Kejutan Ulang Tahun di Tanah Rantau

Kalau ngomongin soal ulang tahun, pasti bawaannya pengin ketawa sendiri. Sejauh yang dapat saya inget sih kejutan ulang tahun yang paling “gimana gitu” itu ada dua kali, sepertinya. Yang pertama adalah pas kelas satu SMP, teman sekelas pada kerja sama dengan guru bahasa Inggris buat ngerjain saya. Ceritanya, beliau itu ngasih pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Akibatnya, beliau marah-marah sampai saya berkaca-kaca. Emang sih ending nya ternyata kejutan. Dapat kado juga dari gurunya. Tapi tetep, saya kesel minta ampun. It’s such an embarassing moment! Meski… ini sih mending daripada yang dialami oleh teman sekelas saya lainnya. Pas kelas dua SMP, dia dituduh nyuri uang 50ribu dari temennya. Dia nangis di depan kelas. Nggak tega 😦 waktu SMP emang musim banget ngasih kejutan ulang tahun dengan “disakiti” terlebih dahulu. Kalau pas SMA sih lebih dinyesekin yaitu dengan disiram tepung, air dan telur mentah. Dikira adonan apa ya… Gara-gara ngotor-ngotorin tempat, masa SMA adalah masanya sering banget dimarahin petugas kebersihan sekolah. Hehehe. Sayang, semua itu tidak ada fotonya.

Nah, mungkin kejutan ulang tahun saya yang fotonya ada di tangan ini cuma satu yaitu di ulang tahun saya yang ke 19 kemarin; ketika saya masih duduk di bangku kelas persiapan bahasa Turki. Jadi, saya masuk kelas persiapan  itu sekitar akhir September; tanggal 29an gitu. Sedangkan saya lahir di bulan Desember. Otomatis kan teman-teman sekelas baru mengenal saya sekitar 2,5 bulanan. Bagi saya, itu waktu yang singkat loh untuk saling mengenal. Halaah!

Hari itu tanggal 15 Desember, kita dapat pelajaran di kelas seperti biasanya. Waktu itu lagi bahas apa ya, lupa. Tapi sebagai contoh, dosen memanggil saya ke depan kelas untuk praktik bahasa. Kebetulan salah satu pertanyaan dosen adalah menanyakan tanggal lahir saya. Mungkin dari situ teman-teman sekelas menyadari bahwa keesokan harinya adalah tanggal lahir saya. Kata temen sih, yang pertama ajak buat ngerayain itu antara si teman Korea atau teman Afghan. Well, mereka emang udah kayak kakak buat saya :’) Nah, masalahnya kan selama 2,5 bulanan ini nggak ada tuh acara kejut-kejutan ulang tahun di kelas. Jadi, saya juga nggak kepikiran sebelum teman Thailand membocorkan ke saya rencana anak-anak sekelas. :mrgreen:

Keesokan harinya sekitar pukul 6 pagi, saya dapat sms dari teman Korea untuk mengecek email. Saya pun segera mengecek dan mendapati diri saya berkaca-kaca haru. Teman Korea tersebut menyanyikan lagu selamat ulang tahun yang diiringi gitar, untuk saya. ❤ Karena wordpress ini gratisan, jadi saya nggak bisa upload audionya. Ini adalah rekaman yang direkam. Semoga kedengeran :mrgreen:

İyiki doğdun

생일 축하 합니다 (saengil chukha hamnida)

생일 축하 합니다 (saengil chukha hamnida)

사랑해, Naelil (saranghae, Naelil)

생일 축하 합니다 (saengil chukha hamnida)

İyiki doğdun sana

İyiki doğdun sana

İyiki doğdun iyiki doğdun

İyiki doğdun sana

Bukan hanya itu, sesampainya di kelas persiapan bahasa Turki pas jam istirahat, salah satu teman yang saya lupa dari negara mana, mengajak saya ke kelas. Aneh dan mencurigakan banget caranya ngajak. Tapi berhubung saya udah tahu, yaudah saya ngangguk aja sambil dag dig dug ke-GR-an. :mrgreen:

Pas saya buka pintu, suasana kelas saya remang-remang dan sudah dipenuhi oleh teman sekelas, teman senegara (Indonesia), beberapa dosen, nyala lilin, 3 buah kue tar dan aneka minuman berwarna.  Lalu mereka pun menyayikan lagu selamat ulang tahun ke saya dengan bahasa Turki. Ucapan dan doa pun berdatangan dalam berbagai bahasa. Ohaa man! Saya terharu dan tidak dapat menyembunyikan kebahagiaan saya. Aih, doa yang baik juga untuk mereka semua. Aamiin.

Setelah foto bersama, kita pun potong kue, makan-makan dan bersenang-senang. Sebelum kelas kembali dimulai, dosen kami berkata bahwa saya harus bersyukur karena punya teman-teman yang menyayangi saya. Apalagi, itu adalah pertama kalinya kejutan ulang tahun dilakukan di kelas kami. Well, I can’t thank you enough, gaessssssss! ❤

Bener kata orang bahwa kemanapun kamu pergi-termasuk di negeri nan jauh di sana-kamu pasti akan menemukan saudara, teman seperjuangan 🙂 Jadi, jangan pernah khawatir dan takut untuk mencari ilmu dan mencapai impian walau harus menempuh ribuan kilometer. You will never walk alone. 🙂

6 thoughts on “Kejutan Ulang Tahun di Tanah Rantau

  1. aaahhhh mau juga tuh kak
    dpet ucapan ultah dari teman yg ada di luar negeri hhee
    apalagi dpet nyanyian dg bahasa mereka hhee

    Suka

Tinggalkan Balasan

