Kuliah di Turki dengan Beasiswa Türkiye Bursları (Frequent Ask Question/FAQ)

Jika kamu berminat untuk kuliah di  Turki dengan beasiswa dari pemerintah Turki, sebelum membaca FAQ, alangkah baiknya untuk membaca tulisan saya ini. Lebih lengkapnya, bisa cek website Türkiye Bursları.

Hallo!

Beasiswa Türkiye Bursları dari pemerintah Turki akan segera dibuka. Seiring dengan hal itu, kami para penerimanya pun diserbu banyak pertanyaan oleh peminat beasiswa ini. Mulai dari pertanyaan yang keren, sampai pertanyaan yang bikin jidad berkerut.

Bagi kamu yang menginginkan beasiswa, semangatlah melakukan research karena beasiswa bukanlah untuk pejuang malas. Yang mau beasiswa itu banyak loh, guys. Jadi jangan berharap menang kalo kerjaannya males-malesan. Ok?

Saya dan beberapa penerima beasiswa Turki seringkali memperoleh pertanyaan mencengangkan. Misalnya saja beberapa di bawah ini.

Q : Kak, aku udah baca blog kakak tentang beasiswa Turki (Türkiye Bursları). Udah baca web nya juga. Syarat-syarat untuk mendaftar beasiswa Turki apa aja ya kak?

Katanya udah baca? Persyaratan adalah hal yang sangat dasar ya… Please dibaca dulu sebelum tanya. Dikorek-korek website nya. Jangan dipantengin aja homepage nya. Googling kek, research dulu.

Q : Kak, wawancaranya pakai bahasa Inggris ya? Harus bisa bahasa Inggris dong? Tapi bahasa Inggrisku nggak bagus. Gimana ya, Kak?

Nah, solusinya lebih sering praktik bahasa Inggris dong, sayang. Di internet banyak kok situs yang memudahkan kita berbicara dengan bule. Atau kalau mau yang lebih santai, nonton film berbahasa Inggris. Nontonnya tanpa subtitle dulu, terus habis itu baru pakai. Atau baca buku anak-anak yang berbahasa Inggris. Banyak kok cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Q : Kak, nilaiku sekian, prestasiku sekian… kira-kira itu bisa menjamin aku buat lolos beasiswa ini nggak?

Nggak ada yang bisa jamin. Apalagi kakak-kakakmu ini kan bukan peramal. :mrgreen: Apa saja yang dapat dipertimbangkan oleh pemberi beasiswa adalah apapun yang ada dalam persyaratan. Jadi, lengkapi persyaratannya dan jangan anggap angin lalu. Misal nih mentang-mentang nilainya tinggi, essay nya disepelein.

Q : Kak, aku lulusan tahun sekian. Boleh nggak daftar beasiswa S1 Türkiye Bursları?

Di web Türkiye Bursları tertulis jelas kok bahwa entah kamu lulusan tahun kapanpun, yang terpenting itu usiamu yang jadi batasan. Coba dibaca lagi dengan teliti.

Q : Kak, syarat minimal daftar beasiswa ini, nilainya berapa?

Itu juga udah lengkap infonya di kolom persyaratan.

Q : Kak, tahun ini beasiswa Türkiye Bursları dibuka kapan?

Mungkin lebih tepatnya tanya, “Biasanya beasiswa ini dibuka kapan?” karena kita bukan pemberi beasiswa yang bisa menentukan tanggal. Ada kok kalender beasiswa Türkiye Bursları di web nya.

Q : Kak, susah nggak dapatin beasiswa ini?

Bingung jawabnya. Kalau dijawab, “Jika kamu ada usaha dan doa, nggak bakal sulit kok. Ada kemauan ada jalan” pasti nggak puas kan?

Q : Kak, jumlah uang beasiswanya berapa?

Ini juga tertulis di web Türkiye Bursları.

Q : Kak, kalau nggak bisa bahasa Turki gimana? Masih boleh mendaftar?

Huhuhu. Nggak baca nih pasti. Beasiswa ini juga mencakup kursus bahasa Turki setahun bagi yang belum bisa.

Itu adalah beberapa pertanyaan yang terkadang bikin mules kala sedang bad mood. Kita juga manusia yah bukan robot yang nggak pernah capek dari tugas kuliah, kegiatan kampus dll. Jadi maaf kalau kadang kita terdengar jutek. Kita saling ngertiin aja yah..

Bahkan ada salah seorang teman saya yang dapat respon begini dari salah satu anak yang minat beasiswa : “Lah, ini kan memang tugas kakak untuk menjawab pertanyaan kita?”

