Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Selamat pagi…
Selamat berakhir pekan…
Kali ini saya kepengin ngobrolin masalah jurusan. Kenapa? Karena pelajar tahun terakhir kayak saya ini, kebanyakan masih bingung ketika ditanya kelak maunya masuk ke prodi apa, fakultas apa, dan universitas apa. Wajar sih, karena ini merupakan penentu masa depan. Bukan main, kita harus matang-matang dalam memilih. Jangan sampai salah pilih jika tidak mau tersesat dan menyesal di belakang.

Oke. Kalau menurut kacamata saya, masalah beberapa tuh :
1. Perbedaan pilihan dengan orang tua a.k.a keluarga
2. Kurang tahu jurusan apa saja yang ada
3. Kebanyakan pilihan
4. Belum tahu diri sendiri sukanya apa
5. Takut nggak lolos tapi cita-cita tinggi
6. Takut prospeknya nggak bagus

Oke. Kalau menurut saya, yang terpenting dari yang terpenting adalah passion. Apakah itu passion? Jadi, passion itu suatu hal yang kita sukai. Hal yang bisa kita lakukan berulang-ulang dan tidak bosan sehingga mengerjakannya dapat membuat kita lupa waktu. Misalnya aja. Si A suka banget hitung-hitungan. Kalau ngerjain matematika bisa sampai malam. LKS matematikanya bahkan udah selesai sebelum guru sempat menerangkan. Bukan PR pun, dia selalu mengutak-atik matematika. Gemar juga beli buku matematika. Nah, si A passionnya ke matematika.

Kenapa harus passion? Karena kalau udah suka, saya pikir kita bisa rajin dan bahagia menjalaninya. Kalau udah bahagia, enjoy dan rajin, insyaAllah bisa jadi ahlinya. Mau kan? Dan insyaAllah pula rezeki akan mengalir layaknya air.

Tapi kalau prospeknya nggak bagus? Menurut saya nggak ada prospek yang jelek kalau kita mau berusaha. Yang penting suka aja dulu. Misalnya gini nih, sekarang kan teknologi emang lagi bangga-bangganya dipamerkan. Dan pastinya, bakalan berlanjut sampai era berikutnya karena terus berkembang. Terus ada anak yang masuk ke jurusan yang berbau teknologi walau sebenarnya ia nggak suka. Hasilnya? Dia males-malesan dan kerjanya cuma lontang-lantung. Akhirnya? Percuma aja biar prospeknya baik. Udahlahh, kalau menurut saya mah, yang penting sukai dulu bidangnya.

Ada juga yang malu sama passion-nya. Kayak misal mikir, ah nggak keren jurusannya. Jangan peduli! Saya juga pernah digituin. Rencana pilihan jurusan saya tahun depan, dibilang payah sama saudara-saudara saya. Siapa peduli? Yang dicari kan bukan sekedar prestis. Kalau yang biayain oke-oke aja, ambil. Maksudnya, kan masih bergantung di orang tua.

Kalau beda sama orang tua? Nah ini. Saya bukannya mau mengajari untuk melawan atau bagaimana. Saya pahamlah, kalau orang tua pasti berharap yang terbaik untuk anak-anaknya. Tapi passion tetaplah penting. Dan yang tahu passion kalian, yang paling mengenal diri kalian sendiri itu ya kalian. Oleh sebab itu, perjuangkan. Coba bicara dengan mereka baik-baik. Jelaskan kenapa kalian suka jurusan tersebut dan kasih tahu apa aja prospeknya. Kalau mereka udah setuju, tinggal kalian yang berusaha membuktikan bahwa pilihan kalian tepat.

Oh iya satu lagi. Yang namanya passion, yang the most tuh, cuma ada satu. Jadi, passion pasti nggak ada duanya. Kalau udah suka, nggak ada pilihan/cadangan lain. Kalau ada yang lain, enggak dong? Menurut saya sih gitu.

Tambah bingung? Er…coba konsultasi sama guru BK, searching di internet atau shalat istikharah.

Lalu eh, misal suka sama suatu bidang tapi nggak jago? Kata salah seorang teman saya yang udah kuliah nih, di kampus tuh semuanya di ulang dari awal. Jadi nggak perlu khawatir. Buktinya aja yang IPA bisa masuk IPS, yang IPS bisa mauk IPA. Just believe!

Oh iya, kalau mau tahu tentang jurusan-jurusan, silahkan kunjungi http://snmptn.ac.id/. Di sana lengkap kok. Nanti kalau udah srek sama suatu jurusan yang sekiranya sama dengan passion, coba diintip website resmi ptn ataupun fakultasnya. Secepatnya ya, soalnya ini udah bulan September. Kurang lebih setengah tahun lagi kita ujian guys. Kalau udah nemu, kan lebih enak fokus buat UN atau SBMPTN. Good luck!

Iklan

6 thoughts on “Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s