Jelajah Kuliner Negerinya Ratu Elizabeth

Karena kemarin saya baru aja ngadain kuis kecil-kecilan, saya jadi terinspirasi untuk menulis sesuatu. Beberapa komentar mengatakan keinginannya untuk jajan di England. Waktu saya cek di google beberapa makanan sana, emang cukup menggoda rupanya. Nah, jadi saya putuskan untuk mengulas beberapa makanan khas England di pagi menjelang siang hari yang cerah ini.

1. Fish and Chip

fish and chip

Pasti udah pada tahu kan? Makanan ini lumayan beken di England. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa makanan ini asli dari sana. Dapat dilihat di atas ada kentang goreng dan juga ikan Cod dibalut tepung tawar yang merupakan bagian utamanya. Ada yang pakai sayur, ada juga yang enggak. Biasanya divariasi dengan lemon, tar-tar sauce, sama peanut. Tapi supaya lebih enak di lidah Indonesia, pastinya butuh tambah garam dan juga merica karena ikan Cod rasanya tawar. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Bisa ditemui di pinggir jalan, bisa juga di restoran.

Oh iya, untuk seporsi Fish and Chip ini ukurannya juga lumayan besar untuk orang Indonesia. Paling paling habis separuh juga udah kenyang. Sisanya kasih ke burung Merpati yang banyak berseliweran. Mereka doyan kok, tenang aja. Atau simpan dulu dimakan nanti? Hehee, tapi katanya sih paling enak ya dimakan saat panas itu. Apalagi kan rasanya hambar kalau dibandingin sama makanan Indonesia yang penuh rempah-rempah alias full bumbu. Nggak kebayang makan makanan hambar di saat dingin.

2. Cornish Pasty

???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Cornish Pasty ini bentuknya kayak Pastel kalau di Indonesia. Turnovers gurih ini terdiri dari pastri pendek-kerak namun enfolding mengisi daging, kentang cincang, serta bawang. Makanan ini biasanya mereka jadikan lunch, buat makan siang.

Dulunya sih, pada mulanya, Cornish Pasty merupakan makanan standar khas para penambang timah Cornwall di England pada abad ke-18 dan ke-19. Hal itu biasa untuk menempatkan campuran gurih di satu ujung dan campuran apel yang lain sehingga daging dan makanan penutup bisa dinikmati di sama pucat.

3. Muffin

Muffin

Muffin ini juga lumayan dikenal sebagai makanan khas Inggris. Kata orang sih, Muffin in merupakan kue paling mudah dan paling cepat dibuatnya. Dan katanya juga sih, cocok banget dimakan sambil menyeduh teh hangat di musim dingin. Duh!

Bahannya yaitu lelehan mentega tawar, tepung terigu, telur ayam, baking powder, gula kastor, susu cair, dan juga vanili. Cara membuatnya pertama yaitu olesi mentega di atas loyang Muffin. Sisihkan dulu. Lalu masukkan campuran tepung ke dalam mangkuk dan buat lubang kecil di tengahnya. Tambahkan telur, mentega tawar, susu cair, dan juga vanili. Aduk hingga rata. Untuk variasinya, terserah ditambahkan apa. Lalu panggang dalam oven. Kemudian angkat dan sajikan. Horee! Jadi deh!

Muffin sendiri berasal dari kata moufflet, sebuah kata Prancis kuno yang dinamakan untuk roti karena teksturnya lembut. Bahkan lebih lembut lho dari roti. Muffin mulai popular di abad ke-19 ketika mulai dihidangkan pada saat waktu minum teh. Muffin biasanya dilengkapi dengan mentega dan dimakan dengan selai. Di era Victoria, muffin dijajakan oleh penjual kue di jalanan di atas baki makanan. Lalu mereka akan meletakkannya di atas kepala serta membunyikan bel di tangan untuk memanggil calon pelanggan.Keren ya?

4. Yorkshire Pudding

300px-Yorkshire_Pudding

Bagaimana? Ini juga lumayan menggoda kan? Biarpun fisiknya sih sebenarnya cukup simpel kalau dilihat. Ya nggak?

Yorkshire Pudding merupakan makanan tradisional yang sangat beken di England. Asalnya sih dari kawasan North-East England. Menurut sejarah, makanan ini biasa dimakan oleh warga miskin yang tidak mampu membeli daging. Biasanya anak-anak mendapatkan pudding ini dengan kuah daging jika dalam satu keluarga tidak cukup daging. Duh! 😦

Tetapi tenang, sekarang Yorkshire Pudding selalu disajikan dengan daging panggang sebagai makanan utama tradisional England. Udah dimakan oleh segala lapisan masyarakat.

Cara membuatnya juga mudah. Hanya butuh telur, terigu dan susu. Namun biasanya ditambahkan garam dan lada, lalu kemudian dipanggang deh. Puding ini dapat disajikan dalam satu loyang besar yang kemudian diiris sebelum disajikan, atau dicetak satuan. Puding ini bentuknya mengembang dengan bagian tengah bolong tempat saus gravy dituang. Hm, yummy! Apalagi bagian tepi pudding rasanya renyah.

Wah gimana? Enak-enak kan? 🙂 Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit bukan?

Oleh sebab itu, kita harus bersyukur jadi orang Indonesia. Kulinernya lebih beragam, kaya rempah, dan khas. Lumayan sulit juga dibuat 🙂

Oh ya anyway, kalau menurut kalian, paling enak yang mana nih?

sumber gambar : google

Iklan

One thought on “Jelajah Kuliner Negerinya Ratu Elizabeth

  1. Ping-balik: Türk Mutfağı (Masakan-Masakan Turki) | Naelil The Climber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s