Kuliah di Turki dengan Beasiswa

#BincangBeasiswa Kuliah di Turki

Sebelumnya, saya minta maaf atas keterlambatan menulis postingan ini. Padahal, niat awal menulis yaitu tepat sehari setelah saya tiba di kota Izmir, Turki. Namun ternyata kesibukan mengurus ini-itu telah membelenggu. Lagipula, saya rasa postingan dari penerima beasiswa lainnya sudah banyak. Hehe

Jadi, untuk kuliah di luar negeri, atau istilah kerennya study abroad, dapat dilakukan melalui beberapa cara :
1. Biaya orang tua
2. Biaya sendiri (sembari kerja paruh waktu/part-time job)
3. Student loan
4. Beasiswa

Baiklah. Seperti judulnya, saya akan memposting salah satu cara bersekolah di luar negeri, yaitu melalui beasiswa. Beasiswa yang saya bicarakan adalah Türkiye Bursları, beasiswa kuliah di Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk Indonesia tentunya. Namun, ini bukan satu-satunya beasiswa untuk kuliah di Turki ya…

Türkiye Bursları merupakan beasiswa dari Pemerintah Turki untuk pelajar internasional yang berniat melanjutkan studi S1 (program sarjana), S2 (program master), ataupun S3 (program doktoral) di Turki. Untuk program S1, lamanya adalah 5 tahun dengan 4 tahun kuliah sesuai jurusan pilihan dan 1 tahun persiapan bahasa Turki. Untuk program S2, lamanya adalah 3 tahun dengan 2 tahun kuliah sesuai jurusan pilihan dan 1 tahun persiapan bahasa. Sedangkan untuk program doktoral lamanya seperti program sarjana.

I. Beasiswa ini bersifat full scholarship, mencakup :

a. Uang saku bulanan
Jumlah uang saku untuk mahasiswa program sarjana, master, dan doktoral adalah berbeda. Sarjana 700 TL, master 950 TL, dan doktor 1400 TL. Untuk merupiahkan, silahkan klik di sini. Uang saku di sini hanya untuk kebutuhan pribadi teman-teman (perlengkapan mandi, musim dingin, jajan, transportasi dll) karena tempat tinggal dan makanan sudah dikaver dalam akomodasi.

b. Akomodasi
Seluruh mahasiswa akan ditempatkan di asrama pemerintah. Namun dapat juga ditempatkan di asrama swasta apabila asrama pemerintah telah penuh. Jika tidak suka asrama, diperbolehkan pula untuk menyewa rumah dengan biaya sendiri. Tapi kalau pendapat saya sih, di asrama saja sudah cukup. Walaupun, misalnya saya, sekamar berempat, namun kami memiliki masing-masing almari pribadi dan kasur. Ditambah fasilitas kulkas di dalam kamar. Namun kamar mandi di luar. Sebenarnya, fasilitas tiap asrama di Turki ini berbeda ya. Di sini saya hanya menjelaskan mengenai asrama yang saya tempati. Di dalam asrama yang saya tempati, terdapat beberapa bangunan. Setiap bangunan memiliki 8 lantai dan di setiap lantai terdapat kamar mandi dengan jumlah yang lumayan banyak. Jadi, tidak perlu khawatir. Untuk mencuci pakaian, sudah ada yang akan mencucikan. Kita hanya perlu membuat janji dan mengantre. Namun apabila lebih suka mencuci pakaian sendiri, tidak masalah juga.

Lalu dimana sholat dan makannya? Untuk sholat, setiap bangunan selalu menyediakan tempat sholat pada lantai satu. Untuk sarapan, setiap pagi kita hanya perlu turun ke lantai dasar. Kita dapat memilih makanan kita sendiri sebesar 3 TL. Jadi sistemnya, apabila kita mengambil makanan lebih dari itu, kita harus membayar sisanya. Untuk makan malam, kita memiliki jatah 6 TL.

c. Biaya kuliah dan persiapan bahasa
Kalian hanya perlu membayar untuk pulpen, buku, dan hal seperti itu saja dengan uang saku bulanan. Hanya kebutuhan pribadi kalian.

d. Asuransi kesehatan

e. Transportasi PP Indonesia-Turki satu kali ketika berangkat dan pulang usai lulus menggunakan Turkish Airlines. Uhuy!

