Tips Cerdas Belanja Online

Perdebatan antara enak tinggal di desa atau di kota sepertinya sudah bukan perdebatan pribadi lagi. Hehe. Maksudnya, teman-teman saya yang menetap di kota selalu mengeluh soal kebisingan kota. Sedangkan saya yang tinggal di desa, menetap di kota adalah sebuah impian, mengingat kemudahannya dalam berbagai hal. Oke, di desa memang tidak bising. Bahkan lampu merah saja tidak ada. Padahal jumlah pengendara di desa juga tidak sedikit lho. Mungkin memang tidak seramai di perkotaan, tapi tetap saja ramai setiap jam anak sekolah. Karena di desa saya tidak ada transportasi umum, setiap orang dipaksa untuk memiliki kendaraan pribadi serupa sepeda motor. Jadi, kalau membayangkan keramaian seperti lalu lalang bus, truk dan angkot, memang tidak ada. Tapi kalau motor, duh ah coba saja ke luar rumah jam 6-7 pagi. Rameeee!

Kenapa jadi ngomongin transportasi yak? :mrgreen:

Selain masalah transportasi, hal yang membuat saya paling males adalah mengenai ketersediaan barang-barang kebutuhan. Salah satunya dan yang sangat penting adalah buku-buku baru. Untuk membeli buku saja, saya harus naik bus 2 jam ke kota Jember; kota tetangga. Gilee! Eh, tapi baru-baru ini syukur sekali ada toko buku berjarak 1 jam naik motor dari rumah saya. Nggak perlu lagi deh jauh-jauh ke kota tetangga demi menikmati buku baru.

Untuk memenuhi hasrat haus bacaan selain dengan membeli, tentu saja adalah dengan meminjam. Yang jadi masalah adalah, desa saya tidak/belum memiliki perpustakaan umum. Sedih deh. Dulu sih pas SMA bisa pinjam di perpus sekolah. Nah sekarang pas udah kuliah dan lagi liburan di kampung halaman, sulit sekali memperoleh buku. Mungkin satu-satunya yang bikin saya pengin segera kembali ke tanah rantau adalah perpustakaan kampus dan segala ketersediaan barang-barang kebutuhan.

Nah, buat tipe orang yang males gerak kayak saya, belanja buku online adalah kemungkinan cemerlang. Bayangin deh, tinggal berbaring di atas kasur, buku keinginan kita akan dikirim ke rumah. Hihi. Tapi tentu saja butuh kuota internet. Ini juga yang jadi masalah buat saya. Akibat tidak adanya petunjuk jalan, sinyal-sinyal di desa saya sering nyasar, rupanya. Walhasil, untuk membuka sebuah website saja loading-nya setahun. Mau numpang wifi gratis juga nggak ada cafe dan sejenisnya. Paling kalau mau cepat ya ke warnet. Tapi kan warnet itu berbayar. Plus, saya itu tipe orang yang lamaaa banget kalau belanja online. Misal nih saya sedang mencari buku A, untuk menekan harga serendah-rendahnya, saya harus buka seluruh toko buku online untuk membandingkan dan memperoleh harga termurah. Lihat nih akibat ulah saya :

Selain tidak hemat waktu, membuka banyak tab mampu membuat loading-nya makin lama karena browser jadi not responding.

Bahkan sebulan yang lalu, demi mencari sebuah buku keinginan saya dengan harga yang pas di kantong, saya sampai harus semedi di kamar dari pagi sampai Magrib. Keluar kamar cuma buat makan dan sholat aja.

Itu sebulan yang lalu ya… Sekarang saya udah nggak gitu lagi setelah dikenalkan kepada sebuah web keren bernama Priceza oleh teman saya. 😀

Ini dia penampakannya :

Untitled3.jpgDengan Priceza, kita bukan cuma bisa memperoleh harga buku murah, namun juga produk-produk lainnya seperti alat elektronik, kosmetik, pakaian, hingga makanan dan minuman. Semuanya ada deh. Apa yang kamu cari, tinggal pilih kategorinya dan isi nama produknya di kolom pencarian. Mudah banget kan?

Dengan adanya layanan filter produk dari kategori, kisaran harga dan toko online, kita bisa cari produk yang kita butuhkan dalam waktu sekejap tanpa perlu buka banyak tab dan mumet (baca : pusing) bandingin  harga di setiap toko online. Saya aja sering lupa kalau udah buka terlalu banyak tab.

Yang murah tadi di toko online yang mana ya?

Sebagai calon ibu yang baik :mrgreen: , BIG NO kalau sampai salah beli produk. Kalau bisa dapat produk sama dengan harga yang lebih murah, kenapa harus beli yang mahal? Uangnya kan bisa ditabung buat jajan cendol.

5 alasan kenapa Priceza berguna banget buat orang yang gemar belanja online?

  1. Lebih hemat waktu

Dibandingkan dengan kamu buka semua toko online, lebih praktis bin hemat waktu kalau kamu langsung buka Priceza. Karena dengan Priceza, selain bisa membandingkan harga, kamu juga bisa langsung diarahkan dengan link ke toko online yang memuat pilihan kamu.  Jadi, nggak ada yang namanya kerja dua kali di sini.

  1. Lebih hemat energi

Ini sudah pasti. Dengan Priceza, kamu nggak akan bengong di depan gadget seharian untuk membandingkan harga. Cukup dalam hitungan menit, bro.

  1. Lebih sehat

Dengan kamu enggak berlama-lama menatap gadget, kamu bisa hidup lebih sehat. Halahh haha. Maksudnya, waktu yang biasanya kamu habiskan untuk belanja, bisa dikurangi untuk makan teratur dan menyehatkan mata. Istirahat, gitu.

  1. Lebih hemat biaya

Lebih hemat karena kamu bisa dapat produk sama dengan harga paling murah secara online.

  1. Lebih mengenal toko online

Dari sini kamu bisa lebih kenal toko online. Misal nih toko A lebih murah produk kosmetiknya sedangkan toko B lebih murah produk makanannya. Pas kamu beli offline, kamu bisa langsung menuju toko termurah. Ya, meski biasanya harga online dan offline itu beda. Perbandingannya nggak banyak. Paling nggak, yang di online murah, offline-nya pun biasanya setipe.

Masih mau repot buka-buka banyak toko online? 😀

2 thoughts on “Tips Cerdas Belanja Online

  1. ke toko buku sampai 2 jam…. haduh jauh amat tuh..
    iya ya kalau beli online itu aneh ya, entah kenapa lebih menghabiskan waktu buat milih. perasaan kemarin aku beli buku 2 doang liat-liatnya sampai berjam-jam. mata jadi lelah..
    tapi kalau mau beli buku online di periplus murah-murah. buku-buku klasik cuma 44rb.

    Suka

Tinggalkan Balasan

