Mari Jaga Lingkungan Tetap Bersih!

Membahas tentang sampah, pasti tidak akan ada habisnya. Setiap hari, nyaris kita jumpai yang namanya sampah di berbagai tempat. Walau sudah banyak banner yang berisi larangan membuang sampah sembarangan, sepertinya hal itu masih diabaikan. Begitu juga dengan pepatah, “Bersih Sebagian dari Iman.” Masih kurang manjur.

Lalu bagaimanakah solusinya? Kalau menurut saya pribadi, seperti yang dilakukan di beberapa negara di luar negeri. Barang siapa yang membuang sampah sembarangan, akan dikenakan denda. Dengan begitu, paling tidak pembuang sampah sembarangan akan berkurang karena rugi materi. Tetapi bisa juga kurang efektif, karena semakin banyak uang, bisa jadi semakin seenaknya sendiri. Atau mungkin siapa yang membuang sampah sembarangan, wajib membersihkan toilet umum. Huehe. Dan tidak boleh diwakili. Jadi, di setiap jalanan sudah ada petugas yang bertugas mengawasi.

Lalu bagaimana jika kita hendak membuang sampah, tetapi tidak ditemukan tempat sampah? Hm, ini masalah yang sudah umum terutama di tempat saya. Kurangnya tempat sampah seperti tong. Solusinya? Tentu saja dengan menyimpannya terlebih dahulu. Menyimpannya? Iya. Seperti yang selalu saya lakukan. Jangan membuang sampah asal buang. Misal berada di jalan, dibuang dipinggir jalan.
Sampah-Jalan-Kartini
Kalau melewati jembatan, dibuang di bawah jembatan. Jangan!
jhuh
Jika pergi jalan bersama teman ataupun sendirian, saya selalu menyiapkan satu buah plastik hitam. Tidak perlu yang besar, cukup yang sedang saja. Asal jangan kekecilan. Nah, nanti apabila kita memakan permen atau snack di jalan, misalnya, dan tidak menemukan tong sampah, bungkusnya kita masukkan ke dalam plastik hitam dan kita bawa sementara waktu sampai menemukan tong sampah.

Gara-gara ini, beberapa teman memang menertawai saya. Tapi saya cuek saja. Bagaimanapun, ini juga rumah kita, lahan kita yang harus dijaga. Paling tidak, saya sudah mengurangi tingkat buang sampah sembarangan.

Dulu, sebelum saya terbiasa melakukan ini. Saya seringkali lupa bahwa saya sedang memabwa sebungkus sampah. Jadi, saya lupa membuangnya ke tong sampah dan alhasil sampah tersebut menginap di tas sekolah saya untuk beberapa hari. Oke, mungkin sedikit jorok. Tapi sekarang sudah tidak terlalu karena sudah terbiasa. Nah, saran saya, untuk yang baru-baru ini melakukannya, letakkan bungkusan sampah di tempat yang mudah dijangkau mata. Bukan di tempat yang dalam dan sulit dijangkau.

Kemudian mengenai plastiknya sendiri. Tentu saja masalah. Karena plastik sulit sekali diuraikan. Membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sehingga, ketika membuang tidak perlu sekalian dengan plastiknya. Cukup sampahnya. Toh, sampah kering. Jika sampah basah? Ceritanya lain lagi. Kita bisa mengumpulkan sampah basah dalam satu tempat dahulu, kemudian kita ikat rapat dan masukkan ke plastik hitam.

Yang jelas, siapapun Anda, dimanapun Anda, jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang seharusnya. Karena ini juga demi kesehatan kita semua dan keindahan alam.
74tong-sampah (1)

Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.

4 thoughts on “Mari Jaga Lingkungan Tetap Bersih!

Tinggalkan Balasan

