Antara IPA dan IPS

Banyak yang galau tentang jurusan di perkuliahan. Di bawahnya, banyak juga yang menggalau mengenai jurusan yang biasanya dimulai ketika naik ke kelas XI di SMA. Saya dulu, juga begitu sih. Bingung. IPS atau IPA?

Kalau menyinggung masalah gengsi. Di sekolah saya, IPA memang cenderung diunggulkan. Dulu, IPS itu anaknya terkenal suka berisik dan bolos. Pokoknya, IPA laksana pujaan hati mayoritas siswa. Semua bertarung demi nilai IPA yang oke agar bisa masuk ke jurusan IPA. Jurusan IPS itu kesannya kayak…yang nggak lolos IPA, baru dimasukin IPS. Itu di sekolahku, menurut pendapatku.

Kemudian menyinggung kuota. Sebenarnya, seharusnya sih lebih ketat masuk ke IPS. Baca lebih lanjut

Iklan

Cerpen dimuat di Radar Banyuwangi, 27 Oktober 2013

Selamat sore =)
Kali ini saya akan mem-posting cerpen saya yang dimuat di Radar Banyuwangi, 27 Oktober 2013 lalu. Ini merupakan versi mentahnya ya. Maksudnya asli, belum diedit editor. Semoga bermanfaat.

KESURUPAN
(Oleh : Naelil)

Pesanggaran-20131125-02965

Kami cukup dibuat takjub dengan photo yang tertera di layar handphone Ika. Mataku bahkan tak berhenti membulat sama halnya dengan bibirku yang terlongo kaget.

“Kamu serius photo sendirian?”

“Kayaknya itu bayangan deh. Penyinaran, kali.”

Ika menggeleng cepat, “Enggak. Aku tadi photo sendirian kok. Kalau nggak percaya, silahkan tanya Nita.”

Kami kompak menengok ke arah Nita. Gadis dengan kuncir satu itu mengangguk tegas, “Iya, aku lihat sendiri kok kalau Ika photo sendiri di depan pintu. Aku kok yang motoin.”

Lalu siapa sosok berambut panjang di samping Ika? Baca lebih lanjut

Cerpenku : Nyai Renjana

Assalamu’alaikum. Selamat malam. Saya masih diliputi perasaan bahagia nih.
Karena apa? Alhamdulillah kemarin Minggu, 20 Oktober 2013, saya mendapatkan informasi bahwa cerpen saya yang berjudul “Nyai Renjana” menjadi Juara I Caninus Short Story Competiton yang diadakan oleh Pers Caninus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Ya, sekedar berbagi kisahnya. Saya pun masih belajar. Jadi, mohon kritik dan sarannya ya… Semoga cerpen sederhana ini bermanfaat. =)

Nyai Renjana
(Oleh : Naelil)

Tak ada penari sebaik Renjana. Baca lebih lanjut

Mari Jaga Lingkungan Tetap Bersih!

Membahas tentang sampah, pasti tidak akan ada habisnya. Setiap hari, nyaris kita jumpai yang namanya sampah di berbagai tempat. Walau sudah banyak banner yang berisi larangan membuang sampah sembarangan, sepertinya hal itu masih diabaikan. Begitu juga dengan pepatah, “Bersih Sebagian dari Iman.” Masih kurang manjur.

Lalu bagaimanakah solusinya? Kalau menurut saya pribadi, seperti yang dilakukan di beberapa negara di luar negeri. Barang siapa yang membuang sampah sembarangan, akan dikenakan denda. Dengan begitu, paling tidak pembuang sampah sembarangan akan berkurang karena rugi materi. Tetapi bisa juga kurang efektif, karena semakin banyak uang, bisa jadi semakin seenaknya sendiri. Atau mungkin siapa yang membuang sampah sembarangan, wajib membersihkan toilet umum. Huehe. Dan tidak boleh diwakili. Jadi, di setiap jalanan sudah ada petugas yang bertugas mengawasi. Baca lebih lanjut

Penyimpangan Orde Lama dan Orde Baru

 

Di bawah ini merupakan penyimpangan orde lama dan orde baru yang di ambil dari beberapa sumber.

Penyimpangan Orde Lama :

1. Kekuasaan Presiden dijalankan secara sewenang-wenang, hal ini terjadi karena kekuasaan MPR, DPR, dan DPA yang pada waktu itu belum dibentuk dilaksanakan oleh Presiden.

2. MPRS menetapkan Presiden menjadi Presiden seumur hidup, hal ini tidak sesuai dengan ketentuan mengenai masa jabatan Presiden. Baca lebih lanjut

Cermin dimuat di Majalah Horison Juli 2013 : Mawar Hitam

Oke, jadi sebenarnya cermin ini sudah dimuat bulan Juli lalu di Majalah Horisan. Karya pertama saya yang nongol di Majalah Horison. :’) Cerpen ini dikirim sekitar bulan November/Desember 2012. Kemudian akhir Juni 2013, saya dikirimi email oleh Majalah Horison yang berisi tentang pemuatan karya saya. Alhamdulillah. Nah, berhubung udah lama. Ini yang mau saya posting adalah mentahnya. Versi yang belum diedit oleh editornya. Here we go…

1. Cerpen Mawar Hitam - Majalah Horison Juli 2013

Mawar Hitam 

(Oleh : Naelil)

Gambar diambil dari sini

Eliana tak kuasa menahan muntahan air bah kerinduan yang memaksa ke luar melalui dinding rapat yang telah Eliana bangun dengan susah payah. Buncahan rindu atas nama cinta seolah tak pernah mau mengalah. Menyiksa Eliana terus-terusan.

Rindu. Dari kata itulah banyak rasa yang terwakilinya berdatangan. Rindu Eliana kini bukan lagi sekedar rindu. Namun menjadi bumerang penghambat rutinitas. Rindu menukik tajam pada setiap persendian tulang hingga apapun yang Eliana lakukan terasa menyakitkan. Apapun yang Eliana lakukan dihambatnya. Dan kau tahu sendirikan siapa yang Eliana rindukan? Baca lebih lanjut

Jagalah Kebersihan Makananmu!

Judulnya kayak ngomong ke anak-anak. Hehee. Tapi emang bener loh, menjaga kebersihan makanan itu teramat sangat penting. Mengapa demikian? Karena nanti urusannya dengan perncernaan, dengan kesehatan. Dan, semua sudah pada tahu kalau sehat itu emas. Sehat itu anugerah. Yang sehat mungkin masih banyak yang mengeluhkan keadaan. Tapi kawan, dengarlah, sesungguhnya yang sedang sakit itu termehek-mehek lantaran mengingingkan yang namanya tubuh sehat. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Herannya, masih kujumpai beberapa kawan yang terang-terangan menyatakan ingin sakit. Alasannya? Pengin diperhatikan. Haduh, mending sehat deh. Serius. Baca lebih lanjut