Tanda-Tanda Kepribadian Introvert

 

introvert1

Iseng-iseng  googling tentang introvert. Eh nemu salah satu postingan health.detik.com tentang tanda-tanda kepribadian introvert. Buat yang malas ikutan tes kepribadian karena… sejauh ini emang yang saya ikutin pada agak belibet semua sih. Jadi, langsung aja lihat tanda-tanda di bawah ini untuk memastikan Anda introvert atau ekstrovert. Sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu introvert dan apa itu ekstrovert.

Introvert, dalam segi bahasa memiliki arti tertutup. Biasanya memiliki sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Sedangkan ekstrovert itu kebalikannya introvert. Jadi ekstrovert itu terbuka, lebih suka keramaian.

Oke, langsung aja. Tanda-tanda kepribadian introvert :

1. Tidak Suka Basa Basi
Orang yang introvert dikenal fobia-basa basi, karena mereka merasakan omong kosong menjadi sumber kecemasan, atau setidaknya menjengkelkan. “Introvert benci basa basi bukan karena tidak suka dengan orang-orang. Tapi kami membenci basa basi karena bisa menjadi hambatan yang tercipta di antara orang-orang,” tulis Laurie Helgoe di buku ‘Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength.’

tidak suka basa-basi

2. Pergi ke Pesta Bukan untuk Bertemu Orang
Jika Anda seorang introvert, Anda bisa jadi terkadang menikmati pergi ke pesta. Tapi kemungkinannya adalah Anda tidak pergi ke pesta karena Anda bersemangat bertemu dengan orang baru. Di pesta, kebanyakan introvert akan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sudah mereka kenal dan merasa nyaman.

party_in_silent_hill_by_evilnixon666-d31azdw

3. Merasa Sendiri di Keramaian
Mungkin Anda sering merasa seperti asing di tengah-tengah perkumpulan sosial dan kegiatan kelompok, bahkan dengan orang yang Anda kenal? “Jika Anda cenderung menemukan diri Anda merasa sendiri di tengah keramaian, Anda mungkin seorang introvert,” kata Dambling.

670px-Get-the-Confidence-to-Speak-in-Front-of-a-Class-Step-1

4. Mudah Terganggu
Sementara ekstrovert cenderung mudah bosan ketika mereka tidak memiliki kegiatan, introvert memiliki masalah sebaliknya. Mereka mudah terganggu dan kewalahan di lingkungan yang kelebihan stimulus.

“Ekstrovert umumnya lebih mudah bosan daripada introvert pada pekerjaan yang monoton, mungkin karena mereka membutuhkan dan berkembang pada tingkat tinggi stimulasi,” kata peneliti Clark University di makalah yang diterbitkan di Journal of Personalitu and Social Psychology.

5. Bicara di Depan 500 Orang Tidak Terlalu Membuat Stres Dibanding Harus Berbaur Setelahnya
Introvert bisa menjadi pemimpin yang sangat baik dan seorang pembicara yang baik juga. Mereka tidak terlalu pemalu sebenarnya karena tidak selalu menghindari sorotan. Bagi seorang introvert, berbicara di depan ratusan orang masih lebih baik ketimbang berbaur dengan orang-orang itu setelahnya.

ku-xlarge

Artis seperti Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson, semuanya diidentifikasikan sebagian para introvert, dan sekitar 40 persen dari CEO memiliki kepribadian introvert.

christina_aguilera

6. Saat di Bus, Anda duduk di Bangku Paling Pojok, Bukan di Tengah
Orang yang introvert cenderung menghindari dikelilingi orang di semua sisi. “Kami kemungkinan untuk duduk di tempat-tempat di mana kita bisa pergi ketika kita siap,” tutur Damling.

200417321-001

7. Memiliki Kekasih Ekstrovert
Benar bahwa yang berlawanan itu menarik, sehingga introvert seringnya tertarik pada ekstrovert. Sebab seorang ekstrovert akan mendorong mereka untuk bersenang-senang dan tidak terlalu serius.

8. Menyaring Telepon
Anda mungkin tidak mengangkat telepon sekalipun dari orang yang Anda suka, namun Anda akan menelepon balik mereka setelah Anda siap secara mental dan mengumpulkan energi untuk perbincangan.

telephone-cartoon

9. Anda Memperhatikan Detail yang Orang Lain Tidak Lakukan
Sisi positif dari introvert adalah sering memiliki mata yang tajam untuk melihat hal detail, yang mungkin tidak dilihat orang di sekitarnya. Penelitian menemukan bahwa introvert menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat memproses informasi visual, dibandingkan dengan ekstrovert.

