[Review Novel] : The Adventures of Huckleberry Finn

“Seluruh karya sastra Amerika modern berawal dari Huckleberry Finn.”
– Ernest Hemmingway

bentang-Huckleberry_Finn

Judul Buku : The Adventures of Huckleberry Finn
Penulis : Mark Twain (1835-1910)
Penerjemah : Ambhita Dhyaningrum
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Januari 2011
Kota Terbit : Yogyakarta
Jumlah Halaman : iv + 396 halaman

Huckleberry Finn mungkin saja sangat kaya berkat harta temuannya. Namun, kemudian seseorang ditemukan mati dan semua mengira itu adalah Huckleberry! Apa yang harus dia lakukan? Jika mengaku masih hidup, dia akan dikembalikan pada ayahnya yang kejam. Sebaliknya, nyawa Jim, pelarian budak yang setia menemaniya, benar-benar terancam jika Huckleberry terus bersembunyi.

The Adventures of Huckleberry Finn merupakan karya yang bertutur tentang sebuah pencarian kebebasan. Di dalamnya Mark Twain banyak menentang prasangka rasialis pada masa itu. Pedas, tetapi penuh kedalaman, karya ini pun sempat menjadi sebuah kontroversi besar. Beberapa pihak bahkan melarang novel ini ada dalam rak perpustakaan. Kontroversi ini terus berlanjut sampai saat ini hingga muncul suara-suara yang menentangnya sebagai bacaan wajib di sekolah-sekolah.

Lepas dari kontroversi tersebut, The Adventures of Huckleberry Finn dipuji banyak kalangan sebagai novel yang sarat nilai-nilai kemanusiaan. Mark Twain sendiri menyebutnya sebagai “karyaku yang menampilkan kekalahan akal sehat dalam pembenturannya dengan suara hati”.
Baca lebih lanjut

Iklan

[REVIEW] Forever Sunset

1947813_10203190436622109_269701206_n

Judul Buku : Forever Sunset
Penulis : Stanley Meulen
Penerbit : Moka Media
Tahun Terbit : 2013
Kota Terbit : Jakarta Selatan
Jumlah Halaman : viii+372 halaman

Apa jadinya jika dua buah benda angkasa bertemeu dan bertabrakan? Dan, bagaimana jadinya jika dua buah mobil bertubrukan? Kerusakan!

Itu jawabannya. Tapi, apa yang terjadi jikayang bertabrakan adalah dua pasang mata dari seorang lelaki dan perempuan? Jatuh cinta.

Dinda adalah pusat dari semesta bagi Zora. Mereka adalah Galaksi Bima Sakti yang memuat cinta berdua.

Pada senja yang menggaris nama mereka di langit, sebenarnya mereka tidak pernah menyatu. Cinta yang tidak pernah sempurna saat kesedihan memisahkan mereka.

Pada senja yang selalu menunggu cinta, apakah mereka akan benar-benar bersatu?

Sesungguhnya, senja yang selamanya menyatukan mereka adalah pengharapan yang tak pernah ada habis-habisnya: sebuah cinta sejati.
Baca lebih lanjut

[REVIEW] Taare Zaamen Par

14lls8

Title : Taare Zameen Par
Genre : Drama
Director : Aamir Khan
Actor : Darsheel Safary, Aamir Khan, Tischa Copra, Vipin Sharma, Sachet Engineer
Year : 2007
Duration : 140 minutes

Some people say not to judge each other from it’s cover. But word will be just word. In reality, most people judge from it’s cover and often use the academic score at school as the valuation of quality. The more he smart, the more people will honor and proud. And for those people who has low score at school, they will getting jugde even as idiot. They won’t see their capability in other subject except things in academic.

The worst is Baca lebih lanjut

[Review] : The School of Comedy

The School of Comedy

Judul Buku : The School of Comedy
Penulis : Arbie Sheena
Penerbit : de TEENS
Tahun Terbit : Juni 2013
Kota Terbit : Jogjakarta
Jumlah Halaman : 223 halaman

Ini terlalu muluk, Ayub terobsesi menjadi Ketua OSIS di SMU Cinanda. Semua orang memustahilkannya karena tiga ‘tak’, tak pintar, tak populer dan tak tampan.

