Hari Terakhir Jalan-Jalan di Istanbul

Libur musim dingin pertama saya di Turki ini Alhamdulillah saya lalui dengan jalan-jalan di Istanbul selama 4 hari. Namun hari keempatnya, hanya berburu oleh-oleh dan pulang. Jadi, kita hitung 3.

Hari Pertama : Ketiduran Sampai ke Eropa
Hari Kedua : Mengunjungi Saudara Istana Buckingham di Timur Tengah
Hari Ketiga : Hari Terakhir Jalan-Jalan di Istanbul

Hari ketiga di Istanbul! Jadwal pertama adalah pergi ke Taksim untuk melihat tunel dan Monumen Republik. Jadwal kedua pergi ke Warung Nusantara untuk menikmati makanan Indonesia. Jadwal ketiga pergi ke masjid Sultan Suleymaniye karya arsitek terkenal Mimar Sinar.
Taksim dianggap sebagai jantung kota Istanbul modern.
Bisa dilihat betapa penuh dan sesaknya Taksim. Kawasan tersebut mengingatkan saya akan kondisi Karsiyaka di Izmir. Selain penuh lautan manusia yang berlalu lalang, di sana juga terdapat restoran, toko dan hotel yang banyak dicari.
Di atas merupakan gambar Monumen Republik yang diresmikan sebagai perayaan pendirian Republik Turki setelah Perang Kemerdekaan Turki.
Lalu tidak lupa, transportasi publik yang klasik dan tampak berbeda, tunel. Ceritanya saya nggak sengaja foto bapak dan anak tersebut. Niatnya mau foto si tunel, eh. Nah, sayangnya, selama di Taksim kami tidak mengunjungi Menara Galata gegara sama-sama tidak tahu jika terdapat menara tersebut di sana. Ceritanya karena lelah dari keramaian, kami pergi.
Dari situ, kami melanjutkan perjalanan menuju Warung Nusantara. Niatnya sih hendak makan malam di sana. Namun karena ketika pergi ke sana di malam hari pada hari sebelumnya, kondisinya tutup, kami tidak dapat menunda. Daripada nanti tutup lagi. Kami memesan nasi goreng, mie ayam dan risoles sayur. Yummy meski harganya wah sekali untuk ukuran pelajar. Bisa dimaklumi, karena memang kondisi kita tidak sedang di Indonesia. Makanan Indonesia kan langka.

Setelah puas, kami cus ke salah satu karya besar Mimar Sinan, Masjid Sulaymaniye yang ternyata letaknya di kawasan kampus Universitas Istanbul. Sebelum mencapai masjid tersebut, kami melewati fakultas ilmu komunikasi Universitas Istanbul.

Memasuki Masjid Sulaymaniye, kami melewati beberapa makam yang di bagian terdepannya terdapat banyak nama-nama almarhum.

Ke dalam, kami menjumpai pemandangan yang sangat luar biasa cantik!

Selepas dari sana, kami memutuskan untuk pulang karena tak mau terlalu lelah. Alhamdulillah.