Jika kalian hendak pulang pada liburan musim panas sebelum lulus, bisa kok, dengan biaya sendiri. Namun jangan khawatir, kalian bisa menabung dari uang beasiswa. Atau mau jalan-jalan keliling Turki aja selama liburan? Cari tiket promo keliling Eropa? Boleh juga.

II. Prosedur pendaftaran

a. Pertama-tama, silahkan buka http://www.turkiyeburslari.gov.tr atau http://www.trscholarships.org. Karena web menggunakan bahasa Turki, silahkan klik gambar bendera Inggris seperti di bawah ini untuk mengubahnya ke dalam bahasa Inggris.
1

b. Selanjutnya, buat akun. Biasanya, terdapat tulisan “Basvuru” atau “Apply” di ujung kanan apabila pendaftaran telah dibuka. Lalu teman-teman akan masuk di halaman seperti di bawah ini.
2
Jika tidak bisa, silahkan klik ini. Selanjutnya, silahkan pilih create an account.
3
Ikuti prosedurnya ya. Jika belum memiliki paspor, tidak masalah. Silahkan menggunakan KTP. Setelah menyelesaikan proses pembuatan akun, teman-teman akan memperoleh email pertama seperti ini.
4

c. Sign in
Jika teman-teman sudah memiliki akun di sana, sekarang teman-teman sudah dapat mendaftar beasiswanya.
5..
Ikuti prosedurnya dengan benar dan hati-hati ya. Kalian dapat melihat demonya di sini dan buku panduannya di sini. Selepas itu, rekan-rekan akan mendapatkan email seperti ini.

Satu lagi, jangan lupa ini. Jumlah maksimal pilihan untuk universitas yang terletak di 3 kota besar (Istanbul, Ankara, Izmir) adalah 6 dari total pilihan 12. Jadi, maksimalnya, hanya separuh pilihan di kota besar.
5
Taraaa! Selesai. Sekarang yang harus teman-teman lakukan hanya menunggu hasilnya keluar seraya berdoa dan menyibukkan diri untuk mendaftar beasiswa lainnya, mungkin.

Setelah kurang dari sebulan (pengalaman saya tahun ini), pengumuman undangan wawancara akan dikirimkan. Seperti ini emailnya.
6

Untuk tahun 2014 lalu, total pelamar dari semua negara adalah 82.000. Lalu 10.000 pelamar diundang untuk wawancara. Selanjutnya sekitar 4.000 pelamar dinyatakan lolos dan terbang ke Turkiye. Namun jangan khawatir, man jadda wajada. Untuk postingan mengenai wawancara, silahkan klik di sini.

Oh ya, saya hampir lupa. Sebenarnya, ketika rekan memulai mendaftar, di sana akan tertera apa saja yang perlu rekan siapkan. Untuk tahun saya, S1 misalnya, membutuhkan :

1. Transkrip Nilai dan Ijazah
Apabila nilai tiap semester di SMA/MA dan sejenisnya berupa buku raport, kalian dapat merangkumnya sendiri menjadi transkrip yang hanya satu lembar. Dalam bahasa Inggris ya. Setelah ditandatangani, langsung di scan. Untuk ijazah, jika belum keluar tidak masalah.

2. Foto Diri

3. KTP/ID Card

4. Piagam dan Sertifikat

TOEFL/IELTS misalnya. Piagam kejuaraan, juga. Semuanya jika masih bisa, masukkan saja. Biar mereka yang menilai. Jangan lupa untuk memberi keterangan.

5. Kalian juga perlu untuk mengisi letter of intents seperti :
a. Please explain your expectations from studying in Türkiye and express your future plans
b. Please explain the reasons why you choose Türkiye for higher education
c. Please express the reasons for your department/program of study preferences and briefly explain how your educational background relates to your preferences

Untuk hal di atas, jangan asal isi ya. Dibuat semenarik mungkin.