Lalu saya pingsan pas denger cerita dari teman saya itu.

Tugas dari mana, Abang… Eneng?

Kalau pertanyaannya masuk akal sih oke. Tapi kalau pertanyaannya terkait apa yang sudah tertulis jelas di website Türkiye Bursları?

Nah, sekarang langsung aja lanjut ke pertanyaan yang keren menengah sampai keren abis!

Q : Kak, surat rekomendasi itu kaya gimana?

Contoh surat rekomendasi itu banyak jumlahnya di internet. Termasuk banyak macamnya. Jadi wajar kalau kamu bingung. Ini adalah contoh surat rekomendasi yang, katakan setipe, dengan apa yang saya pakai untuk mendaftar beasiswa ini.

Q : Kak, saya nggak bisa bikin transkrip nilai. Ada contohnya nggak?

Begini…

TRANSCRIPT

Q : Kak, semua dokumen dibawa ke sworn translator?

Enggak perlu. Transkrip rapor yang dalam bahasa Inggris itu bisa dibikin sendiri. Kalau ijazah, baru dibawa ke sworn translator.

Q : Kak, aku mau ambil jurusan A, bagusnya di kampus mana?

Ini pertanyaan yang lumayan sih mengingat normal/umum saja jika orang menganggap bahwa siapapun yang sedang kuliah di Turki tahu kampus bagus untuk bidang A, B, C di Turki. Padahal, kita nggak mengadakan research untuk jurusan yang bukan milik kita. Milik kita aja kadang nggak research tapi pilih random haha :mrgreen: Cuman, bisa aja kita denger kabar kampus bagus buat bidang A, B, C. Jadi normal buat nanya. Tapi alangkah baiknya kalau kamu research dulu, bidang A, B, C nih bagusnya di kampus mana. Zaman udah canggih ya… Bisa cari di internet.

Q : Kak, kata temenku butuh uang sekian juta ya buat ke Turki pakai beasiswa ini?

Beasiswa ini bersifat menyeluruh. Kalaupun butuh uang ya untuk bikin paspor, visa, nerjemahin dokumen, mondar-mandir Jakarta dan uang pegangan untuk pertama kali datang ke Turki. Ya masa iya mau bawa tangan kosong pas awal ke Turki? Pegang uang dululah sebelum beasiswa pertamamu cair. Kan sebelum beasiswa cair, kamu harus urus banyak hal seperti bikin akun bank dulu.

Q : Kak, beasiswa Turki cuma buat muslim ya?

He? Enggaklah. Siapapun yang memenuhi persyaratan, boleh mendaftar. Emang muslim itu syarat? Enggak kok. Kalau nggak tertulis di persyaratan, ya berarti bukan syarat. Waktu itu bahkan ada yang nanya saya apakah kalau mau daftar beasiswa ini harus berjilbab. Normal sih… mengingat pandangan kebanyakan orang soal Turki itu negeri yang sangat islamis. Semoga dari sinetron Cinta di Musim Cherry, Elif dll kamu bisa dapat gambaran mengenai Turki. Kalau kamu berpikir bahwa Turki itu sangat islamis, ntar kamu bisa kaget lho pas datang ke sini :mrgreen:

Apalagi ya… Sejauh ini, itu aja yang saya inget. Kalau kamu ada pertanyaan, tulis aja di kolom komentar di bawah ini. Bikin pertanyaannya yang keren yak!

 

 

62 thoughts on “Kuliah di Turki dengan Beasiswa Türkiye Bursları (Frequent Ask Question/FAQ)

    1. Sebenarnya kita suka-suka aja sih jawab pertanyaan, sharing kan seru. Tapi ya… jangan tanya juga pertanyaan yang udah jelas tertulis di web nya. :3 Normal sih kalau takut. Tapi dilihat aja deh apa yang bisa didapat… pandangan lebih terbuka thd alternatif/open-minded, kenal orang baru dengan budaya beda… seru kok! 😀

      Suka

  1. pas pertama buka web nya ini ehhh tentang turki dan langsung hampir semua tulisan ini yang saya baca banyak inpirasi nya hehee
    tapi salah satu kendala yang saya hadapi adalahhh orang tua dan keluaarga gak boleh ngizinin kuliah diluar ini aja saya asal daerah nya lampung kuliah di malang butuh perjuangannn yang ekstra apalagi saya kuliah di luar dan restu orang tua adalah yang paling mujarab gimana cara menghadapi nya mbkk.