AE-WordCloud-FemaleCartoonCharacters-TV-Movie-WebSize

10. Sering Berbicara dalam Hati
“Ekstrovert tidak berbicara dalam hati seperti yang kami lakukan. Kebanyakan introvert perlu berpikir sebelum bicara,” tutur Olsen Laney.

melamun-ilustrasi-_121128131308-745

11. Tekanan Darah Rendah
Studi di Jepang tahun 2006 menemukan bahwa introvert cenderung memiliki tekanan darah rendah daripada ekstrovert.

12. Anda Seorang Penulis
Introvert sering lebih baik berkomunikasi lewat tulisan daripada secara langsung. Kebanyakan mereka tertarik untuk menyendiri, sehingga cocok sebagai penulis kreatif. Introvert yang sukses dalam bidang tulis menulis adalah pengarang ‘Harry Potter’, J.K Rowling. JK Rowling mengatakan mereka merasa lebih kreatif ketika memiliki waktu sendiri dengan pikirannya.

j_k_rowling

13. Anda Memiliki Periode Kegiatan Sosial, Kerja dan Kesendirian
Introvert bisa bergerak dengan menentukan bagaimana mereka harus menyeimbangkan kesendirian dengan aktivitas sosial. Tapi ketika mereka bergerak terlalu banyak dalam sosialisasi dan kesibukan, mereka merasa tertekan dan perlu untuk kembali ke diri mereka sendiri. Demikian pendapat Olsen Laney.

nerd-girl-carrying-pile-books-cute-cel-shaded-flat-vector-cartoon-illustration-happy-35594910

Artinya setelah para introvert melewati periode kegiatan sosial tinggi, mereka kemudian menyeimbangkan dengan periode kebatinan dan kesendirian. “Ada titik pemulihan yang tampaknya berkorelasi dengan berapa banyak interaksi yang Anda lakukan,” kata Dembling.

14. Terlihat Bijaksana Sejak Usia 20 -an
Orang yang introvert akan mengobservasi dan mengambil banyak informasi. Mereka juga cenderung berpikir sebelum bicara sehingga membuat mereka terlihat lebih bijaksana daripada yang lainnya.

“Orang yang introvert cenderung berpikir keras dan analitis. Itu yang membuat mereka tampak bijaksana,” ujar Dambling.

Sayangnya, banyak yang menganggap introvert itu aneh. Yak, emang sih persentasenya jauh lebih sedikit daripada ekstrovert. Apalagi, kalau dilihat dari ciri-ciri di atas, introvert terkesan menyebalkan ya? Tapi tenang… kepribadian itu emang dipengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan. Namun, kepribadian itu tidak bisa diubah. Jadi, apapun kepribadian Anda, enjoy aja. Nggak ada kepribadian yang paling baik dan yang terburuk kok. Oh ya, sekedar pengetahuan nih, siapa ajakah orang besar yang berkepribadian introvert? Check this out!

1. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi adalah pemimpin nasionalisme India yang menghasilkan kemerdekaan India serta merupakan inspirasi dari pergerakaan hak dan kebebasan sipil di seluruh dunia. Gandhi sendiri adalah bukti positif yang benar-benar menunjukkan bahwa Anda tidak perlu menjadi seorang ekstrovert dalam memimpin orang-orang.

mahatma_gandhi

Seseorang dapat menjadi pemimpin yang efektif dalam sebuah cara yang introvert. Ia pernah mengatakan bahwa: “Dengan cara yang lembut, Anda dapat menggoyahkan dunia.” Aseekkk!

2. Abraham Lincoln

Pada awal sejarah perkembangan suatu negara, seseorang yang introvert lebih mudah dan lebih sering dihormati, hal ini terlihat dari presiden ke-16 Amerika yaitu Abraham Lincoln. Pada awal perkembangan negara Amerika, sangatlah dikenal yang namanya “Kebudayaan dari sebuah Karakter,” yakni sebuah kebudayaan yang sangat menghargai tindakan baik khususnya jika tindakan tersebut dilakukan secara diam-diam.

abraham_lincoln

Jadi dengan tetap menjadi seorang introvert namun memiliki kehormatan dan kepribadian yang baik, seseorang dapat sangat dihormati. Inilah yang dilakukan Abraham Lincoln. Abraham Lincoln dideskripsikan sebagai seorang presiden yang dapat “memerintah tanpa adanya superioritas.” Memang itu semua terlihat di awal sejarah manusia, namun hal itu bukan berhati kebudayaan seperti ini telah hilang hanya saja berkurang.

