Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

Buat saya pribadi, Bahasa Inggris itu penting banget. Kenapa? Karena Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional dimana seluruh penjuru bumi memperlajarinya sehingga memudahkan komunikasi antar berbagai bangsa yang terdiri dari berbagai budaya bahasa.

Meskipun demikian, Bahasa Indonesia sendiri tidak boleh dilupakan. Itu kan bahasa nasional. Bahasa persatuan kita. Merdeka! #eh

Dulu, saya pikir kalau kepengin pintar seperti si A, misal, ya harus belajar apa yang dia pelajari. Misalnya mau belajar biologi. Sekarang kan internet udah menjangkau dimana-mana. Jadi tinggal tulis di pencarian “Biology” atau pilih website http://www.coursera.org. Di sana kalian bisa belajar apapun yang ingin kalian ketahui. Manfaatkan aja sebaik mungkin. Apalagi bagi yang berkehendak sekolah di luar negeri. Nggak punya duit mau sekolah di luar negeri? Nggak masalah, kan ada beasiswa. Banyak malah. Cuman, persaingannya emang ketat. Kalau udah pintar, alhamdulillah, terusin. Kalau merasa belum pintar, belajarnya lebih giat daripada yang udah pintar.

Oke, jadi kalau mau belajar di website tersebut, kalian hukumnya WAJIB untuk bisa bahasa Inggris. Kenapa? Karena semua materinya itu ditulis dalam Bahasa Inggris.

Tips Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

1. Dengerin penjelasan Guru Bahasa Inggris di sekolah

Kalau mau menguasai suatu materi, yang dengerin kalau pemateri ngejelasin. Jangan ngegossip. Saya kadang juga gitu sih, tapi pelan-pelan dikurangi lah. Saya sendiri kalau bener-bener pengin bisa-misal pelajarn itu sulit bagi saya-bakal saya perhatiin. Kalau ada yang ngajakin ngobrol, bilang, “Sorry, Man, ini sekolah. Bukan kedai kopi. ” Kalau itu terasa kasar, bilang aja, “Maaf, teman, aku benar-benar pengin bisa. Pending dulu ya ngobrolnya.” Jangan lupa sambil lembar senyuman. Jangan lempar sepatu! Kasihan kan kalau mulutnya nyonyor.

2. Kalau Nggak Paham, Tanya

Udah lumrah. Semua orang udah pada tahu kan pepatah ini. “Malu Bertanya Sesat di Jalan.” Nah, makannya tanya. Asal, habis tanya didengerin baik-baik jawaban pematerinya/guru. Jangan asal dengerin, nanti tanya lagi. Kebanyakan tanya juga nggak baik kan? Kesannya nggak mau usaha belajar.

3. Manfaatin Internet

Cari yang model grammer, banyak di internet. Kamus elektronik juga disebarkan bebas di internet. Tinggal download dan pakai.

4. Masuk ke Dunia “English Native Speaker”

Ada yang suka kirim-kiriman surat? Chatting? Manfaatin tuh situs jejaring sosial kayak facebook, twitter. Tapi kalau saya lebih suka yang kayak interpals. Bisa lebih intens ngobrolnya.

Cari teman bule. Nggak usah malu. Toh tujuan kita baik. Ya kan? Cara terbaik untuk menguasai suatu bahasa adalah masuk ke dunia pengguna bahasa tersebut. Jadi misal kepengin bisa Bahasa Inggris, samperin noh bule pengguna Bahasa Inggris.

Emang sih, ada beberapa bule yang jutek nan bikin bete. Tapi nggak semua kok. Banyak juga bule yang ramahnya pakai embel-embel banget. Intinya sih, jangan malu buat say “Hallo” duluan. Nanti kalau udah kenal, udah berbaur sama bule, pasti bakalan banyak bule yang say “Hallo” duluan.

Melalui pengalaman, saya paling suka sama bule asal Inggris. Sejauh ini, saya temuin mereka dalam kondisi ramah tamah.

Bahkan cenderung manis sikapnya, open-minded sama pendapat kita. Diskusi dalam obrolan pun nyaman tak terindahkan. Makannya, nggak heran juga kalau banyak yang bilang masyarakat Inggris itu moderat.*

*Moderat : adjective

1. selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem

2.  berkecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah: pandangannya cukup — ia mau mempertimbangkan pandangan pihak lain.

(http://artikata.com/arti-341123-moderat.html)

Jangan khawatir kalau merasa bahasa Inggris-nya belum fasih benar. Mereka memaklumi kok. Kan kita bukan berasal dari negara yang berbahasa Inggris.

5. Catat Kata-Kata Baru dan Buat Kalimat

Kalau mereka nulis kata yang nggak dimengerti, cari artinya di kamus. Terus tulis di buku khusus. Bikin kalimat dari kata yang baru kalian terima itu. Rutin ya, jangan sekali dua kali doang.

Saranku, kalau mau cari artinya di kamus, pilih kamus biasa yang berupa buku itu. Karena seiring kalian bolak-balik lembarannya, bakalan ada kata-kata baru yang kalian temukan. Dan itu lebih efektif lagi.

====

Menurut saya, tenses dan segala macamnya itu urusan belakangan, nomer dua lah. Kan kita (dalam bahasa Indonesi) ngomongnya juga nggak ngikutin tenses. Nggak selalu pakai pola SPOK juga. Masa iya ngobrol ngomong gini,

A : “Apa yang sedang kamu lakukan sekarang?”

B : “Saya sedang makan roti di rumah Aliya.”

Nggak lucu juga kan, kesannya kaku. Kalau sama teman sendiri kan biasanya gini,

A : “Lagi ngapain?”

B : “Makan roti.”

A : “Dimana?”

B : “Rumahnya Alia.”

Bahasa Indonesia, sama halnya dengan bahasa Inggris. Itu kalau mau lancar bahasa Inggris buat komunikasi, nggak usah mikirin tenses dulu. Nanti tenses bakal ngikutin kalau kita bisa bicara.

Tapi kalau belajarnya cuma buat di sekolah agar dapat nilai bagus, ya pelajarin tuh tenses. Dengerin apa kata guru.

Oke deh, sekian dulu. Semoga bermanfaat. Salam, Naelil.

 

 
Iklan

4 thoughts on “Lancar Berbahasa Inggris dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s