6. Surat Rekomendasi
Boleh melihat contohnya di google atau langsung meminta tolong kepada guru untuk dibuatkan. Namun terkadang, guru memberikan kebebasan kepada siswanya untuk menulis. Baru setelah itu, guru hanya cukup menandandatangani. Untuk surat rekomendasi, saran saya dari guru yang sangat mengenal teman-teman.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menulis komentar di bawah ini. Sebisa mungkin akan saya jawab. Begitu pula jika teman-teman membutuhkan bantuan dalam mendaftar, dengan senang hati akan saya usahakan untuk membantu. Namun sebelum bertanya, alangkah baiknya apabila membaca semuanya dengan lengkap tanpa terkecuali. Karena tidak ada namanya pejuang malas ya :p Terima kasih. Salam sukses!

P.S Setelah melalui beberapa pertimbangan, untuk teman-teman yang memiliki pertanyaan bersifat pribadi mengenai beasiswa ini, silahkan mengirimkannya ke naellyixa@ymail.com. Walau sebaiknya menurut saya sih, ditulis di sini aja supaya yang lain juga bisa membacanya.

Bagi teman-teman yang punya pengalaman menarik mengenai perjuangan memperoleh beasiswa ataupun perjuangan dapat kampus (melalui snmptn, sbmptn atau apapun itu) dan ingin berbagi kisah namun malas menulis, boleh banget saya bantu tulisin dan sebarluaskan. Insya Allah jadi amal jariah teman-teman. Bukannya menyenangkan bisa berbagi hal positif kepada orang lain? Apalagi kalau orang lainnya itu saudara sebangsa 🙂 Ngobrol di sini ya : naellyixa@ymail.com

417 thoughts on “Kuliah di Turki dengan Beasiswa

  1. Assalamualaikum.
    Terimakasih infonya kak, membantu banget. Semangat terus studi nya…

    Kak saya boleh baca letter of intens nya kak nael? Klo boleh ntar sy email kak nael lagi, mngkin bisa lewat email ya kak kirimnya.. klo boleh aja, makasih kak..

    sukses selalu.

    Suka

  2. Assalamu’alaikum.
    sebelumnya mksih utk share pengalamannya nih kak. nambah wawasan utk planning kuliah di turki jg. btw klo kaka gak keberatan saya blh minta email kaka gak? saya pgen tnya pengalaman kaka di turki gmna aja, dan pas belajar bahasa turki tuh gimana aja. soalnya saya sdh msk salah satu univ. disana dan pngen persiapan gitu sbelum keberangkatan. trimakasih ka

    Suka

    • Nilai UN memang jadi syarat. Dan biasanya tuh pendaftarannya sekitar bulan Feb/Maret, jadi belum UN. Bilang aja belum UN dan nilai bisa menyusul karena biasanya batas waktu harus lulus itu Agustus sedangkan bulan Agustus kan pasti nilai UN kita sudah keluar

      Suka

  3. Permisi, mau nanya dong. Buat yg pendaftaran S1 itu deadlinenya itu kapan ya? Aku takut deadlinenya sebelum UN pas April, takut nilai UNnya dibutuhin sebagai syaratnya juga 😦

    Suka

  4. Ada ketentuan jumlah toefl arau ielts kah?
    Biasanya, pembukaan pendaftaran itu sejak bulan apa?
    Dan info paling valid mengenai beasiswa diluar itu dimana ya? Eh kok banyak pertanyaannya haha
    Sukses yaaa s1 disanaaa. Mudah2n aku bisa nyusul s2 tahun depan hihi

    Suka

    • Enggak kok Kak. Ada univ yang mensyaratkan TOEFL, ada yang enggak. Tapi banyak yang enggak sepertinya. TOEFL bisa dijadikan nilai tambah aja.