    Suka

  2. ehhh tulisan nya menarik menarik apalagi tentang negara favorit turki .sedikit curhat nih satu kendala yang saya hadapi ialah orang tua dan keluarga karena saya anak satu2 nya laki2 dan itu harus sukses dan untuk kuliah di luar negeri saya tidak diperbolehkan oleh orang tua mbk asal daerah saya bandar lampung nah saya sekarang kuliah di malang ehhh untuk kuliah disini aja rasanya berat dan harus butuh perjuangan ,tapi alhamdullilah diperboleh kan untuk kuliah di luar kota tapi 2014 kemarin saya mau daftar basiswa turki ytb ini ehhh pas minta restu orang tua gak diperbolehkan dan kalo mau kesana terserah katanya tapi gak dapet restu nahh lohh kayak mana tuh menghadapi nya apakah kita harus memperjuangkan cita2 kita tanpa restu ortu dan apakah kita mengikuti saran orang tua kita tapi dan kita undurkan salah satu cita2 kita ?? mohon saran nya mbkk 🙂

    Suka

    1. Terima kasih sudah berkunjung, Kak…
      Kalau menurut saya, restu orang tua itu gimanapun sangat penting. Jadi, satu-satunya cara adalah membuat orang tua merestui. Mungkin kakak bisa meyakinkannya dengan menjelaskan tentang resolusi kakak ke depannya mau gimana… Saya juga anak satu-satunya lo… Berat juga pas saya memutuskan untuk sekolah di sini. Saya bahkan nggak ngasih tahu ayah saya sampai saya dapat undangan interview beasiswa Turki >.< habis diskusi lamaaa banget, akhirnya direstui. Gini deh, sebenarnya kondisi sebagai satu-satunya anak laki-laki itu bisa jadi pendukung… karena dengan studi di luar negeri, kakak bisa menambah banyak pengalaman karena berbaur dengan budaya baru, beraneka ragam orang dan pastinya punya kesempatan untuk membangun relasi lebih luas untuk masa depan kakak.

      Suka

  3. Assalamu’alaikum kak. Mau tanya, dulu kakak surat rekomennya dari siapa? Kepsek kah? Sebenernya aku malu harus bolak-balik sekolah buat minta surat rekomen kak. Kalau minta sama guru mapel boleh ga kira2 kak?

    Suka

    1. Waalaikumussalam…
      Enggak juga kok. Saya dulu minta wali kelas sama pembina eskul yang saya ikuti…
      Boleh aja, kenapa enggak. Kalau bisa ke guru yang kenal dekat dengan kamu supaya lebih enak

      Suka

  4. Mbak tolong dibaca ya…
    Saya mohon bantuannya…

    I have read many informations about Turkiye Schoarship, but I can’t find this information…
    Okay…
    Saya ingin daftar untuk jurusan Ilmu Gizi (Nutrition and Dietetics).
    Nah, di jenis beasiswa kan ada jenis umum, kedokteran, agama islam dan tentang turki ya…
    Nah, jurusan Gizi ini masuk ke yang mana…?
    Jika masuk ke jurusan khusus kedokteran, kenapa disana hanya disebutkan bahwa yang masuk ke programme kedokteran itu hanya Kedokteran Gigi, Kedokteran dan Farmasi…?
    Apakah mungkin ini masuk ke jenis beasiswa yang umum…?
    Ataukah Turkiye Burslari tidak menyediakan utk jurusan Gizi ini? Padahal setau saya, banyak Universitas disana yang punya jurusan gizi…
    Mohon bantuannya…
    Terima kasih…

    Suka

    1. Jadi gini, Kak, setahu saya Turkiye Burslari (ytb) memang tidak menyediakan beasiswa untuk seluruh kampus di Turki. Termasuk juga, mungkin, jurusannya. Soalnya pas saya ambil jurusan jurnalistik, yang muncul di list cuma 7 kampus padahal mah yang menyediakan jurusan itu di kampus Turki lebih dari 7. Kalau tidak ada di kedokteran, Kakak coba pilih yang umum saja. Jika muncul pilihannya ketika daftar nanti sih baru bisa dilihat.

      Suka

  5. Kak, kuliah jurusan Jurnalistik kan ? Gimana sistem perkuliahannya disana ? Mata kuliah di turki kaya apa aja sih ? Doain aku bisa nyusul kesana juga ya kak 🙂

    Suka

  6. Hai kak,
    Sewaktu kakak di nyatakan lolos seleksi admins, kan ada tes wawancara gitu katanya. Nah itu tes lisannya berupa apa? Apakah secara langsung bertatap muka, atau lewat online.? Trima kasi 🙂

    Suka

  7. Kak, untuk bagan Programme List itu bakal muncul pas udah waktu pendaftaran (Februari-Maret) atau muncul setelah mengisi hal-hal yang wajib diisi? Terus kakak ada rekomendasi buku bahasa Turki ga? Aku takut lelet pas belajar bahasanya, pengen belajar dari sekarang :’) (syukur-syukur kalau dapet.)

