Tekwan; Makanan Khas Palembang

Tadi pagi sarapan tekwan. Dibikinin sama Mbah di Banten. Asyik asyik! Apaan tuh tekwan? Pertama menyesap baunya… Adaw enak sekali! Hihihi, kayak bakso gitu deh aromanya. Kata orang sih bakso ikan. Sedap!!! Mau tau wujudnya? Monggo cek 😀

800px-Tekwan

Nah, ngomong-ngomong, buat yang belum pada tahu, tekwan itu makanannya orang mana sih? Menurut wikipedia Bahasa Indonesia, tekwan adalah hidangan sup khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibuat dalam ukuran kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah bihun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Bisa ngebayangin kan yak gimana enaknya? 😀

Menelusuri sejarah nama tekwan, ada dua sumber pendapat berbeda nih. Pertama, tekwan akronim dari “bekotek samo kawan” yang artinya ialah ngobrol-ngobrol bersama teman. Maksudnya, menyantap makanan ini sambil berbincang dengan teman-teman, rame-rame gitu. Namun ada juga yang berpendapat kalau tekwan ini akronim dari Bahasa Inggris “take one” yang artinya diambil satu-satu. Tapi entah juga mana yang benar sih. Tanya deh sama tekwannya. Eh!

Terus, gimana caranya bikin tekwan?

Menurut sumber dari google yang aku peroleh, begini cara buat tekwan.

RESEP TEKWAN – Palembang

Bahan:

1 kg ikan tenggiri
500 gr tepung kanji
5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt merica bubuk
2 butir telur
2 sdt garam
bumbu penyedap, secukupnyaKuah:
5 siung bawang putih, haluskan
100 gr ebi, rendam, haluskan
250 gr udang kupas, cincang
50 gr sedap malam, rendam, ikat simpul
2 sdm seledri cincang
2 buah bengkuang ukuran sedang, iris korek api
1 sdt merica bubuk

Cara Membuat:

Pisahkan daging ikan dari tulangnya, lalu keruk dagingnya dengan sendok/garpu
Haluskan daging ikan, lalu campur dengan tepung kanji, bawang putih, merica, telur, dan garam. Campur rata dan uleni sampai halus.

Dengan menggunakan 2 sendok teh, bulatkan adonan ikan yang langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Jika adonan sudah mengapung, angkat dan tiriskan. Untuk kaldunya, tambahkan air panas ke dalam air bekas membuat adonan ikan menjadi sebanyak 2 liter.

Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan ebi, udang, dan bumbu penyedap. Aduk sampai udang berubah warna. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu.

Masukkan sedap malam, seledri, bengkuang, dan merica. Masak sampai seluruh bahan matang, lalu masukkan tekwan.

Masak sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas dengan ditaburi bawang goreng dan sambal botol.

Selamat mencoba 🙂

Iklan

6 thoughts on “Tekwan; Makanan Khas Palembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s