      Awal tahun, Kak. Januari gitu coba cek website-nya. Mereka bakal share kalender beasiswa tahun itu. Soalnya emang beda-beda tiap tahun.

      Hehe tergantung beasiswanya sepertinya, Kak. Setahu saya masing-masing pemberi beasiswa punya website resmi sendiri.

      Aamiin. Semangat Kak :)))

      Suka

  5. ka kalau raport itu langsung buat sendiri transkripnya dan diterjemahin atau seluruh smest di raport diterjemahin satu satu?

    terus untuk surat rekomendasi harus banget disertakan atau boleh juga engga? soalny aku bingung itu gimana

    Suka

    • Buatnya pakai hati :3
      Jangan bertele-tele dls. Coba baca aja contoh-contoh essay yang ada di internet. Mana yang membuatmu tertarik. Dari situ kamu bakal tahu gimana cara buat essay yang menarik 🙂
      Ada kok setiap tahun.

      Suka

  6. Ping-balik: Ketika Aku Memutuskan Berhijab | Naelil The Climber

  7. assalamualaikum….kaka saya mau tanya kalau untuk jurusan fakultas itu ditentukan dari pihak penyelenggara beasiswa itu sendiri atau kita bisa pilih jurusan yang sesuai dengan jurusan yg sudah kita tempuh selama di indonesia??misalnya saya mau coba ikut beasiswa s2 saya lulusan s1 pendidikan bahasa inggris lalu apakah ada jurusan yang sama dengan jurusan yg pernah saya ambil untuk saya ikuti ka???

    Suka

  8. Asalamualaikum,MF mba saya mau nanya kalau pengisian foreign language itu mksdnya gmn y asing menurut orang turki atau menurut para pengisi formulir soalnya di bawahnya Ada tulisan mark as mother tongue n klu g Pny no rumah boleh g di kosongkan?…thanks

    Suka

  9. Assalamualaikum kak ngapunten ngganggu, kita ngisi aplikasi itu baru bisa saat pendaftaran nya sudah buka,ya,? dan kalau misal transkrip sedangkan belum ada semester ke 6 gimana kak soalx kan ini lagi proses semester terakhir? Terimakasih

    Suka

  10. Assalamu’alaikum. Kak, saya belum punya KTP ataupun paspor. Saya sekolah jauh dari rumah dan tidak memungkinkan pulang hanya untuk membuat KTP. Kira-kira ada alternatif kartu identitas lain gak yang bisa dipakai? Terima kasih.

    Suka

  11. Ping-balik: Gadis Bergamis Batik Biru Muda | Naelil The Climber

  12. kak. perkenalkan saya wela. saya ingin bertanya. jika ijazah atau transkip nilai diterjemahkan melalui sworn translator. apakah nanti berkas yang telah diterjemahkan diminta tanda tangan lagi dari pihak kampus? atau tidak karena sdh ad cap dan ttd dri pihak sworn translatorny?

    Suka

  13. Ping-balik: #BincangBeasiswa Kuliah di China | Naelil The Climber

  14. Ping-balik: #BincangBeasiswa Tanoto | Naelil The Climber

  15. kak niel.. kok aku gak bisa login atau apply yah..tampilan webnya juga berbeda sama tutorial aka atau di chanel youubenya . hari ini mulai pendaftarannya. application systemnya juga tidak bisa di akses ..

    Suka

  16. kak niel maaf aku banyak tanya .. aku ngeraba bgt nih websitenya persyarata dokumen aja aku ikuti yg temen temen sediakan termasuk kaka. apakah ada perubahan dokumen ya ka untuk tahun ini kirakira.. oya ka. di ijasah kan semua itu nilai ratarata raport dari sem1-6. lalu apa harus buat lagi transkipnilainya? berhbung aku smk aku punya transkip standar kompetensi utama gtu. apa itu yg aku lampirin ya? nilai un di SKHUn juga perlu aku lampirin ka? maaf sekali lagi ka maaf bgt bawel aku

    Suka

    • Ngeraba gimana? Persyaratan dokumen pasti tertera di website mereka.
      Kalau mau pakai rapor langsung, tidak apa-apa. Transkrip hanya memudahkan saja karena seingat saya dulu diterjemahkan juga ke bahasa Turki (setelah sampai Turki). Kalau rapor kan berlembar-lembar. Itu mahal biaya translate nya.

