Cara Memperoleh Buku dan Majalah Gratis

sumber : www.ghostvolta.com
sumber : http://www.ghostvolta.com

Seperti kata orang, apapun dapat dicapai dan diperoleh selama kita mau berusaha. Termasuk memperoleh buku gratis 😀 Meski tidak gratis-gratis amat sih. Yakni, diperlukan sebuah usaha. Memang tidak akan mudah untuk memperoleh buku gratis sesuai dengan keinginan kita. Tapi paling tidak, lumayan untuk menambah bacaan. Bagaimanapun, otak perlu dikasih makan. Biarpun toh sebenarnya memberi makan otak bukan hanya melalui buku.

Langsung aja yuk cus ke cara memperoleh buku dan majalah gratis :

1. Giveaway

sumber : parishshoppe.com
sumber : parishshoppe.com

Jika kita mau mencari, akan banyak ditemukan berbagai macam kuis dan giveaway berhadiah buku. Mulai dari melalui blog, twitter, facebook, instagram, serta media sosial lainnya. Untuk blog, teman-teman bisa rajin menyimak blog Kak Luckty di sini. Beliau seringkali mengadakan giveaway buku. Syaratnya juga nggak neko-neko. Kurang lebih share info giveaway, follow blog dan beberapa akun twitter, terus kasih komentar deh.

Kalau mau dapat buku kiriman dari luar Indonesia, rajin-rajin aja cek goodreads. Tapi menurut saya, peluang di goodreads ini lumayan kecil karena jumlah pesertanya yang bejibun dan hadiahnya yang mungkin tidak begitu banyak untuk peserta yang membludaknya dari berbagai negara. Di goodreads ini saya udah nyoba banyak kali loh, tapi belum pernah menang. Hehe. Nyobanya harus sebanyak percobaan Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar kali ya…

Untuk giveaway lainnya, itu tergantung ketentuan panitia penyelenggara ya. Yang jelas, ikuti aturan mainnya kalau mau menang. Ini nih yang kadang bikin nggak sabaran.

“Kok banyak banget syarat-syaratnya?”

Namanya juga berhadiah, yang berminat memiliki pun banyak. Karena itulah dilakukan kompetisi. Makannya itu saya pernah bilang bahwa berburu kuis atau gratisan itu sebenarnya tidak benar-benar gratis karena kita juga harus berjuang. Eaaa! Nih, tengok catatan Kuters; Bukan Sekedar Pencari Gratisan.

2. Kedubes

sumber : forskelvirta.blogspot.com
sumber : forskelvirta.blogspot.com

Saya pertama kali baca di blog orang bahwa kita bisa memperoleh bacaan, misalnya saja majalah, dari kedubes luar negeri yang ada di Indonesia. Caranya gimana? Cukup kirim email atau surat melalui pos ke alamat mereka. Saya waktu itu sempat mencoba kirim email ke dua kedubes. Yang kedubes Amerika Serikat langsung balas email saya lho. Terus beberapa hari setelahnya terkirimlah sebuah majalah berbahasa Inggris. Lumayanlah buat bacaan. Nulisnya gimana? Tulis aja ketertarikan teman-teman mengenai negara tersebut. Kalau berjodoh, insya Allah akan dapat kiriman. Hehe

3. Perusahaan atau Organisasi
Kalau ini, saya lumayan sering dapat. Banyak kok perusahaan atau organisasi pemberi buku dan majalah gratis. Motifnya apa sih kok mereka mau bagi-bagi bacaan gratis gitu? Seperti kata orang, media adalah pembentuk opini publik. Jadi ketika kita membaca sesuatu, pikiran kita akan dimainkan oleh bacaan tersebut. Baik percaya ataupun tidak, jika kita tertarik, otak akan dengan senang hati menganalisisnya bersamaan dengan ilmu yang sudah pernah kita terima sebelumnya melalui kelima indera kita. Weleh.

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Aramco World. Saya suka banget sama majalah ini. Majalahnya rutin dikirim dua bulan sekali, kertasnya bagus, design dan ukurannya menarik, serta yang terpenting adalah bacaannya yang menarik!

sumber : dokumen pribadi
sumber : dokumen pribadi

Untuk yang berminat berlangganan gratis majalah ini, silahkan klik di sini.

4. Resensi Buku
Kalau kita punya blog dengan jumlah pengunjung yang lumayan berlimpah, cakupan blog kita terpusat dan rapi, lalu kita suka meresensi buku, cocok deh ikut program ini. Saya belum pernah coba sih. Makannya kurang paham gimana cara kita memulainya. Apakah harus menunggu penerbit melirik tulisan resensi kita atau kita yang harus mendaftarkan diri ke penerbit? Tapi sependengaran saya, kita memang bisa memperoleh buku gratis dengan meresensi. Kalau mau lihat contoh-contoh resensi buku, bisa klik di sini buat referensi.

Sistemnya, penerbit mengirimkan buku ke alamat kita. Lalu kita diwajibkan untuk membaca dan menulis resensi buku tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Meskipun tampak seperti dikejar target, ya memang iya sih, tapi setidaknya kita memperoleh buku bacaan yang kemungkinan besarnya masih segar. Yakni, baru terbit. Seru nggak tuh?

Kurang lebih itulah beberapa cara memperoleh buku dan majalah gratis. Ada yang mau menambahkan? Selamat berburu! 😀

Iklan

16 thoughts on “Cara Memperoleh Buku dan Majalah Gratis

  1. Bisa juga di web hakikat kitabevi publication. Itu dari Turki loh, Ms. Nae . Seniorku pernh krm email ke mereka, akhrnya dia dpt bukunya totally free. Cuman, jangka wktunya 4 bulanan bru nympe. Aku udh nyoba, tp kyknya bkal gagal deh soalnya udh setaun mungkin…haha :D. Mskipun gitu, ak dpt bku dri kitabevi juga kok. How could it be? Seniorku ngsih pinjm bku itu, brhubung bukunya tebel dn gk trlalu interesting buatku jd gk kelar2. Akhirnya dy merelakan buku itu utkku…. *tak untuk ditiru ya..

    Suka

    1. Alasannya penasaran aja. Mungkin pengin studi di sana, dls. Di email, bisa juga sertakan pengetahuan kamu tentang negara tersebut dan kenapa kamu menginginkan itu. Misal nih pengin buku-buku tentang UK karena tertarik untuk belajar blah blah blah di UK karena menurut blah blah blah jurusan blah blah blah itu bagus. Bisaaa gitu, misal.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s