Beberapa Kegiatan Bermanfaat Selepas Ujian Nasional

Selamat sore 🙂

Pengin cerita nih. UN SMA/MA dan tingkatannya baru aja dilaksanakan tanggal 14-16 April 2014 kemarin. Aku, termasuk salah satu pesertanya. Kalau berpendapat tentang soal UN-nya. Lumayan sih. Namanya juga ujian, ada yang mudah, ada yang sedang, dan ada yang… rumit. Kalau paham konsep, insyaAllah pasti bisa ngerjain. 🙂

ujian

Nah, habis UN, kita anak kelas 3 libur. Boleh istirahat di rumah. Banyak yang bilang, pengangguran. Soalnya digantungin. Kalimat bekennya, PDKT 3 tahun, jadiannya 3 hari, eh digantungin sebulan. Iyakah? Haha. Pengumuman UN memang masih Mei nanti. Begitu juga dengan pengumuman hasil SNMPTN sama PMDKPN. Dag dig dug yah pastinya.

Justru itu, diem aja di rumah justru malah bikin jantung ser-seran. Eits, bukannya aku mau nyaranin buat main-main mulu, bukan, tapi lakukan aktivitas yang bermanfaat. Beberapa teman juga kayaknya mulai tanggal 25 April dan sekitarnya besok udah mulai bimbel buat persiapan SBMPTN. Aku sendiri nggak ikut. Belajar di rumah aja, ditemani tumpukan buku, internet, dan cemilan yahut.

Emang nggak bosen?

Bosen sih kadang, kan boleh lah sekali-kali ke luar cari udara segar sama teman-teman. Aku aja hari ini masuk ke sekolah. Kangen 😀

Terus, masa itu doang? Nah, ini nih aku jabarin beberapa hal yang sekiranya bisa dilakukan selama masa yang katanya pengangguran ini.

1. Bimbel/Belajar
belajar
Kita emang udah daftar SNMPTN. Udah pada daftar kan? Pastinya udah ya. Meski demikian, nggak boleh juga nggantungin di SNMPTN doang. Ayok belajar, buat jaga-jaga. Toh nanti jika emang keterima SNMPTN, belajarnya juga nggak ngerugiin kan? Hitung-hitung nambah ilmu. Kalau nggak keterima? Setidaknya udah siap. Otak kalau dibiarin nganggur bisa korslet loh. Apalagi nganggur lebih dari sebulanan gini.

2. Daftar Sekolah
daftar sekolah
Pasti banyak juga kan yang masih sibuk daftar sekolah? Aku ada teman nih. Dia daftar di PTS selain di PTN. Soalnya yaitu tadi, buat jaga-jaga kalau nggak keterima. Jadi, bolak-balik deh ke sekolah buat urus ini-itu. Nggak apa-apalah. Itung-itung mengobati rasa kangen ke sekolah. Ada juga yang sibuk seleksi ini-itu. Beasiswa, sekolah luar negeri, hingga yang mempersiapkan wawancara karena udah lolos nominasi berkas.

3. Ikuti Perlombaan
lomba
Asik nih buat mengasah kemampuan. Lomba makan kerupuk, boleh. Lomba balap karung, boleh. Tahu nggak, mengikuti kompetisi itu bisa mengukur kemampuan kita serta memperbanyak koneksi. Kalau dulunya mungkin saingannya cuma sekitaran teman-teman sekolah, dengan lomba bisa berbaur di komunitas yang lebih luas. Belum lagi dapat kenalan baru yang siapa tahu nanti bisa bantu kita untuk semakin maju.

4. Kerja
cartoon
Ada yang habis SMA langsung kerja? Monggo. Apalagi kalau berwirausaha, keren tuh. Tapi misal masih butuh modal, bolehlah jadi karyawan dulu. Nanti kalau udah terkumpul lebih, baru buka usaha sendiri. Buat yang emang mau kuliah, nggak apalah kerja dulu. Hitung-hitung nyari pengalaman. Misal, jaga toko, jaga wartel, jaga warnet. Ini nih yang paling seru, bisa numpang browsing 😀 Poin plusnya, dapat penghasilan pula. Lumayan kan buat tambah uang jajan?

5. Lakukan Hobi
hobi
Yang hobi nyanyi, latihan semakin rajin. Yang hobi main bola, juga gitu. Yang hobi nulis, bolehlah kirim-kirim karya ke media cetak. Kali aja berawal dari hobi, bisa membawa kesuksesan yang besar? Who knows!

6. Belajar Mandiri
masak
Habis lulus SMA nanti, kebanyakan dari kita kan bakal kos nih. Jadi, belajar aja buat hidup sendiri. Eits, jangan langsung kabur bawa tas terus bangun tenda di lapangan bola buat latihan mandiri. Misal biasanya baju dicuciin, coba deh cuci sendiri. Kalau biasanya bangun tidur, mandi, habis sarapan langsung kabur, coba bantu Ibu ngurus rumah. Nyapu, bahkan masak mungkin? Seru loh. Siapa tahu nanti kita kelaperan malem-malem. Bisa bikin makanan sendiri.

7. Berpetualang
cartoon-sleeping-camper1
Asik nih. Berpetualang ke gunung, misal. Mendaki gitu bareng teman-teman. Terus selfie, masukin blog. Lumayan nambah pengalaman, nambah ilmu, cuci mata pula. Melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Yang challenging gitu.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan. Isi sendiri ya? 😀 Udah Magrib di sini, mau pamit dulu. Semoga bermanfaat, man-teman! Semoga kita nanti lulus dengan NEM baik, dan masuk ke perguruan tinggi yang kita idam-idamkan. Aamiin. Sukses!

wisuda

Sumber gambar : google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s