Türk Mutfağı (Masakan-Masakan Turki)

Selam!

Nasılsın? Alhamdulillah, ben iyiyim.

Nah, dari bahasa di atas, sudah ketebak kan, apa yang akan saya bahas?

Betul sekali. Saya akan membahas mengenai masakan Turki. Beberapa waktu yang lalu, saya sudah posting tentang masakan England di sini dan masakan Jepang di sini. Jadi, sekarang waktunya Turki. Ada yang mau request makanan khas negara mana yang ingin dibahas selanjutnya, mungkin? Monggo.

1. Sucuk

sumber : klidmoster.dk

sumber : klidmoster.dk


Gimana bentuknya? Mirip-misip sosis ya? Emang sosis, sosis yang spicy.
Kalau sudah siap disajikan, seperti ini tampangnya.
sucuk 2

sumber : google

sumber : google


Kalau mau Sucuk yang lebih Indonesia, ini dia. Sangat simpel. Kaya lalapan, nggak sih? Lalapan Sucuk (?)

Sucuk sendiri terbuat dari daging sapi giling, bawang bombai cincang, jintan hitam, sumac(rempah berwarna merah keunguan dan berasa sedikit seperti lemon yang biasanya dipakai sebagai bumbu di timur tengah maupun india), serta garam dan merica. Kalau mau makan Sucuk, perlu digoreng dulu. Ada sumber yang mengatakan bahwa Sucuk ini teksturnya berminyak. Jadi, digoreng tanpa menggunakan minyak pun tak apa. Biasanya, Sucuk ini dimakan di pagi hari. Untuk menu sarapan.

2. Pastırma
Pastırma ini merupakan daging olahan yang telah dipotong tipis-tipis.


Biasanya pastirma dicampur dengan telur orak arik dan dihidangkan di sebuah wajan kecil.
sumber : ozlemsturkishtable.com

sumber : ozlemsturkishtable.com


3. Borek


Borek adalah makanan yang terbuat dari keju feta dan cincangan daging serta sayur.
Makannya, warna di dalamnya rada-rada hijau kan? Itu sayur. Borek ini katanya cocok loh sebagai menu berbuka.

4. Simit

sumber : newyork.seriouseats.com

sumber : newyork.seriouseats.com


Kalau dilihat dari bentuknya, seperti gabungan sandwich, donat ya? Bentuknya melingkar, terdapat sayur di tengahnya.

Cara membuat Simit ini juga cukup simpel karena hanya membutuhkan tepung terigu, garam, ragi, gula pasir, susu cair, dan minyak zaitun yang nantinya setelah jadi akan dilumuri wijen. Berminat? Bisa tuh dicoba di rumah.

5. Poğaça

sumber : warteggaziantep.blogspot.com

sumber : warteggaziantep.blogspot.com


sumber : warteggaziantep.blogspot.com

sumber : warteggaziantep.blogspot.com


Poğaça ini merupakan pastry atau roti yang memiliki isi. Isinya apa saja? Boleh kentang, keju, ataupun cokelat. Namun sepertinya, diisi apa saja sesuka Anda pun tak apa. Lalu, apa saja bahan yang digunakan untuk membuat rotinya? Tepung terigu tentu saja, lalu telur ayam, yogurt, minyak sayur, ragi, susu hangat, margarin cair, garam, dan gula pasir.

6. Köfte
Ini merupakan menu makanan yang terbuat dari irisan daging cincang yang dibentuk layaknya hotdog yaitu silinder. Sebenarnya sih, ini makanan khasnya Timur Tengah. Bukan hanya Turki.


7. Kokoreç
Kokoreç adalah makanan yang terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit membungkus organ dalam. Bahasa kerennya, jeroan.


Tuh, melilit-lilit kan?

8. Gözleme

sumber : eskisehirdeyemek.net

sumber : eskisehirdeyemek.net



Ini kalau di Indonesia, mungkin bisa disebut sebagai martabak telur ya… untuk kulit luarnya. Namun di sini, isinya seperti madu, lemon, kentang, bahkan cokelat. Kok jadi ingat terang bulan ya? Hohoho

9. Baklava

sumber : fresh.co.nz

sumber : fresh.co.nz


sumber : syntages.nets.gr1345 × 1002

sumber : syntages.nets.gr1345 × 1002


sumber : wikipedia

sumber : wikipedia


Kue cantik tersebut terdiri dari adonan roti yang membungkus kacang walnut atau pistache cincang dan pemanis seperti gula atau madu. Tertarik mencoba? Sepertinya cocok untuk menu berbuka.

10. Kebab


Siapa yang tidak kenal makanan ini? Kepopulernya, sudah menjangkau bebagai belahan dunia. Termasuk Indonesia. Di daerah saya sendiri, Banyuwangi, ada yang jual kebab. Meskipun letaknya hanya di Banyuwangi kota setahu saya. Kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari kediaman saya.

Kebab, terdiri dari daging panggang berbumbu yang dilumuri saus sambal dan mayonais. Daging tersebut biasanya berasal dari daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Bumbu daging panggang itu sendiri terdiri dari yogurt, lada, dan garam. Sedangkan kulit yang membungkus dagingnya itu, terdiri dari tortila (lembar roti) yang dilumuri bawang bombay, tomat, timun, dan daun selada. Bisa dibayangkan kan bagaimana rasanya? Yum yum!

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya di Turki sana, kebanyakan masakannya berasal dari olahan daging atau roti. Maka dari itu teman-teman, bukan untuk membeda-bedakan karena setiap tempat punya keajaiban masakannya sendiri, namun alangkah sebaikna kita bersyukur dengan aneka olahan makanan Indonesia yang lebih beragam jika dibanding dengan beberapa negara di luar sana.

Teşekkürler 🙂 Görüşürüz!

Iklan

5 thoughts on “Türk Mutfağı (Masakan-Masakan Turki)

  1. Bawa kecap, sambel-sambelan, bumbu2, rendang kalau perlu ricecooker. Soalnya banyak yang nyesel kesini ngga bawa itu semua. Biasanya sebulan dua bulan masih tahan sama makanan turki tapi, setelah itu jadi pengin makan2 Indonesia.
    Aku di IYTE, YTB juga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s