Review Buku : The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde

dr-jekyll-mr-hyde

Judul Buku : The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde
Penulis : Robert Louis Stevenson
Penerjemah : Julanda Tantani
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Mei 2011
Jumlah Halaman : 128 halaman

Dalam usaha mencari jati dirinya, Dr. Henry Jekyll yang cemerlang justru menemukan monster. Dia berhasil memisahkan sisi baik dan sisi buruk dirinya, namun keika sisi buruk itu mulai menguasainya, Dr. Jekyll menyadari bahwa dia tak mungkin terus menjalani kehidupan gandanya.

Kisah klasik yang mendebarkan ini merupakan kajian tentang dualitas sifat manusia, dan melalui karyanya ini Robert Louis Stevenson kian memantapkan reputasinya sebagai pengarang.

***

“Aku malu dengan mulutku yang cerewet.” (hlm. 18)

“Selalu ada yang namanya pembalasan. Momok dosa lama, kanker sebuah rahasia yang memalukan, hukum karma, pede claude, bertahun-tahun setelah kenangan itu terlupakan dan cinta akan diri sendiri mengampuni kesalahan itu.” (hlm. 32)

“Tidak ada tempat di dunia ini dimana penderitaan dan kengerian bisa dilenyapkan; tapi kau bisa melakukan satu hal, Utterson, untuk meringankan takdir ini.” (hlm. 58)

Mengendalikan rasa penasaran lebih mudah daripada menguasainya. (hlm. 60)

“Semakin aku tidak memahami tujuannya, semakin baik bagi diriku untuk menilai kepentingannya; dan permohonannya yang begitu memelas tak bisa dikesampingkan begitu saja tanpa risiko yang besar.” (hlm. 88)

“Ketika seorang pemabuk menghibur dirinya sendiri sehubungan dengan kebiasaan buruknya, ia takkan sempat memikirkan bahaya-bahaya yang ditimbulkannya pada dirinya yang buruk dan tidak berperasaan.” (hlm. 115)

***

Buku ini tipis sekali. Sungguh. Cuma 128 halaman. Saya kemarin dapat di Gramedia, karena banyak teman-teman yang merekomendasikan buku ini. Dan yang terpenting, mumpung lagi diskon. Teteup deh!

Bicara soal cerita, sudah ketebak siapa itu Dr. Jekyll dan Mr. Hyde dari sinopsis yang berada di kaver belakang buku. Sebelum terlanjur, sebaiknya jangan dibaca sinopsisnya. Eh, tapi sesungguhnya, dari awal bab pun sudah ketebak siapa mereka.
Contohnya, salah satu ucapan Dr. Jekyll kepada sahabat pengacaranya, Mr. Utterson, ketika ditanya soal M. Hyde, “Kau tidak mengenalnya seperti diriku; dia aman, cukup aman; catat kata-kataku, namanya tidak akan pernah terdengar lagi.” (hlm. 47)”

Terus gimana dong? Buku ini nggak asing dong? Kedondong dong? -_-

Enggak juga kok. Buku ini lumayan asik. Lumayan bikin merinding. Cara pengarang dalam merangkai kata, membuat bacaan ini tidak membosankan. Mengalir bak air. Dan setiap latar tempat, dijabarkan dengan baik. Novel ini berlatarkan kota London pada jaman dahulu kala.

Ceritanya yaitu tentang Dr. Jekyll yang mengadakan eksperimen untuk memisahkan sisi baik dan buruk yang ada pada manusia. Bagaimanapun, setiap manusia, memiliki dua sisi. Baik dan buruk yang saling berdampingan. Pada suatu waktu, sisi baik menonjol. Namun pada waktu lainnya, sisi buruk yang menonjol. Nah, bagaimana jika kedua sisi tersebut menjadi dua pribadi yang berbeda? Maksudnya, ada sosok yang memiliki sisi sangat buruk (baca: jahat) dan sama sekali tidak memiliki sisi baik, bak monster jahat, mungkin? Begitu juga sebaliknya.

Dr. Jekyll memanglah seorang dokter, namun ia penyuka kimia. Ekperimen yang ia lakukan, menghasilkan suatu ramuan yang dapat mengubahnya menjadi sosok yang sangat berbeda. Kerdil, berwajah jahat, namun lebih muda. Untuk kembali menjadi sosok Dr. Jekyll, ia harus meminum ramuan lagi. Mulanya, ia dapat dengan mudah mengubah-ubah sosoknya. Baik menjadi Dr. Jekyll ataupun sosok jahat tersebut, yang tega menghancurkan apapun. Namun lama-lama, ia secara otomatis dapat memulai tidur dalam bentuk Dr. Jekyll namun bangun di keesokannya dalam sosok lain, yaitu sosok jahat tersebut. Susah kan? Bagaimana jika orang lain mengetahui hal tersebut? Mengingat, sosok jahat tersebut sudah membunuh orang dan sedang dalam buronan. Jika tertangkap, sosok tersebut bisa dihukum gantung. Yang artinya, bukan hanya sosok jahat itu yang mati, namun juga Dr. Jekyll. Karena keduanya berada dalam satu fisik. Meski wujudnya berbeda. Bingung? Baca bukunya :p

Lalu bagaimana Dr. Jekyll menyembunyikan rahasianya tersebut? Baik terhadap pelayannya, sahabat-sahabatnya, ataupun masyarakat luar. Perlahan tapi pasti, kejahatan pasti akan terungkap, bukan?

Sebetulnya, untuk apa sih Dr. Jekyll melakukan semua itu? Tentu aja karena dia penasaran. Makannya, dia bereksperimen. Namun ketika semuanya sudah terlanjur dan dia kehabisan obat untuk membuat ramuan agar sosok jahat tersebut bisa hilang dan berganti wujud menjadi dirinya sendiri yaitu Dr. Jekyll, dia mulai menyesal. Yah, itulah kehidupan. Selalu ada resikonya. Alangkah baiknya sebelum kita putuskan untuk melakukan sesuatu, dipikirkan dahulu masak-masak. Timbang baik-baik, dampak baik dan buruknya. Supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Overall, buku ini keren kok 🙂

Iklan

4 thoughts on “Review Buku : The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde

  1. Halo, salam kenal, saya Endah. Saya ingin belajar menulis review dengan baik tapi selalu berujung terlalu personal menulisnya. Saya juga baru me-review novel Dr Jekyll dan Mr Hyde ini di sini http://wp.me/p27W44-3F tapi untuk lebih fokus menulis review sepertinya saya harus berkeliling blog ini 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s