Jangan Pernah Berhenti Bermimpi!

73600_1664527654832_5490591_n

sumber : dokumen Mba Eka Dewi

Selamat siang! Gimana puasanya? Lancar? Alhamdulillah. Kali ini saya pengin bercuap-cuap tentang impian.

Kenapa mimpi itu penting? Gini ya. Bisa ngebayangin seseorang yang nggak punya mimpi sama sekali di hidupnya? Ngejalanin hidup apa adanya seperti air mengalir. Eits. Apa adanya sih boleh-boleh aja, tapi kan Allah nggak akan merubah nasib suatu kaum sebelum ia sendiri yang berusaha untuk mengubahnya. Jadi, seseorang tanpa mimpi, pastilah hidupnya kaya air di atas daun jeruk. #-_-

Terus, kalau ditanya nanti mau jadi apa? Jawabnya nggak tahu. Jangan sampai ya… Misal jawab pengin jadi orang sukses, nggak apa-apa. Namun alangkah baiknya kalau lebih spesifik. Kenapa memiliki mimpi secara terperinci itu penting? Karena itu bisa buat kita jadi lebih fokus sama target yang emang kita harapkan tercapai. Misal pengin sukses tapi nggak tahu dalam bidang apa. Lha terus, gimana dong mulainya? Mau ngapain? Kalau misal gini nih, pengin jadi pemain bola sukses kaya Ronaldo, Messi, ya rajin latihan dan doanya dikencengin. Jangan cuma diem. Itu mah sama aja bohong.

Pasti pernah ketemu kan sama sosok begitu? Mimpinya tinggi banget. Bagus, udah spesifik. Tapi nggak ada usaha sama sekali buat memperjuangkannya. Parahnya, misal meski sudah kita bantuin, dia masih nggak mau gerak. Contoh, dia kepengin dapat beasiswa. Kita kasih tau infonya dan dia tinggal daftar doang. Tapi eh waktu tahu persyaratannya apa aja, dia males siapin. Jeh!

Nah, kalo udah spesifik, fokus, usaha, dan doa, apa bisa dijamin langsung sukses? Well, apa yang kita dapetin di masa sekarang, itu cerminan usaha kita di masa lalu. Bener, nggak? Dan yang kita lakuin di masa sekarang, itu bakal memantul ke masa depan kita. Kesuksesan yang kita dapetin insyaAllah sebanding sama perjuangan kita kok, bahkan mungkin lebih baik. Percaya sama Allah!

Mungkin, dalam perjalanan kita untuk menggapai mimpi tersebut, bakal banyak kerikil tajam yang beterbangan. Kita bakal jatuh bangun. Tapi justru itulah yang bikin kita makin tangguh. Jangan sekali kalah, udah nyerah. Semangat dong! Maju terus sampai titik darah penghabisan!

Lihat tuh orang-orang sukses! Mereka juga mulai dari bawah. From zero to hero. Emang sih ada yang udah sukses turunan. Nerusin perusahaan bonyok yang cemerlang, misal. Oke, jangan iri sama mereka! Justru mulai dari bawah itu yang bikin kalian tangguh. Udah terbiasa di bawah, jadi pas jatuh nggak kaget-kaget banget. Tapi, terbiasa bukan berarti ingin terus-terusan jadi kebiasaan loh ya. Jadi, yuk sama-sama semangat mewujudkan impian!

1. Niat

Niat itu yang utama. Bismillah dulu. Kalau misal dari awal udah asal-asalan, udah nggak niat. Nanti, kena badai kecil aja udah nyerah. Tapi kalau udah niat, insyaAllah kuat menghadang badai sekencang apapun. Percaya sama Allah.

2. Tetapkan Mimpi dengan Jelas

Sebelum mewujudkan mimpi, harus tahu dulu apa mimpinya. What is your dream? What do you wanna be? What do you want to achieve?

Misal pengin jadi pengusaha sukses. Jelasin nanti penginnya bangun perusahaan di bidang apa, kapan mau bangun perusahaannya? Catat di kepala. Kalau perlu, tulis di buku supaya inget terus.

3. Tentukan Langkah

Pertama, bikin garis besarnya di papan visual kalian. Langkah-langkahnya gimana. Misal. Langkah pertama, kumpulin modal dengan bekerja di perusahaan A dulu sambil mengamati bagaimana dunia bisnis itu. Tetapkan target. Misal, tahun 2014 kudu berhasil ini-itu.

Kedua, bikin langkah-langkah kecilnya. Dari yang semula setahun, bikin tiap bulannya harus dapat apa. Lalu, perharinya ngapain aja supaya bisa mewujudkan impian itu.

Kebanyakan orang cuman nulis impian dan nentuin langkahnya doang. Di Minggu pertama, rajin banget menunaikan apa yang ia tulis. Nah, di Minggu kedua, mulai kendor. Bulan berikutnya, nggak jalan sama sekali.

Kalo udah mulai malas, ingat niat awalnya. Fokus! Jangan lari kesana-kemari mencari alamat. Lagunya Ayu Ting Ting itu mah.

4. Doa

Kalau udah usaha, doanya dikencengin. Jangan lupa minta restu orang tua juga. Segala yang bisa dibayangin itu mungkin, kata Bapak Walt Disney. Jadi, usaha terus pantang menyerah sambil diselingi doa. Jangan lupa, kalo udah sukses, tetap ingat Allah. Jangan lupa kacang akan kulitnya.

Ini ada beberapa quotes yang mungkin bisa bikin kalian semangat mewujudkan impian. :

“You are never too old to set another goal or to dream a new dream.” C.S. Lewis

“The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.” Eleanor Roosevelt

“It’s gonna get harder before it gets easier. But it will get better, you just gotta make it through the hard stuff first.” Anonymous

“Don’t compare your life to others. You have no idea what they have been through.” Sam Cawthorn

“Life stops when you stop dreaming.” Anonymous

“Nothing happens unless first we dream.” Carl Sandburg

“Miracles start to happen when you give as much energy to your dream as you do to your fears.” Anonymous

“Follow your dreams. They know the way.” Kobi Yamada

“Forget all the reasons why it won’t work and believe the one reason why it will.” Anonymous

“You never know how strong you are until being strong is the only choice you have.” Bob Marley

“If we couldn’t dream, our life wouldn’t mean anything anymore.” Georg Kaiser

“If you want something you have never had, then you’ve got to do something you’ve never done.” Anonymous

“Every morning you have twho choices. Continue to sleep with dreams or wake up and chase your dreams. The choice is yours …” Anonymous

Sekian postingan absurd dari saya, semoga berkenan. Saran dan kritik diperbolehkan. Salam perjuangan!

Iklan

One thought on “Jangan Pernah Berhenti Bermimpi!

  1. Ping-balik: Tentang Impian | Hilda Ayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s