Let’s Speak Türkçe #1

İyi akşamlar, arkadaşlar! 🙂

sumber gambar : www.mindbodygreen.com
sumber gambar : http://www.mindbodygreen.com

Nasılsınız? Apa kabar? Tidak menduga, sudah sekitar setengah bulan saya berada di negeri orang. Lebih tepatnya, Turkiye. Betah, tidak? Kangen keluarga, tidak? Kangen rumah, tidak? Jika dibilang betah, alhamdulillah sejauh ini betah. Enjoy enjoy saja. Jika dibilang kangen, terkadang iya.

Turran hoca bilang, kalau pengin segera bisa Türkçe, rajin-rajinlah berlatih. Dinleme, yazma, okuma, ve konuşma. Mulai dari mendengar, menulis, membaca, dan juga berbicara. Dimanapun itu. Alhamdulillah, karena berada di Turkiye, otomatis mayoritas penduduknya adalah Türk. Jadi, jika ingin practice, segera saja ajak Türküm berbicara. Mudahnya, di kantin ketika hendak membeli sesuatu. Biasakan untuk berbicara dalam Türkçe.

Contohnya begini, “Bir ekmek, üç yumurta, iki salam, bir salatalık ve çay.”

Artinya adalah, “Satu roti, tiga telur, dua sosis, satu mentimun, dan teh.”

Nanti pasti abla-nya bilang, “Başka?”

Kalau mau nambah, bilang saja mau pesan apa lagi. Sebutin pesanannya. Jika sudah, cukup katakan, “Hayır, yok, abla. Ne kadar?”

Selanjutnya, misal baru saja nih ya, saya kan pesan satu roti, dua salam, satu selai, dan satu mentimun. Terus abla-nya bilang, “Iki lira, elli beş kuruş.”

Usai membayar, pasti abla-nya menjawab begini, “Afiyet olsun.” Ini semacam selamat menikmati, selamat makan. Kurang lebih begitu. Cukup jawab saja, “Teşekkür ederim.” Itu artinya terima kasih. Atau “Kolay gelsin.” Lebih ke mendoakan supaya urusan abla dimudahkan.

Ngomong-ngomong, abla itu artinya Mbak, kakak perempuan. Tapi kebanyakan orang sini nggak mau dipanggil abla kecuali penjaga kantin, officer, dan seperti itu. Contohnya saja kemarin saya sempat sekamar dengan Türk yang usianya lebih besar dari saya. Ketika saya tanya dia, baiknya saya memanggil dia abla supaya lebih sopan atau langsung nama, dia justru tertawa dan mengatakan untuk memanggilnya dengan cukup nama saja. Tamam.

Selain praktik di kantin. Boleh juga praktik dengan orang-orang di Otobüs veya Metro veya istasyon. Kebanyakan Türk itu ramah loh setahu saya.

Pernah tuh kemarin waktu saya dan teman sedang menumpang Otobüs, tiba-tiba datang seorang perempuan berjilbab. Dia bicara banyak sama salah seorang senior kita yang telah fasih Turkçe lalu ngasih nomer handphone-nya ke kita untuk berteman. Serius lho. Emang nggak takut kalau ternyata kita penjahat? Ckckck.

Kembali ke bahasan praktik. Praktik juga bisa dilakukan seorang diri. Yaitu di depan kaca. Ngomongin apa? Perkenalan misalnya.

Contoh perkenalan dalam Türkçe.

Merhaba. Benim adım Naelil. Soyadım Maghfiroh. On sekiz yasındayım. Ege üniversitesinde okuyorum. Bölümüm Gazetecilik.

Atau jika mau percakapan singkat perkenalan. Boleh lihat seperti di bawah ini.

Zeynep : Merhaba! (Helo)

Sue : Merhaba! (Helo)

Zeynep : Sen nasılsın? (Bagaimana kabarmu?)

Sue : Ben iyiyim. Sen nasılsın? (Saya baik-baik saja. Kamu apa kabar?)

Zeynep : Ben de iyiyim. Benim adım Zeynep. Senin adın ne? (Saya juga baik-baik saja. Nama saya Zeynep. Nama kamu siapa?)

Sue : Ben Sue. Memnun oldum, Zeynep. (Saya Sue. Senang bertemu dengamu, Zeynep.)

Zeynep : Ben de memnun oldum, Sue. Sen nereden geldin? (Senang bertemu dengamu juga, Sue. Kamu darimana asalnya?)

Sue : Ben Rusya’dan geldim. Ben simdi Izmir’de yasıyorum. Sen nereden geldin? (Saya berasal dari Rusia. Sekarang saya tinggal di Izmir. Kamu darimana asalnya?)

Zeynep : Ben Turkiye’den geldim. Simdi Istanbul’da yasıyorum. Sue, sen ne iş yopıyorsun? (Saya berasal dari Turki. Sekarang saya tinggal di Istanbul Sue, apa pekerjaanmu.)

Sue : Ben gazeteci. Sen ne iş yopıyorsun? (Saya jurnalis. Pekerjaanmu apa?)

Zeynep : Ben öğrenci. (Saya pelajar.)

Sue : Kaç yasındasın, Zeynep? (Berapa usiamu Zeynep?)

Zeynep : Ben on dokuz yasındayım. Kaç yasındasın, Sue? (Usia saya 19 tahun. Usia kamu berapa?)

Sue : Ben yirmi üç. (Usia saya 23 tahun.)

Zeynep : Tamam. İyi günler, Sue. (Ok. Semoga harimu menyenangkan, Sue.)

Sue : Evet. Teşekkürler. Sen de. Görüşürüz. (Ya. Makasih. Kamu juga. Smapai jumpa.)
Zeynep : Görüşürüz. (Sampai jumpa.)

Tuh kan, sampai lupa satu hal, alfabetnya Türkçe.

Aa Bb Cc Çç Dd Ee Ff Gg Ğğ Hh Iı İi Jj Kk Ll Mm Nn Oo Öö Pp Rr Ss Şş Tt Uu Üü Vv Yy Zz

Totalnya ada 29 huruf. Untuk cara bacanya, bisa tengok di youtube, tamam?

Sekian, sedikit ilmu dari saya yang sotoy ini. Padahal baru 3 hari masuk kelas persiapan Bahasa Turki, udah ceriwis. Saya harap, ilmu kecil ini berguna. Jika ada kata-kata saya yang salah, termasuk penjelasan Türkçe-nya, saya mohon maaf dan koreksinya karena saya juga masih belajar.

Görüşürüz! 😀

4 thoughts on “Let’s Speak Türkçe #1

Tinggalkan Balasan