      Suka

  17. Assalamualaikum kak,
    saya yulinda, mau nanya nih tentang beasiswa turki.
    kak misal aku punya sertifikat toefl tapi nilainya cuma 400, klaau dilampirkan bisa?
    terus rapotnya itu gimana kak kalau harus dijadiin satu lembar?
    Surat rekomendasinya itu pake bahasa inggris atau bahasa indonesia?

    suksess ya kak di Turki, semoga saya bisa ketemu kakak:)

    Suka

    • Waalaikumussalam. TOEFL tidak wajib, kecuali jika universitas yang kamu pilih memintanya.
      Contoh transkrip satu lembar ada di blog ini di menu beasiswa dalam postingan berjudul FAQ. Bisa dicari dikolom pencarian.
      Surat rekomendasi menggunakan bahasa Inggris karena tim penyeleksi bukan dari organisasi dsb dari Indonesia tapi langsung dari Turki. Jadi semua english, termasuk interview.
      Aamiin. Semangat!!

      Suka

  18. Asslamu’alaikum kak, terimakasih atas informasinya sebelumnya. kalau boleh, saya minta ID Line atau kontak yang bisa dihubungi supaya bisa tanya tanya lebih tentang beasiswa turki.

    Suka

  19. Assalamualaikum. Ka kalau sudah keterima beasiswa ini, pengurusan dokumen visa paspor dll itu ditanggung sendiri atau dari penyedia beasiswa?

    Suka

      • terimakasih kak responnya
        tapi setiap saya mengisi dokumen selalu eror dan kembali ke awal terus kak
        di bagian education juga saat saya sudah mengisi negara tempat bersekolah, kota tempat sekolah dan nama sekolahan di kota tersebut tidak muncul

        Suka

  20. Makasih banget ya kak oh ya kak kalo boleh tau apa aja ya dokumen yang harus di terjemahin, saya agak takut kurang dalam persiapan dokumen

    Suka

  21. Assalamualaikum
    Kak saya ingin apply beasiswa S2 di turkey apakah saya harus mentranslate ke sworn translator untuk ijazah SMP, SMA dan S1??
    Mohon bantuannya
    Terimakasih

    Suka

  22. assalamualaikum.
    mau nanya, nilai rata2 UN aku cuma 6 komaan. tapi rata2 transkrip raport 8 komaan.
    kalo kasus yang ini, bisa menutupi gak kak dengan kita punya sertifikat lomba, organisasi dan relawan?
    mohon bantuannya

    Suka

  23. Assalamualaikum mbak, salam kenal 🙂 sebelumnya saya mau ngucapin Eid Mubarak dulu krn masih suasana Idul Adha. Saya mau tanya mbak di asrama nya tempat mbak tinggal itu apakah gedungnya digabung antara laki2 dan perempuan?
    Saya punya rencana buat lanjut S2 dsana, mbak ada kenalan mahasiswa S2 atau mungkin blogger yang bisa saya pantengin ceritanya? Soalnya dari komen2an yang diatas banyaknya ngebahas persyaratan buat yang mau lanjut S1 jadi mungkin agak beda kalau S2
    Terima kasih mbak, ditunggu jawabannya 🙂

    Suka

    • Waalaikumussalam. Selamat Hari Raya Idul Adha juga ya. Mohon maaf lahir dan batin))
      Kalau asrama saya dipisah. Tapi beberapa asrama swasta dicampur. Kalau asrama pemerintah setahu saya selalu dipisah. Ini ada blog senior S2 yang sudah lulus jurusan Perikanan atau ini sudah lulus juga jurusan Teknik Sipil kalau tidak salah.

      Suka

Tinggalkan Balasan

