Kuters; Bukan Sekedar Pencari Gratisan

Ada yang bilang, “Kalau mau sukses, pantasin diri dengan nggak nguters!”

Ada pula yang mengatakan, “Kuters itu cuma kumpulan orang kurang kerjaan.”

Ada juga yang bersiul, “Kok mau-maunya ya, suruh follow ini-itu sedangkan hadiahnya cuma kecil dan belum tentu menang, lagi.”

Dan…. masih buanyak lagi.

Well, menurutku sendiri, Continue reading “Kuters; Bukan Sekedar Pencari Gratisan”

Anak-Anak Adalah Peniru Terbaik

Inspirasi kali ini datang dari kegiatan shalat tarawih. Entah kenapa, ide itu tiba-tiba terlintas saja ketika saya melihat seorang bocah kecil nan unyu menunaikan shalat dengan posisi yang sangat unik. Mungkin cenderung aneh?

Posisi duduk pada tahiyat terakhir sangat condong ke kanan. Bahkan bisa dipastikan jika si bocah terlena sedikit saja, ia bisa terjungkil ke kanan kemudian mengenai sebelahnya. Mengenai sebelahnya lagi. Dan yang paling ujung kanan bakalan kejedot tembok atau mungkin kaca mushola. Continue reading “Anak-Anak Adalah Peniru Terbaik”

Interval Antara Ramadhan dan Petasan

Menjelang Ramadhan hingga di penghujung lebaran, suara petasan menderu-deru setiap waktu. Bulan yang harusnya digunakan untuk beribadah dengan khusyuk justru menjadi ajang yang tampak menakutkan. Betapa tidak? Bayangkan, ketika sedang bergelut khusyuk dengan shalat taraweh atau berdoa, tiba-tiba terdengar suara ledakan yang mengejutkan. Iya kalau yang sehat, yang punya penyakit jantung dan latah? Continue reading “Interval Antara Ramadhan dan Petasan”

Kata Ilmuan tentang Sastra

“Imagination is more important than knowledge,” demikian komentar Einstein.

Karakter khas sastra ini juga di kemukakan I.A Richard dalam bukunya Peotries and Science (1926). Menurut Richard, dunia sastra mampu menyuguhkan imajinasi sehingga memberi inspirasi orang untuk berkarya. Sastra juga bisa menjadi basis (core) bagi munculnya berbagai disiplin keilmuan. Banyak pemikir inovatif dalam ilmu sosial dan eksak, mempunyai latar belakang teori sastra yang kuat atau setidaknya penikmat sastra. Continue reading “Kata Ilmuan tentang Sastra”

30 Hari Keistimewaan Ramadhan

Assalamu’alaikum…..

Selamat datang dalam penerbangan RAMADHAN AIR, dengan tujuan Bandara Internasional IDUL FITRI dengan nomer penerbangan 1434 H. Sesaat lagi kita akan menempuh perjalanan yang memakan waktu sebulan lamanya dan akan memasuki wilayah PUASA. Tegarkan kursi IMAN serta sandaran TAQWA. Bila terjadi goncangan, silahkan pasang sabuk DZIKIR, TAHAJJUD, TADARUS, dan SEDEKAH JARIYAH. Bersama pilot kita, ALQURANUL KARIM, NAELIL sekeluarga (ALM. H.M. ARIFIN sekeluarga) MOHON MAAF LAHIR & BATIN, dan mengucapkan,
“SELAMAT MENJALANKAN PUASA RAMADHAN”

Jadi bentar lagi kan bulan puasa nih, lebih tepatnya tanggal 10 Juli 2013 besok kemarin. Ramadhan memang udah lewat start-nya beberapa hari lalu. Tapi nggak dosa kan kalau saya minta maaf dan posting ini sekarang? #ngeles. Jadi, saya kepengin bagi-bagi info tentang keistimewaan hari-hari di Bulan Ramadhan. Apa sajakah itu? Check this out! Continue reading “30 Hari Keistimewaan Ramadhan”

Refresh Iman

Ramadhan identik dengan puasa, tarawih, dan tadarus. Sebelum saya bahas lebih lanjut lagi, mari kita telaah bersama apa defisi ketika kata tersebut.

Puasa : tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu[1]. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat.
(Wikipedia) Continue reading “Refresh Iman”

Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

Buat saya pribadi, Bahasa Inggris itu penting banget. Kenapa? Karena Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional dimana seluruh penjuru bumi memperlajarinya sehingga memudahkan komunikasi antar berbagai bangsa yang terdiri dari berbagai budaya bahasa.

Meskipun demikian, Bahasa Indonesia sendiri tidak boleh dilupakan. Itu kan bahasa nasional. Bahasa persatuan kita. Merdeka! #eh Continue reading “Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah”

CUPLIKAN BUKU Antologi “Cintaku Kembali di Penghujung Tahun”

Sambil menyelam minum air nih. Hehee. Numpang promosi buku ya…. Jika berminat, langsung aja hubungi saya. OK?

Ngomong-ngomong, buku ini adalah karya anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) di Sekolah. Ya, Alhamdulillah udah ada yang diterbitkan sebagai bukti eksistensi keberadaan eskul kita ini.

Buku ini buku tentang cinta  berbagai macam peristiwa. Meskipun judulnya cinta, tapi sebenarnya nggak melulu tentang cinta-cintaan.

Langsung kita intip yuk!

Antologi 19 (2013)
Continue reading “CUPLIKAN BUKU Antologi “Cintaku Kembali di Penghujung Tahun””

Cerpen dimuat di Radar Banyuwangi, 7 Juli 2013 : Hati Ibu

Hati Ibu

(Naelil)

3. Cerpen Hati Ibu - Radar BWI 7 Juli 2013

“Di, kamu itu kalau dinasehati, mbok ya nurut sama Ibu.”

Teriak ibu dari dalam dapur. Aku pura-pura tak dengar dengan menghidupkan mesin sepeda motor keras-keras. Kemudian segera pergi menuju ke sekolah.

“Dasar bocah. Dikasih tahu, malah kabur…”

Samar-samar, kudengar ibu ngedumel karena ulahku. Maafkan aku, Ibu. Bukan maksudku untuk melukai hatimu. Tapi, aku sudah dewasa. Tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. Kuharap ibu tidak memperlakukanku seperti anak TK lagi. Aku tersenyum sendiri mengingat ulah ibu.

***

Sekolah masih sepi. Belum tampak riuh-renyah siswa-siswi yang bergerumbul membicarakan rivalnya. Udara masih bersih. Cicitan burung pun masih segar di telinga. Aku menghempaskan pandangan ke arah parkiran yang masih kosong di depanku. Continue reading “Cerpen dimuat di Radar Banyuwangi, 7 Juli 2013 : Hati Ibu”