Tipe-Tipe Kepribadian

Mengenal kepribadian diri sendiri dan orang lain tampaknya merupakan hal yang menarik bagi sebagian dari kita. Terbukti dengan adanya banyak pembagian kepribadian berdasarkan A sampai Z.

Ada yang suka baca-baca zodiak, ada juga yang suka baca-baca blood type personality theory, atau nyobain psikotes semacam tes MBTI, tes aura, 4 kepribadian inti manusia (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Plegmatis), bahkan hingga bawa tulisan ke grafolog.

Mari kita bahas satu-persatu pembagian kepribadian manusia. Siapa tahu di antara kamu sedang mencari jati diri. Ini penting lho untuk membantumu memutuskan langkah. Setidaknya, memberimu kesadaran untuk meningkatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan.

Myers-Birggs Type Indicator (MBTI)

Berdasarkan wikipedia, Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.

Dalam Tes MBTI ini, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia :

  1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert(I) vs. Ekstrovert (E)
  2. Dimensi memahami informasi dari luar : Sensing (S) vs. Intuition (N)
  3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
  4. Dimensi pola hidup : Judging (J) vs. Perceiving (P)

Jadi, Berdasarkan dimensi dasar tersebut dihasilkan 16 tipe kepribadian manusia yang merupakan kombinasi dari 4 dimensi dasar tersebut.

myersbriggstypes

Waktu SMA dulu, saya sudah pernah melakukan tes di beberapa website, dan hasilnya sama : INTJ. Malam ini juga saya ulang tes di dua website, dan hasilnya masih sama : INTJ (Introvert, Intuition, Thinking, Judging).

Kalau kalian mau coba tes, boleh buka ini dan ini.

Spesial untuk INTJ-siapa tahu kepribadianmu juga INTJ-saya mau kasih tambahan keterangan nih sebagai contoh penjelasan dari kepribadian dalam psikotes MBTI.

“INTJ adalah seorang introvert yang merasakan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan berpikir (Thinking), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judgement).  INTJ adalah seorang analitis yang lebih nyaman bekerja sendiri dan cenderung kurang bergaul dibanding orang lainnya. Untuk mencapai cita-citanya, mereka akan membuat rencana berdasarkan pengamatan yang sangat cermat dan berhati-hati. Kekuatan terbesar seorang INTJ adalah intuisinya. Sebagai seorang yang visioner, INTJ banyak menciptakan proses kreatif yang muncul dari imajnisai liar dari intuisinya.”

Menarik, bukan, penjelasannya? Ayo, masih ada 15 tipe kepribadian lainnya yang bisa kalian kenali. Apalagi, website tes kepribadian MBTI biasanya juga menyediakan informasi lebih lanjut mengenai saran-saran pekerjan/karir, dls.

Empat Kepribadian Inti Manusia

Berdasarkan website Psychoshare, teori ini adalah teori Hipocrates-Galenus; yang merupakan pengembangan dari teori Empedokretus. Berdasarkan pemikirannya, ia mengatakan bahwa keempat tipe temperamen dasar itu adalah akibat dari empat macam cairan tubuh yang sangat penting di dalam tubuh manusia :

  1. Sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning)
  2. Sifat basah terdapat dalam melanchole (empedu hitam)
  3. Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir)
  4. Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah)

Kemudian teori Hippocrates di sempurnakan kembali oleh Galenus yang mengatakan bahwa keempat cairan tersebut ada dalam tubuh dalam proporsi tertentu, dimana jika salah satu cairan lebih dominan dari cairan yang lain, maka cairan tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang.

4-tipe-kepribadian-manusia-personality-plus

sumber : Satu Jam

Lebih detailnya begini, diambil dari sini :

Melankolis – Si Sempurna

Kekuatan :

  • Analitis, mendalam, dan penuh pikiran.
  • Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal.
  • Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis).
  • Mau mengorbankan diri dan idealis.
  • Standar tinggi dan perfeksionis.
  • Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi).
  • Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif).
  • Kalau sudah mulai, dituntaskan.
  • Berteman dengan hati-hati.
  • Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
  • Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi.
  • Sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan :

  • Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan).
  • Mengingat yang negatif & pendendam.
  • Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah.
  • Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan.
  • Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah.
  • Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan.
  • Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan.
  • Hidup berdasarkan definisi.
  • Sulit bersosialisasi (cenderung pilih-pilih).
  • Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya.
  • Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang).
  • Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian).
  • Memerlukan persetujuan.

