7 Fakta Musim Panas

warning-797150

Postingan ini sedikit demi sedikit makin banyak tidak jelas.

Tulisan ini ditulis bukan tidak berdasar pada ilmu pengetahuan. Kenyataannya, tulisan ini ditulis atas dasar pengamatan langsung penulis (wedew!) terhadap kota Izmir (Turki) selama menjelang musim panas. Langsung saja yuk ditengok!

1. Tidur Malam Bagaikan “Kesirep”

1500pix_sleep_clock-300x200

Ngomong-ngomong, kesirep itu apa sih? Kesirep itu artinya adalah tidur  dengan tidak sengaja dalam jangka waktu yang sebentar. Ketika musim panas tiba, matahari bersinar terlalu melimpah. Sejak pukul 6 pagi sampai setengah 9 malam, suasana di luar tampak cerah. Hal itu menyebabkan sebagian dari kita tidur larut malam. Tidak mungkin kan kita pergi tidur ketika matahari masih bersinar super terang?

2. Waktu Mengerjakan PR Berkurang

sumber : thewarrioronline.com
sumber : thewarrioronline.com

Ini sih sebenarnya efek melimpahnya matahari, juga. Karena matahari menyebabkan waktu tidur semakin berkurang. Di samping kebiasaan diri sendiri/pribadi, tentunya. Umumnya, anak-anak di Indonesia mulai mengerjakan tugas yaitu pada malam hari selepas Magrib. Nah di sini, Magrib-nya saja hampir jam 9 malam. Baru mengerjakan tugas, udah ngantuk duluan. Mengapa demikian? Karena ketika melihat matahari, ada efek yang mengakibatkan kecondongan diri untuk menunda-nunda.

“Ah, masih ada matahari. Artinya, masih siang. Nanti aja lah ngerjain tugasnya.”

Akhirnya? Ya… gitu.

3. Panas Luar Dalam

347082_denim-shorts-child-clothing-ripped-jeans-hot-pants-summer-shorts-blue-jeans-girls-shorts-childre----

Melimpahnya matahari menyebabkan panas yang berlebihan. Keringetan terus bawaannya. Sudah di luar badan panasnya minta ampun, eh di dalam juga lebih panas lagi karena anak-anak muda yang kehilangan penjahit terbaiknya sudah mulai bermunculan. Semua pakaian seolah sudah kekecilan. Rok mini, celana mini dan baju mini. Panas euy!

4. Banyak Tukang Pijat

sumber : www.pinterest.com (bukan gambar tukang pijet)
sumber : http://www.pinterest.com
(bukan gambar tukang pijat)

Di kawasan pantai Indonesia, banyak sekali tukang pijat yang mengenakan topi dan kacamata hitam. Sehingga mau tidak mau media pun menggambarkan tukang pijat sebagai seseorang yang mengenakan topi dan kacamata hitam. Nah, menjelang musim panas begini, masyarakat dari berbagai macam kelompok usia yang mengenakan beraneka ragam topi dan kacamata hitam akan mudah dijumpai di jalanan umum Izmir.

4. Keragaman Aroma

sumber : www.momscleanairforce.org
sumber : http://www.momscleanairforce.org

Meskipun banyak memproduksi keringat, daripada mandi dengan sabun, sebagian anak muda sini lebih suka bermandikan parfum. Ketika berpapasan, kombinasi antara aroma keringat dan parfum akan menguar seluas samudera. Tapi jangan khawatir, tidak semua bule itu bau tidak sedap kok. Penyataan tentang semua bule itu bau adalah tidak benar. Meskipun agak mendekati kebenaran. Enggak eh enggak! Teman sekelas (bule-bule), harum-harum, malah.

5. Mencintai Kamar Mandi

sumber : www.wikihow.com
sumber : http://www.wikihow.com

Musim panas adalah musim dimana mandi merupakan kegiatan yang sangat diperlukan. Ketika musim panas tiba, pengguna kamar mandi akan meningkat drastis jika dibandingan dengan ketika musim dingin tiba. Walau demikian, bisa dibilang, serajin-rajinnya bule untuk mandi, masih lebih rajin orang Indonesia. Teman SMA saya dulu bahkan mandi 3-4 kali sehari. Padahal kalau masalah suhu di musim panas, Indonesia lebih hangat. Di kota Izmir ini mampu mencapai 30 derajat lebih lho. Bahkan kata kakak senior, tahun lalu mencapai 40 derajat lebih.

6. Pemuja Es Krim Membludak

sumber : www.oliobymarilyn.com (I scream, You scream, We all scream for ice cream!)
sumber : http://www.oliobymarilyn.com
(I scream, you scream and we all scream for ice cream!)

Penjualan es krim, musim-musiman lakunya. Musim dingin, sepi. Walau begitu, masih tetap dijajakan sih. Nah musim panas, rame sekali peminatnya. Di pasar Kemeralti, Konak, Izmir saja misalnya. Sepanjang jalan masuk, banyak sekali penjaja es krim. Parahnya, jarak antara penjaja es krim satu dengan lainnya pun berdekatan. Paling cuma beberapa langkah kaki doang. Meskipun penjaja es krim terbilang cukup banyak, tetap saja terdapat antrean. Padahal sehabis makan es krim, kerongkongan justru terasa kering. Mending minum es degan. Sayangnya, di sini nggak ada. Hiks

sumber : www.rajinmasak.com
sumber : http://www.rajinmasak.com

7. Penghisap Darah Mulai Berkeliaran

Ketika saya pertama kali datang ke sini, yaitu ketika musim gugur, saya sama sekali tidak menjumpai yang namanya nyamuk. Sama sekali. Tapi kini, ketika musim panas tiba, satu dua nyamuk mulai menampakkan kelihaiannya dalam menghisap darah. Meski nyamuk bukanlah vampir/dracula, perlahan tapi pasti, nyamuk pun dapat menghabiskan darah kita sebagaimana vampir/dracula. Kalau… nyamuknya segede ini, tapi.

sumber : kaskus.co.id
sumber : kaskus.co.id

Sekian. Terima kasih.

Iklan

2 thoughts on “7 Fakta Musim Panas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s