Diserbu Komentar Spam

Aku belum lama ini punya blog. Intinya mah, belum bisa ngurus blog banget. Masih kurang tahu perihal komentar spam dan sejenisnya. Kukira cuma email aja yang bisa diserbu spam, ternyata bukan. Segala hal bisa jadi diserbu spam. Ingat! SEGALA HAL!

Nah, beberapa waktu yang lalu ceritanya aku nulis di blog menggunakan Bahasa Inggris. Ceilah. Maunya sih untuk sekedar have fun, pengin sesuatu yang beda. Dan hasilnya satu postingan Bahasa Inggris dengan ukuran yang tidak terlalu panjang.

Belum lama setelahnya, ada komentar masuk. Tapi kok sama Akismet dimasukin ke spam sih. Terus aku buka dan baca. Nyambung aja. Cuman, komentarnya emang menggunakan Bahasa Inggris karena mengomentari tulisanku yang berbahasa Inggris tadi. Jadi aku setujui sebagai bukan spam. Kemudian aku balas komentarnya.

Hal itu bukan hanya sekali. Dipostingan itu aku dapat 9 komentar dalam jangka waktu yang berdekatan. Padahal di postinganku yang lain, kosong mlompong. Yang komentar jarang banget. Pengunjungnya juga masih dikit kok. Tapi herannya, aku belum merasa aneh.

Hingga suatu ketika aku terenyuh bingung. Kok setiap kali ada komentar dalam Bahasa Inggris dimasukin ke spam ya? Segera aku searching di google. Nah hasilnya? Aku tahu kalau mereka itu sejenis komentar spam.

Jadi, komentar spam itu sejenis komentar yang digunakan oleh beberapa pihak untuk mempromosikan produknya. Berkomentar dengan email palsu dan menyelipkan link produk. Parahnya, komentar spam katanya juga bisa mencuri data-data kalian. Ih…serem!

Tapi tenang, ada penyangkalnya kok. Walau gratisan, di wordpress ini punya Akismet. Tapi misalnya ada yang lolos babak seleski spam, eh apa ini? Maksudnya, sebenarnya spam tapi nggak terdeteksi, kalian juga bisa kok buang ke spam.

Ciri-ciri komentar spam setahuku sih, komentarnya nggak nyambung, terlalu pendek, nyelipin link produk. Misalnya, “Nice post! I am lucky to find your post.”

Karena hal itu, barusan aku langsung hapus semua spam itu. Khawatirnya kalau nggak buru-buru kuhapus, nanti SEO kira blog-ku ini blog spam, bisa-bisa diblokir kan? Malah jadi berabe. So, hati-hati. Selain kepada para plagiator, juga para penyebar komentar spam. Huehe. Salam.

Iklan

2 thoughts on “Diserbu Komentar Spam

  1. di blog hostingan kampusku dulu, ane lupa activate anti-spam. Akibatnya, spam di komentar mencapat ribuan. Ribuan bukan cuma hitungan jari. Setelah ane hapus semua, ane export deh ke hostingan wordpress.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s