Plegmatis – Si Pecinta Damai

Kekuatan :

  • Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh.
  • Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik.
  • Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana.
  • Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi).
  • Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi.
  • Penengah masalah yg baik.
  • Cenderung berusaha menemukan cara termudah.
  • Baik di bawah tekanan.
  • Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan.
  • Rasa humor yg tajam.
  • Senang melihat dan mengawasi.
  • Berbelaskasihan dan peduli.
  • Mudah diajak rukun dan damai.
    Kelemahan :
  • Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru.
  • Takut dan khawatir.
  • Menghindari konflik dan tanggung jawab.
  • Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar).
  • Terlalu pemalu dan pendiam.
  • Humor kering dan mengejek (Sarkatis).
  • Kurang berorientasi pada tujuan.
  • Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri.
  • Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat.
  • Tidak senang didesak-desak.
  • Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

Sanguin – Si Superstar

Kekuatan :

  • Suka bicara.
  • Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif.
  • Antusias dan ekspresif.
  • Ceria dan penuh rasa ingin tahu.
  • Hidup di masa sekarang.
  • Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan).
  • Berhati tulus dan kekanak-kanakan.
  • Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara).
  • Umumnya hebat di permukaan.
  • Mudah berteman dan menyukai orang lain.
  • Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian.
  • Menyenangkan dan dicemburui orang lain.
  • Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam).
  • Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan.
  • Menyukai hal-hal yang spontan.

Kelemahan :

  • Suara dan tertawa yang keras (bahkan terlalu keras).
  • Membesar-besarkan suatu hal / kejadian.
  • Susah untuk diam.
  • Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka ikutan Gank).
  • Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele.
  • RKP (Rentang Konsentrasi Pendek) alias pelupa.
  • Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias).
  • Mudah berubah-ubah.
  • Susah datang tepat waktu jam kantor.
  • Prioritas kegiatan kacau.
  • Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas.
  • Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya.
  • Egoistis alias suka mementingkan diri sendiri.
  • Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama.
  • Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”.

Koleris – Si Kuat

Kekuatan :

  • Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif.
  • Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan.
  • Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target.
  • Bebas dan mandiri.
  • Berani menghadapi tantangan dan masalah.
  • “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
  • Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat.
  • Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas.
  • Membuat dan menentukan tujuan.
  • Terdorong oleh tantangan dan tantangan.
  • Tidak begitu perlu teman.
  • Mau memimpin dan mengorganisasi.
  • Biasanya benar dan punya visi ke depan.
  • Unggul dalam keadaan darurat.
    Kelemahan :
  • Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis).
  • Senang memerintah.
  • Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai.
  • Menyukai kontroversi dan pertengkaran.
  • Terlalu kaku dan kuat/ keras.
  • Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik.
  • Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci.
  • Sering membuat keputusan tergesa-gesa.
  • Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.
  • Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan.
  • Workaholics (cinta mati dengan pekerjaan).
  • Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf.
  • Mungkin selalu benar tetapi tidak populer.

Ini membantu banget loh dalam pertemanan.

Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah

blood_types

sumber : Juru Kunci

Dari tahun ke tahun tampaknya pembagian kepribadian berdasarkan golongan darah menjadi sangat populer. Di line misalnya. Beberapa waktu yang lalu, teman saya seringkali membacakan sifat-sifat golongan darah yang dia dapat dari akun line-nya. Padahal, menurut beberapa sumber, golongan darah ini tidak ada kaitannya dengan golongan darah. Coba deh baca di sini.

Meskipun demikian, mari kita bahas kepribadian khas berdasarkan golongan darah. Kamu boleh percaya, boleh tidak. Kali ini, sumber informasinya saya ambil dari laman Psychoshare, lagi.

