Nikah Muda, Yuk! Eh?

 

alasan-larissa-chou-dan-alvin-faiz-menikah-muda

Anak Ustadz Arifin Ilham, Alvin Faiz dan istrinya, Larissa Chou [sumber : islamidia]

Summer ini, banyak banget teman atau kenalan saya yang menikah. Baik teman SMA maupun teman yang saya kenal ketika kuliah di Turki. Kalau yang dari Turki, rata-rata yang menikah itu lelakinya yang S2 di Turki dengan pasangannya sendiri *iyalah*, atau perempuan yang masih S1 di Turki dengan pasangannya sendiri juga. Seangkatan saya lah usianya; masih terhitung muda. Ciee…

Saya nggak pernah ada perlawanan terhadap teman-teman yang menikah muda. Yaiyalah ya, emang saya bisa apa? Halangin pernikahan mereka? :mrgreen: Lagian salut buat para lelaki yang berani langsung lamar tanpa ngajakin berlama-lama menjalin hubungan haram dulu. Kebetulan teman-teman S1 saya di Turki emang pada langsung nikah gitu tanpa pacaran.

Tapi…

Gini. Kesiapan tiap orang untuk menikah itu beda-beda. Bukan cuma dilihat berdasarkan usia. Oh ini usianya udah cukup, terus ditodong-todong suruh nikah. Yang ada bukannya buru nikah, malah kabur kebirit-birit. Lagipula, insya Allah jodoh tuh datangnya ketika waktu sudah tepat; ketika lahir batin sudah siap mantap.

Kemarin ada teman saya yang marah-marah dan kesal bukan main lantaran diceramahin oleh temannya yang nikah muda untuk cepetan nikah. Niatannya dia kasih ucapan selamat, eh malah ditodong-todong suruh nikah. Ya kesel dong ya dong.

Maksudnya gini, bagi kalian yang mau menikah muda, ya udah sih silahkan. Tapi nggak usah suruh-suruh sampai ceramah tahunan ke orang lain. Kalau ceramah secara umum, silahkan aja bebas kok menyebarkan paham nikah muda. *Ini apaa* Tapi juga jangan ngomelin temanmu secara pribadi buat cepetan nikah. Mungkin ada yang anggap guyonan. Namun, lama-lama juga pasti capek. Yang ada temanmu itu kabur dan malas dekat-dekat kamu yang topik pembicaraannya cuma nikah muda melulu. Iya kalau temanmu itu sepaham, dipameri iming-iming keindahan nikah muda ya baper. Kalau enggak, bakal bete bukan main, pasti. Lagian, nikah tuh bukan cuma seneng-senengnya aja, pahala-pahalanya aja, masalah pun pasti ada. Bahkan tambah berat. Emang sih masalahnya bisa digendong berdua. Tapi bukankah Allah SWT tidak pernah memberikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh hamba-Nya? Artinya, yang lagi sendiri pun bukan berarti masalahnya tidak bisa diselesaikan, atau hanya dapat diselesaikan kalau sudah berpasangan. Enggak, bro.

Buat teman-teman saya yang menikah di usia muda. Yah, seusia saya lah ya atau adik angkatan, selamat! Moga jadi keluarga samara. Selamat menempuh hidup baru and I am happy for you!

Buat yang belum nikah dan kepengin cepat-cepat dapat teman surga, semoga segera dapat. Eh, tapi bukan berarti karena banyak yang nikah, kamu yang belum siap lahir batin jadi ikutan kebakaran jenggot ya. Tenang… nikah itu butuh kesiapan, butuh proses. Bukan balapan lompat karung. Seumur hidup sekali lho. Menurut saya pribadi, bohong jika siap tidak siap itu urusan nanti. Menikah itu bukan seperti tes beasiswa yang sudah ada jadwal yang harus ditepati. Mau tidak mau, siapa tidak siap, harus ikut kalau emang niat dapat beasiswa.

Nah menikah, yakin sudah siap menambah tanggung jawab dan nggak ngerengek ke mami papi? Apalagi minta uang buat belanjain istri dan anak. Duh!

Terakhir, buat kamu yang masih sendiri dan belum kepengin nikah, enjoy your life selagi bebas ngapa-ngapain karena belum ada ekor yang ngikut kemana-mana. :mrgreen: Tingkatkan kualitas diri supaya jodohmu pun berkualitas. Gapai mimpi setinggi-tingginya! Selagi sendiri, perbanyak bakti kepada orang tua juga :’) Nanti kalau udah nikah, tanggungjawabmu bertambah lho.

Sekian.

 

 

Iklan

9 thoughts on “Nikah Muda, Yuk! Eh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s