    Suka

    1. Seinget saya muncul pas waktu pendaftaran deh, ya pas mengisi. Ada buku baru judulnya “Merhaba Turkce” keluaran penerbit Leutika Prio, mungkin bisa dibaca-baca. Insya Allah dapat lah :’) semangat yaaa

      Suka

  8. Kak..

    Dalam memilih universitas tentunya ada banyak pertimbangan, salah satunya kota.
    Ada awardee YTB yang ngasih tips agar memilih kota2 yang jarang peminatnya agar persaingannya tidak seketat univ di kota besar (istanbul ankara).. Tapi awardee lain bilang kalo jangan sembarang milih kota, klo kita ditempatkan dikota terpencil yg masuk dalam pilihan kita, kita sudah tidak bisa apa2. Apalagi klo mendapat univ didekat wilayah konflik misalnya, atau di kota yang tidak ada mahasiswa indonesianya..

    Jadi kak, kota2 apa saja yang masih bisa jadi pertimbangan wajar?

    Suka

    1. Izmir, Trabzon, Bolu, Canakkale, Kastamonu, Konya, Sakarya, Kocaeli… apalagi ya… Sebetulnya yang terpenting emang jangan ambil kota terpencil, tapi yang banyak/ada orang Indonesia nya lebih baik menurut saya.

      Suka

  9. sebelumnya makasih bgt ya kak buat info ini,tadinya ku sempet putus asa mau kuliah ke luar negri padahal itu impian aku sejak masuk SMA soalnya beasiswa nya susah dan butuh biaya lebih tapi akhirnya aku ketemu postingan ini dan semangat lagi masih ada beasiswa turkey yg ternyata jauh lebih gampang
    kak,aku mau nanya,kan tahun 2016 un di laksanakan tgl 4 april sedangkan deadline dari beasiswa turkey ini 31 maret aku liat di websitenya nah kalo kayak gitu gak bisa ikut apply dong?jangankan ijazah,un nya aja belum terlaksana

    Suka

      1. Oh oke kak,makasih jawabannya,kalo dari artikel lain ternyata buka beasiswanya biasanya bertahap dari S2 terus S3 dan yg terakhir baru S1 dan S1 bukanya mulai mei juni jadi masih bisa hehe😊😊

        Suka

  10. kak aku mau tanya,waktu kakak daftar beasiswa ambil TOEFL atau IELTS ya kak trs waktu pas kakak ada skor minimalnya gai?sama pilihan fakultas yang bisa kita pilih itu cuma yang ada di kolom popular programs yg isinya gini :
    Sciences
    Engineering and Technology
    Art and Humanities
    Social and Administrative Sciences
    Agriculture
    atau kita bisa ambil fakultas yang kita mau yang ada di universitas itu?
    maaf ya kak banyak nanya,mau nyoba ditahun ini kan pendaftaran blm dibuka jd aku masih nyari nyari informasinya,makasih kak sebelumnya

    Suka

    1. Hiii! Saya dulu nggak pakai IELTS, TOEFL ataupun sertifikat kemampuan bahasa Inggris lainnya karena nggak wajib. Tapi bisa jadi tambahan nilai. Hm, setahu saya sih jurusan yang masuk program itu (kan luas sekali cakupannya) yang ada dalam universtas-universitas yang disediakan. Sukses ya 🙂

      Suka

  11. Assalamualaikum. saya mau nanya2 tentang alur registrasi YTB kak. boleh kirim pertanyaannya via email kak? atau socmed yang aktif?
    krn, waktu proses registrasi banyak jg yg miss.

    wassalam

    Suka

  12. Assalammualaikum, selamat malam kak Naelil.

    Terimakasih kak untuk postingannya sangat membantu sekali, yang sabar ya kak ngadepin yang agak susah ;D saya Denny siswa kelas 12 di smk salam kenal kak 😀

    Waktu kelas 10 (Sem. 1 & 2) kurikulum sekolah saya menggunakan Kurikulum 2013, tapi pada kelas 11 dan lanjut sampai sekarang kelas 12 (masih sem. 5 skrg) sekolah saya merubah kurikulum menjadi kembali ke KTSP 2006, sistem penilian dan aspek-aspek tertentu di keduanya itu beberapa berbeda. contohnya nilai kurtilas (2013) menggunakan ipk (1-4) sedangkan kurtinem (2006) menggunakan nilai (1-100), untuk nilai sudah dikonversi jadi tidak ada masalah. Permasalahnya ialah pada pelajarannya kak, saya ingin membuat transkrip tetapi beberapa pelajaran yang sama di kedua kurikulum ada yang berbeda penamaannya dan fokus pelajarannya. Contoh di kurtilas untuk kewarganegaraan namanya “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan” sedangkan di kurtinem hanya “Pendidikan Kewarganegaraan”

    Bagaimana sebaiknya saya membuat transkrip yang ringkas dengan keadaan seperti ini?
    Apakah langkah menyamakan nama menjadi satu nama merupakan solusi yang baik?

