[Resensi Buku] Merry Riana Langkah Sejuta Suluh

Penghargaan yang terbaik dari kesuksesan adalah menghargai manusia lain. Hlm. 395

langkah-sejuta-suluh-195-thumb-1

sumber : sadeyansamukawis.com

 

Judul Buku : Merry Riana Langkah Sejuta Suluh

Penulis : Clara Ng

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun : Cetakan kedua, Juni 2014

Jumlah Halaman : 449 hlm.

 

 

“Arahkanlah pandanganmu kepada Tuhan, dan Dia akan memberimu jalan. Tidak semuanya sekaligus, tetapi selangkah demi selangkah. Dan setiap langkah adalah mukjizat.”

Formula sukses Merry Riana adalah: Vision-Action-Passion. Berbeda dengan buku pertama Mimpi Sejuta Dolar yang mengisahkan tentang Vision (Mimpi), buku sekuel Langkah Sejuta Suluh ini berfokus pada Action (Langkah).

Bertujuan membayar utang-utangnya dan mencapai mimpinya untuk meraih kebebasan finansial, setelah lulus Merry mengambil sebuah keputusan ekstrem untuk menjadi seorang entrepreneur.

Merry memimpin sekelompok pemuda-pemudi yang mulanya bukan siapa-siapa, yang berangkat dari nol, dan mengalami kejatuhan berulang-ulang, sebelum kemudian menjadi tim tangguh yang memecahkan rekor industri.

Buku ini membeberkan kisah yang seru dan mendebarkan; penuh ketegangan dan tikungan-tikungan terjal. Tentang sekelompok anak muda yang mulanya disepelekan, namun selalu bertekad tidak mau kalah, sampai pada akhirnya berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara.

Ikuti perjalanan Merry selangkah demi selangkah, dari sejak lulus kuliah tanpa modal, koneksi, dan keahlian; sampai bagaimana dia menyatukan timnya untuk berjuang bersama demi satu tujuan: mengukir sejarah.


“Sebuah kisah nyata inspiratif tentang bagaimana sekelompok anak muda tak berpengalaman bisa memecahkan rekor industri dalam waktu 1 tahun!”

Kalimat itulah yang membuat saya langsung mencomot buku ini dari rak dan membawanya ke kasir tanpa keraguan sedikitpun.

Sebelumnya, saya sudah sangat sering mendengar nama Merry Riana, namun tidak pernah tahu siapa dia dan memang tidak pernah berniat mencari tahu. Hingga ketika film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar rilis pada tahun 2014, dengan semangat, saya bergegas menonton hanya karena ada Chelsea Islan di dalamnya! :mrgreen:

Ternyata, saya dibuat kagum dengan perjuangan Miss Merry. Karena sudah menonton film yang diangkat dari buku Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar dan merasakan aura positifnya, saya memutuskan untuk membeli sekuel buku tersebut yang berjudul Merry Riana: Langkah Sejuta Suluh. Sungguh, membeli buku ini sama sekali bukan penyeselan. Sungguh bahagia rasanya bisa ikut menyaksikan sepak terjang Miss Merry di Singapura yang dimulai dari nol hingga sukses seperti sekarang ini.

Sebagai seorang mahasiswi, tentu saja saya memiliki impian yang sama dengan Miss Merry di masa belianya dulu yaitu ingin memiliki kebebasan finansial dan mampu membahagiakan orang tua. Sudah banyak hutang saya terhadap keluarga dan saudara. Rasa-rasanya semua itu baru akan bisa terbalaskan jika saya sukses, supaya tidak sia-sia bantuan yang mereka semua berikan kepada saya.

Saya pikir, sulit untuk memiliki kebebasan finansial jika kondisi kita masih sebagai mahasiswi. Namun  pemikiran saya ini terbantahkan setelah melihat perjuangan Miss Merry. Apakah saya mampu setangguh dirinya? Mampukah saya sukses sepertinya di usia muda?

