[Resensi Buku] Kuliah Jurusan Apa? Broadcasting

94792_f

sumber : bukukita.com

Judul Buku : Kuliah Jurusan Apa? Broadcasting

Penulis : Brillianto K. Jaya

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : 2016

Kota : Jakarta

Jumlah Halaman : 172 hlm.

Belakangan dunia broadcasting, khususnya broadcasting televisi, punya banyak kesempatan buat berkarier dan berkreasi. Apalagi kamu sudah ngebet banget pengen kerja yang ada hubungannya dengan dunia televisi. Kalau alasannya begitu, langkah pertama mewujudkan cita-cita kamu ya masuk kuliah di jurusan broadcasting.

Tertarik kuliah di jurusan broadcasting? Nah, kalau memang tertarik, mendingan kamu cari info sebanyak-banyaknya dulu, deh, tentang jurusan ini. Buku ini salah satu gudang info yang bisa kamu gali tentang jurusan broadcasting. Ada banyak info yang bisa kamu baca di buku ini. Bukan cuma info tentang persiapan masuk jurusan broadcasting, tetapi juga strategi supaya kamu sukses menghadapi perkuliahan.

Tak cuma itu. Buku ini juga memuat tentang standar umum gaji, Produser, News Anchor, Cameraman, dan lain-lain, jika kelak kamu lulus kuliah dan diterima di stasiun televisi. Buku ini juga semakin komplet dengan adanya istilah-istilah yang biasa digunakan di dunia televisi .


Di antara heningnya malam dan kepala yang nyut-nyutan banyak pikiran, saya memutuskan untuk meresensi buku Kuliah Jurusan Apa? Broadcasting, yang sudah selesai saya baca hampir sebulan yang lalu. Ok, ini parah. Pusing deh rasanya mikirin betapa malesnya saya balik ke tanah rantau. Apa hubungannya? Ya itu, males nulis resensi gegara pusing banyak pikiran. Salah satunya mikirin balik ke sono. But I must go no matter what; meninggalkan segala kenyaman ketika berada di ketiak keluarga dan pergi jauh ke tanah perantauan. Fiuh. *lebayyy

Buku yang masih kinyis-kinyis karena baru turun cetak ini terdiri dari 11 bab. Mulai dari pengenalan terhadap Broadcasting, Jurusan Broadcasting, Mengenal Diri Sebelum Memilih, Tips Memilih Kampus Jurusan Broadcasting, Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Broadcasting, Agar Sukses Menjadi Mahasiswa Broadcasting, Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Broadcasting, Prospek dan Peluang Karier di Stasiun Televisi, Profesi Favorit di Televisi, Sosok Sukses di Dunia Broadcast hingga Daftar Istilah Dalam Dunia Broadcast dibahas oleh penulis dalam buku setebal 172 halaman ini.

Melihat judul-judul babnya, buku ini memang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh siswa-siswi yang masih galau menentukan jurusan kuliah, terutama siswa-siswi kelas 3 SMA dan sederajat. Sebetulnya, dibaca oleh kalangan mahasiswa seperti saya juga nggak akan ada masalah sih. Namun, akan lebih cocok kalau dibaca siswa-siswi yang belum kuliah. Bagi yang udah kuliah, kalau baca buku ini takutnya nyesel nggak ambil jurusan broadcasting :p

Waktu pertama kali lihat buku ini, saya dibuat penasaran oleh tulisan di kaver belakang. Terlebih yang menyangkut standar umum gaji Produser, News Anchor, Cameraman, dan lain-lain. Hihihi. Apalagi saya lagi galau-galaunya antara yakin dan tidak yakin pada jurusan yang sudah saya pilih; Jurnalistik (Ilmu Komunikasi), yang pada dasarnya tidak jauh juga kekerabatannya dengan dunia broadcasting. Dan melenceng dari jurusan saya di SMA: IPA.

Resensi kali ini nggak akan saya tulis panjang lebar kok. Cuma mau bilang aja kalau buku ini sangat cocok, terlebih bagi kamu yang lagi duduk di bangku kelas 3 SMA dan kelak ingin kerja di dunia broadcasting televisi. Serius. Biarpun toh harga bukunya lumayan mahal dibandingkan buku Kuliah Jurusan Apa lainnya. Mungkin karena baru keluar dari oven kali ya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s