player in the small town of Ada, Oklahoma. When he left to pursue his dreams, he seemed destined for glory. But years of injury, drinking, drugs and women took their toll.

He returned to Ada a lonely drifter. In 1982, a 21 year-old cocktail waitress was raped and murdered. After five years of fruitless investigation the police arrested Williamson for want of any other suspect. The case against him was built on bogus evidence and the testimony of jailhouse snitches and convicts. He was found guilty at trial and sent to Death Row.

This is a true story of the criminal justice system gone terribly wrong. A vengeful prosecutors and incompetent defence lawyers. Of a man’s journey to hell. A journey from which he nearly didn’t return.

QUOTES

There were too many people back home counting on him. His family had sacrificed too much. He’d bypassed college and an education to became a major leaguer, so quitting was not an option. (p. 64) Baca lebih lanjut

Cara Menikmati Hidup dan Mengurangi Kegelisahan

UTS beres, dijemput oleh mendung dan hujan tak henti-henti, sesekali dengan petir di tengah musim dingin yang mempercepat tenggelamnya matahari, membuat saya makin nano-nano. Kata internet sih memang ada jenis depresi yang disebabkan oleh musim dingin dan akan hilang seiring kedatangan musim semi. Etdah, depresi banget istilahnya?

Gejalanya seperti banyak tidur, jadi suka makan terlebih yang mengandung karbohidrat, menarik diri dari pergaulan, serta hilang dan berkurangnya motivasi.

Menjadi seseorang yang terjadwal dan terbiasa membuat to-do-list hingga rincian sedetail hari dan jam membuat saya selalu dikejar target dan cenderung jauh dari kata fleksibel.

Saya ingat ketika Euro trip bareng teman kemarin ke Vienna, saya tidak membuat itinerary karena kekurangan waktu. Kami pun hanya berjalan mengikuti kata hati dan peta gratis yang ada di stasiun underground.

Kebalikannya, travel mate saya ini tipe orang yang sangat fleksibel. Ketika saya tertekan gara-gara menganggap jalan-jalan tanpa itinerary itu buang-buang waktu, dia justru menikmati setiap kejutan yang ada dari segala ketidakpastian. Baca lebih lanjut

Bincang Acer Aspire One D270-26Crr Red Netbook

Mau kasih judul review laptop kok kesannya berat sekali. Ntar saya diomelin sama anak komputer gegara penggunaan istilahnya yang awam dan penjabaran spesifikasi yang tidak lengkap. Ya sudah, lebih baik saya membahasnya ala curhat kurang penting yang semoga ada faedahnya. Laaah.

Sekitar 2-3 bulan yang lalu, Acer Aspire One D270-26Crr red netbook saya wafat. Rasanya sedih banget ditinggalkan oleh netbook yang sudah menemani saya sejak tahun 2012; dari kelas dua SMA sampai sekarang udah mau tahun tua di universitas; dari masa mengejar karya dan prestasi, universitas, hingga beasiswa dls. Kurang lebih sekitar 5 tahun pemakaian. Untuk tipe orang yang pakai laptopnya berantakan kayak saya, 5 tahun itu lumayan lama loh. Baca lebih lanjut