    Mohon bantuannya kak, terimakasih

    Suka

    1. Nasib kita sama Denny 😂 banyak yang berbeda apalagi yang produktif. Tapi Kak Naelil punya teman anak SMK yang sudah diterima. Semoga kita dapat pencerahan dari Kak Naelil ya… Amin. Hehe. Kak maafkanlah hamba yang banyak tanya ini…

      Suka

      1. Eh ada yang senasib asik nih wkwkwk, iya tuh betul jadi bingung juga mau buat berapa ukuran kertas transkripnya. Aamiin….., mohon kesediannya kak membantu kami hehehe. Buat yang mau tanya2 silahkan add id line saya @dennyholmes biar bisa sharing sama-sama berjuang dapetin YTB cussss……

        Suka

        1. Waalaikumussalam… Hallo! Udah, optimis aja. Pasti bisa lah. Persoalan transkrip, bingung juga ya.. Mungkin bisa didiskusikan dengan gurunya. Tapi kalau pendapat saya pribadi sih pakai nama salah satu aja yang terbaru/menyamakan nama. Karena inti pelajarannya juga sama, insya Allah nggak ada masalah. Good luck!

          Suka

  13. Hi saya barusan apply Turkiye Burslari.
    Pada 17 Feb pagi saya submit aplikasi, sore harinya saya mendapat miscalled dari nomor Turki cuman pas lagi gak pegang hape. Malamnya pemberi rekomendasi mengabari saya bahwa beliau mendapat email konfirmasi dari Turki terkait rekomendasi. Kira – kira kenapa yah ditelepon? Hehe

    Suka

  14. Assalamualaykum kak, aku baru mau apply tahun ini. Kebetulan aku lulus udah dua tahun yang lalu. Aku udah terjemahin nilai rapotku, tapi ga dalam bentuk transkrip. Kalo aku gabungin semua file rapot kedalam satu pdf itu bisa ga ya kak? Soalnya kepala sekolahnya udah ganti.

    Suka

  15. assalamualaikum kak, maaf mau tanya, kalau sertifikat harus di translate ke bahasa inggris apa gak kak? trus di cv dicantumin prestasi dalam bahasa inggris atau seadanya aja(b.indonesia) ?

    Suka

  16. Assalamualaikum. Saya setuju banget sama artikel kakak yang satu ini. Baca pertanyaannya bikin gemes. Setahu saya, beberapa pertanyaan itu sudah dijawab melalui web resmi ytb, sisanya kalo mau rajin2 browsing aja, pasti dapat. Intinya jangan malas n jangan mudah menyerah cari info. Cari dulu infonya sampe dapat dan kalo udah mentok baru tanya. Mohon maaf ya kalo menyinggung 😀. Saya juga sudah apply beasiswa ytb, masih menanti pengumuman. Bismillahi tawakkaltu alallah. Mudah-mudahan Allah berkenan meloloskan saya ke tahap selanjutnya. 😊 aamiin.

    Suka

    1. Waalaikumussalam. Semoga lolos dan lancar yaaa aamiin 🙂
      Ntar kalau udah sampai Turkey pasti bakal ngerasain gemes-gemes gitu deh. Seneng sih buat bantu, seneng banget. Tapi kadang ya kalau pertanyaannya sangat basic…

      Suka

    1. Di sini aja ya biar yang lain bisa baca juga. Banyak kok yang menyediakan jurusan jurnalistik. Ada Ege Univ, Istanbul Univ, Ankara Univ, Gazi Univ, Selcuk Univ, Akdeniz Univ … misal.

      Suka

  17. hallo kak, mau tanya. mungkin kakak tau informasi pengumuman untuk beasiswa S2 tahap pertama udah keluar atau belum? untuk tahun 2017 ini

    Suka

  18. Assalamu’alaikum, Mba!
    Mau tanya tentang maksud persyaratan yang udah tertulis di ‘essessment and selection’. Di situ tertulis “For medical school application 90%”, maksudnya apa ya?

    Buat persiapan sedini mungkin..

    Suka

Tinggalkan Balasan