Namun, tidak bagi kedelapan temannya:

– Ajis teman sebangku yang doyan nyontek dan kepo. Awal pertemuan, Ayub menyangka Ajis gagap.

– Garing, sering mengguyonkan hal yang garing.

– Ambon, suka makan pisang ambon.

– Dukun, saat perkenalan murid, Dukun salah mengucapkan cita-citanya, yang seharusnya guru malah dukun.

– Kokom, anak wakil kepsek yang tukang tidur dan jarang masuk sekolah.

– Noni, suka barang kawe atau shopaholic kere.

– Ame-Ameza sepasang kembar tak identik, mampu meramal lewat mimpi.

Mereka duduk di satu barisan, tempat makan favorit di halaman belakang sekolah, meski dilarang satpam.

Mengawali kelas sebelas, Ayub beruntung sekelas dengan cinta pertamanya, Azkiya. Terdapat pula Vian—gebetan Azkiya. Lalu muncullah murid baru bernama Sierra yang tertarik pada Vian. Mereka berempat menjalin hubungan cinta bernama jajaran genjang.

Lantas apakah Ayub berhasil menjadi ketua OSIS? Dan pula apakah jalan cinta Vian semulus ranking di sekolahnya?

Begini jadinya nih kalau disuatu sekolah diisi sama murid-murid gokil sejenis Ayub dan kroni-kroninya. Ada anak wakil kepsek yang males sekolahnya minta ampun sampe sering dimanfaatin si Chirs dan Lisa. Ada juga Dukun, emang nama sebenernya gitu, yang dituding maen guna-guna sama si Murshal, lawannya di tim basket. Ada juga si komedian garing yang emang namanya Garing, berjuang ngedapetin posisi terhormat dalam kompertisi Stand up Comedy. Dan masih banyak lagi tuh kegokilan-kegokilan mereka yang bakal bikin tawa kamu susah stop kalau udah ngebacanya.

————————————————————————————
Baca lebih lanjut

[Review] Haru no Tabi

18141406

Judul Buku : Haru no Tabi
Penulis : Ghyna Amanda Putri
Penerbit : de TEENS
Tahun Terbit : Juni 2013
Kota Terbit : Jogjakarta
Jumlah Halaman : 182 halaman

“Kau tahu? Saat melakukan perjalanan denganmu dulu, aku menyesali satu hal. Aku menyesal karena diriku tak cukup kuat untuk bisa menjagamu. Anda aku bisa membawamu ke mana saja….”

Sebuah novel perjalanan romantis di musim semi yang menyisakan kenangan begitu dalam di benak dua anak manusia, diramu dengan konflik-konflik antarpersonal tak terduga. Salah satu pemenang #lombanoveljepang, Ghyna Amanda Putri.

————————————————————————————
Apa sih yang menarik dari novel ini? Baca lebih lanjut

Review Novel : Semata Cinta

semata-cinta-cover1

Judul : Semata Cinta
Penulis : Annisa Nadzirani
Penerbit : PT WahyuMedia
Kota Terbit : Jakarta Selatan
Tahun Terbit : 2012
Jumlah Halaman : x + 242 halaman

Berkali-kali pacaran dengan pria yang tinggal satu kota, tapi nggak pernah bisa lama, selalu aja putus di tengah jalan. Entah karena udah nggak cocok, dikejar “deadline” nikah, atau justru naksir sama orang lain. Yang ini beda, sudah dua tahun Long Distance Relationship (LDR), tapi kepikiran untuk mendua pun nggak pernah. Bawaannya ingin setia dan bikin pembuktian buat diri sendiri kalau bisa pacaran lama. Sebenarnya belum tahu juga kalau hubungan yang bisa dibilang serius ini mau dibawa kemana. Aku belum mau nikah buru-buru, tapi lelaki yang satu ini mau menunggu.

————————————————————————————
Baca lebih lanjut