…ada yang sudah mencoba berkali-kali tetap gagal. Mereka akan merasa lelah; merasa apa yang sudah dilakukan bukan buat mereka. Sesungguhnya, yang salah bukan karena usaha yang sudah dicoba berkali-kali, tapi strateginya. Kalau kita hanya melakukan hal yang sama terus-menerus, kegagalan akan mengikutinya terus-menerus juga. Hlm. 85

Menjadi Sales yang menawarkan suatu produk bukanlah hal yang mudah. Dari mulai streetprospecting sampai ke door knocking. Saya masih ingat beberapa waktu lalu saat saya membantu menawarkan selebaran berisi informasi pagelaran budaya Indonesia di pusat kota Izmir, Turki. Walaupun itu hanyalah informasi pagelaran budaya yang bersifat gratis, saya mendapati banyak penolakan. Bahkan ada yang tidak sudi sekedar melihat ke arah saya. Sungguh, sakit hati saya dibuatnya. Padahal, jika dibandingkan dengan yang dilakukan oleh Miss Merry, ini bukan apa-apa. Kegigihan Miss Merry sungguh patut ditiru bagi orang-orang yang menginginkan kesuksesan.

“Percayalah, tidak ada pekerjaan yang lebih membahagiakan daripada pekerjaan yang bukan saja pendapatannya besar tapi juga memaksimalkan kebahagiaan orang lain.” Hlm. 55

Selain kegigihan, hal lain yang patut ditiru dari Miss Merry adalah betapa dia sangat peduli terhadap orang lain. Kepeduliannya kepada anggota timnya sungguh mempesona. Saya tak bisa berkata-kata. Pasti senang sekali bisa bekerja sama dengan orang seperti Miss Merry 🙂

Selama kita memegang cinta dan harapan, Tuhan hadir. Hlm 102

Tidak hanya berhenti sebagai malaikat penolong, Miss Merry tetap rendah hati dan berserah diri kepada Tuhan. Jauh dari kata sombong, Miss Merry merasa bahwa semua langkahnya adalah berkat Tuhan. 🙂

Keberuntungan tidak akan datang ke kita kalau kita hanya duduk-duduk berpangku tangan. Hlm. 92

Buku setebal 449 halaman ini sungguh mempesona. Tidak hanya menawarkan alur menjadi sukses secara garis besar saja, namun detail-detail perjuangan secara gamblang. Saya ikut merasa tertekan ketika Miss Merry disudutkan hanya karena ia bukan warga Singapura, tidak punya nama Cina dan tidak pandai berbahasa Mandarin. Apalagi ketika orang lain hanya melihatnya dari penampilan fisik saja. Sesungguhnya, saya juga ikut merasa bahagia atas apa yang Miss Merry dan tim peroleh. Kerja keras mereka sungguh “gila”. Namun hasilnya pun “sangat gila”. Memang benar bahwa jika kita ingin memperoleh hasil yang “gila”, kita harus keluar dari zona nyaman dan menjadi “gila”. Hehehe

“Menang atau kalah urusan belakangan, tapi tak menyerah itu harga mati.” Hlm. 346

Saya juga kagum atas Miss Merry dan suaminya yang saling dukung sedemikian rupa. Pasti bersyukur sekali memiliki partner hidup yang sejalan. Memang begitu tugas partner. Saling melengkapi dan mendukung satu sama lain untuk kemajuan. Bukan menghambatnya.

Pokoknya, saya tidak akan ragu merekomendasikan buku ini terhadap siapapun yang ingin memiliki kebebasan finansial di usia semuda mungkin, atau yang berniat untuk menjadi pengusaha muda. Jejak langkah Miss Merry bisa kita jadikan contoh. Bahkan buat kamu yang lagi kelam dan tidak tahu harus ngapain, boleh banget baca buku ini. Niscahya semangatmu akan tumbuh lagi. Insya Allah.

Yang menghambat orang bergerak sering kali adalah imajinasi yang berlebihan. Hlm. 109

Detik ketika saya membaca halaman terakhir buku ini, saya menjadi yakin bahwa sukses selagi muda, bahkan walau kita masih menjadi mahasiswa, bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Terinspirasinya udah. Tinggal geraknya aja. Semangat!!

Target adalah target. Tidak perlu malu. Pikirkan hasil yang akan dicapai. Hlm. 120

Terima kasih kepada Miss Merry yang mau berbagi kisahnya. Terima kasih juga kepada Miss Clara Ng yang menuliskanya secara mengagumkan! 🙂

2 thoughts on “[Resensi Buku] Merry Riana Langkah Sejuta Suluh

Tinggalkan Balasan

