10 Masakan Jepang (Nippon Ryori/日本料理)

Ngomongin tentang Jepang, nggak afdol rasanya kalau nggak ngomongin soal kulinernya juga. Maka dari itu, yuk kita bahas beberapa makanan Jepang. Biar ada gambaran, nanti makan apa ya enaknya kalau di Jepang? Meskipun emang lidah orang Indonesia beda sama lidah orang Jepang. Tapi sih, menurut saudaraku, makanan di Jepang itu enak-enak aja soalnya dimakan sesuai dengan suhu dan keadaan lingkungan di sana.

Kok bisa? Iya, misal kita makan ikan mentah di Indonesia yang hawanya panas, pasti kerasa amis banget dan bisa bikin kita mau muntah, bahkan. Tapi kalau dimakan di Jepang sana, ya enak banget. Soalnya sesuai. Itulah indahnya perbedaan…

Langsung aja deh meluncur ke masakan Jepang sebelum aku kena timpuk.

1. Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司)
sushi
Siapa sih yang nggak kenal sushi? Mayoritas orang kalau ditanya masakan Jepang yang dikenalnya, pasti dengan semangat jawab Sushi.

Sushi menurut wikipedia adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸).

2. Tempura (天ぷら、天麩羅、天婦羅)
tempura 1
Menurut wikipedia, tempura (天ぷら、天麩羅、天婦羅) atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. Kalau di Indonesia, mungkin sejenis gorengan kali ya. Cuman kan di Indonesia bekennya, gorengan itu ya hongkong/bakwan, tahu isi, tempe gembos, tempe nggak gembos, sabrang/ubi, singkong, pisang. Terus apalagi?

Tempura biasanya dinikmati dengan saus yang disebut tentsuyu yang ditambah parutan lobak atau parutan jahe sebagai penyedap. Tentsuyu dibuat dari campuran katsuobushi, air, mirin dan kecap asin yang dimasak sampai mendidih untuk menguapkan alkohol lalu disaring. Tempura juga sering dinikmati bersama air perasan jeruk, garam dapur, atau campuran garam dapur dengan salah satu bahan sebagai berikut: matcha, bubuk kari, bubuk kulit jeruk yuzu, atau bubuk andaliman. Di beberapa daerah di Jepang, tempura juga dimakan bersama kecap asin atau kecap Inggris (Worcester sauce).

3. Teriyaki (照り焼き, てりやき)
teriyaki
Menurut wikipedia, teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1.

Oh ya tapi tenang aja, kalau di Indonesia, beberapa nggak pakai sake kok buat memasak.

4. Bentō (弁当 atau べんとう)
hello-kitty-bento
Lagi-lagi, menurut wikipedia, bento adalah adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Bentō biasanya sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.

Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis.

5. Shabu-shabu (しゃぶしゃぶ)
Shabu-Shabu
Eits, jangan berprasangka buruk dulu dong. Ini bukan sejenis sabu-sabu narkoba yang dilarang itu. Ini makanan, asalnya malah dari daging sapi. Seperti kata wikipedia nih. Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

6. Sukiyaki (すき焼き, スキヤキ)
sukiyaki
Banyak yang bilang kalau Sukiyaki ini mirip sama Shabu-shabu. Dan emang rada mirip sih. Tapi apa bedanya? Mari kita cek. Menurut wikipedia, Sukiyaki adalah irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Tuh kan, Shabu-shabu gak pakai kocokan telur ayam kayak Sukiyaki.

7. Ramen (拉麺;ラーメン)
Ramen
Istilah Indonesianya, mi. Makanan mi ini kalau ditelaah, banyak disukai masyarakat Indonesia. Di daerahku aja, mi instan terutama, laris manis. Apalagi di ranah anak kosan *eh*, mi instan digemari banget. Bukan digemari sih, tapi mungkin karena kemudahan memperoleh, membuat, dan harganya yang murah meriah sesuai kantong. Tapi nggak baik juga sih ya kalau sering-sering makan mi instan.

Langsung aja deh ya. Menurut wikipedia, ramen adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そば soba dari Tiongkok?) ataushina soba (支那そば?) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.

Ciri khas ramen. Rebusan mi hasil buatan tangan atau buatan mesin diceburkan ke dalam sebuah mangkuk berisi kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu (umumnya dengan dasar kaldu babi). So yo can’t eat it, guys! Sorry.

8. Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き)
dorayaki
Penggemar anime, pasti langsung teriak deh, “Wah! Itu kan kue kesukaannya Doraemon.” Bentuknya mirip kayak pancake yang enak itu ya plus sama terang bulan juga agak mirip. Tapi yang jelasnya ya, kue dorayaki ini nggak kalah enak dong.

Berdasarkan wikipedia, Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き) adalah kue yang berasal dariJepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar bervolume, dibuat dari dua lembar panekuk  yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang. Hm… yummy.

9. Takoyaki (たこ焼き)
takoyaki
Aku sebetulnya tahu Takoyaki ini justru dari novelnya Mba Erlita, yaitu Takoyaki Soulmate. Pencinta novel aroma Jepang, pasti udah nggak asing lagi dong? Itu loh, yang nulis novel Miss Bento juga. Ada kok resensinya di blog ini.

Nah, apasih Takoyaki itu?

Takoyaki adalah makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Simpel ya, kelihatannya? Ini biasa dimakan sebagai cemilan. Tersebar di pedagang pinggir jalan, biasanya. Jadi ingat onde-onde. *Etdah*

10. Sashimi (刺身)
sashimi
Sashimi adalah dalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Tenang-tenang, jangan muntah dulu karena itu makanan mentah. Soalnya seperti yang aku bilang tadi, kalau dimakan dengan suhu dan keadaan lingkungan Jepang, pasti juga akan terasa enak di lidah. Kalau dimana di Indonesia? Ya, coba aja. Kali aja juga suka.

Sebenarnya, masih banyak lagi masakan Jepang yang ingin kusajikan di sini. Namun apa daya, siang telah menjelma. Perut pun meronta-ronta. Jadi, pamit undur diri dulu ya.. Semoga bermanfaat! Eh, silahkan menambahkan dikomentar jika berkenan.

Sumber : Google

Iklan

3 thoughts on “10 Masakan Jepang (Nippon Ryori/日本料理)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s