3. Albert Einstein

Ahli teori fisika yang penemuan-penemuannya merupakan dasar dari ilmu pengetahuan modern sekarang ini menunjukkan bagaimana seseorang yang benar-benar introvert dapat dikenal dunia dan mencantumkan namanya di sejarah manusia, itulah Albert Einstein. Albert Einstein adalah ahli teori fisika asal Jerman yang sering sekali disebut sebagai seorang introvert.

Albert Einstein 4

Seperti kebanyakan introvert lainnya, ia selalu melakukan pemikirannya sendiri, hingga ia sendiri mengatakan: “Suasana sepi dan monoton dari kehidupan yang tenang merupakan kunci dari pemikiran yang kreatif.” Kalimat ini adalah salah satu ucapan mutiara dari Albert Einstein.

4. Bill Gates

Seorang penulis dan ahli kepribadian introvert, Susan Cain, mendeskripsikan co-founder dan chairman Microsoft, yakni Bill Gates ini sebagai seseorang yang introvert. Ia mengatakan seberapa tinggipun Bill Gates mengasah kemampuan sosialnya, ia tidak pernah akan menjadi Bill Clinton (politikus dan presiden Amerika ke-42) dan berlaku sebaliknya seberapa jauhpun Bill Clinton mengasah kemampuan komputernya, ia tidak pernah akan menjadi Bill Gates. Walaupun begitu, Bill Gates dapat menjadi orang terkaya ke-2 di dunia pada tahun 2013 ini.

bill_gates

Ia juga mengatakan bahwa Bill Gates adalah contoh seseorang yang introvert tapi bukanlah pemalu. Ia hanyalah seseorang yang tidak banyak berbicara dan suka membaca, tapi juga kokoh dengan kepribadiannya. Ia merupakan salah satu contoh terbaik bagaimana seorang introvert dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa. Jika kita menyebut nama Microsoft maka Bill Gates dapat disebut sebagai lambang dari Microsoft.

5. Andakah calon introvert yang sukses selanjutnya? 🙂

sumber tulisan : health.detik.com

sumber gambar : google

Iklan

19 thoughts on “Tanda-Tanda Kepribadian Introvert

  1. Yaaayyy!! Aku suka postingan ini! *over excited 😀
    Sebagian besar tandanya cocok sama aku, tapi yg #4 50:50, #6 aku suka milih duduk di tengah, #7 hmm…ga tau lah ya :p
    Paling ga bisa nahan ketawa pas baca #8, itu aku banget! Haha. Perlu ngumpulin ‘mental’ dulu sebelum nerima telpon. LOL
    Seneng deh tau banyak orang introvert di sini (dari komen2 di atas) 🙂
    Namamu siapa? Nael? Naelil? Well, siapapun namamu, kayaknya kita perlu temenan 😀

    Suka

    1. Asik asik! Postingan tua nih. Haha
      Toslah ya! Kadang bahkan aku sengaja nggak angkat telepon meski berdering berulang kali -_-
      Alhamdulillah 🙂
      Nael bisa, Naelil juga bisa, Nae doang bisa, atau mau kasih nama baru? Bolehhhh. Mari berteman 😀

      Suka

  2. banggaa dan seneng jadi orang introvert ^______^
    kayaknya aku tuh the next orang sukses selanjutnya yg introvert hihihi #aamiin… aamiin-in yaaakk
    dan emang betuull pacar aku itu extrovert..dan dy yg agak sedikit lebaaayyyy hahahhaa

    Suka

  3. Great article. gue banget tuh kalau masalah lsg dadakan nervous kalau telfon berdering. kayaknya mang ga penting n no big deal buat orang lain, tapi itu “masalah” banget buat gue..haha..
    ada buku bagus judulnya “Please Understand Me II” by David Keirsey buat baca2 lbh detail tentang introversion.
    cek blog gue ya and komentarin kalau ada tambahan info yg bermanfaat dari loe..)
    http://www.introvertnook.com

    Suka

  4. saya juga introvert. kayaknya bener banget, saya kalo bicara di depan itu merasa udah free aja tapi abis itu rasanya gak pengen berkumpul dengan yang lain…
    ya mungkin berikutnya saya yang akan di kenal dunia. haha

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s