Golongan Darah A

Tim golongan darah A mana suaranya? Tos dulu dong 😀

Sementara tampak tenang, mereka memiliki standar tinggi seperti perfeksionis. Tipe A adalah yang paling artistik dari golongan darah. Mereka bisa pemalu, apik, dapat dipercaya, dan sensitif.

Golongan Darah B

Tujuan berpikiran berorientasi dan kuat, tipe B akan memulai sebuah tugas dan terus sampai selesai, dan diselesaikan dengan baik. Tipe B adalah individualis kategori golongan darah dan menemukan cara mereka sendiri dalam hidup.

Golongan Darah AB

Jenis AB adalah kepribadian yang membagi kelompok darah. Mereka bisa menjadi keduanya, yaitu pemalu dan percaya diri. Mereka bertanggung jawab terlalu banyak yang kadang mampu menimbulkan masalah. Mereka dapat dipercaya dan suka membantu orang lain.

Golongan Darah O

Jenis O adalah golongan darah yang pemiliknya sangat sosial. Mereka adalah inisiator, walaupun mereka tidak selalu menyelesaikan apa yang mereka mulai. Kreatif dan populer, mereka senang menjadi pusat perhatian dan tampil sangat percaya diri.

Kepribadian Berdasarkan Warna Aura

Tiap kali baca kepribadian berdasarkan warna aura, saya selalu merinding disko. Konon, aura ini merupakan pancaran warna dari manusia yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Konon juga, aura mampu menggambarkan kondisi hidup seseorang. Bukan main-main loh. Dikatakan juga bahwa aura ini ada penelitiannya; bisa dibuktikan dengan memakai teknologi modern. Dan, aura seseorang juga bisa berubah. Tidak selalu sama.

Waktu SMA, saya pernah tes aura dan hasilnya adalah magenta atau ungu muda. Sekarang sih udah nggak pernah tes aura lagi.

aura-pic

aura camera

Ceritanya, warna aura itu dibagi menjadi merah, orange, kuning, hijau, biru, biru tua, ungu, merah muda, putih dan cokelat. Tapi di situs berbahasa Inggris tempat saya tes, hasilnya adalah magenta. Mungkin masuk ke rumpun warna ungu kali ya.

Kalau kamu mau tahu lebih lanjut, googlesearch sendiri aja ya. Kebetulan saya emang kurang/belum tertarik dengan ini. :mrgreen:

Kepribadian Berdasarkan Zodiak

mercury_retrograde_zodiac-pixabay

Old Farmer’s Almanac

Ini nih yang hampir selalu ada di setiap majalah kayaknya ya…

Semasa SMA dulu, saya suka beli majalah Wonder Teen sama tabloid Gaul. Cuman, lebih suka Wonder Teen sih soalnya Gaul keseringan bahas artis Korea.

Jadi, dari majalah dan tabloid itulah saya seringkali menjumpai yang namanya zodiak. Walaupun begitu, saya nggak percaya lantaran emang zodiaknya nggak pernah cocok di saya nya.

Zodiak saya kan Sagitarius. Misal nih kondisi saya A, eh di Sagitarius ditulis B. Nggak cocok lah pokoknya.

Zodiak itu totalnya ada 12 macem. Yaitu, Capricorn, Sagitarius, Scorpio, Libra, Virgo, Leo, Cancer, Gemini, Taurus, Aries, Pisces, dan Aquarius.

Percaya atau enggak, di Turki ini, termasuk di kalangan mahasiswa, rame banget yang namanya nanyain zodiak. Saya seringkali ditanya zodiaknya apa tapi nggak bisa jawab. Saya emang Sagitarius. Tapi di Turki ini, semua hal serba diterjemahkan. Termasuk zodiak. Sagitarius tidak disebut Sagitarius di sini, sebagaimana di Indonesia. Namun disebut dengan Yay, yang artinya panah. Ajaib emang. Jadi, tiap kali mereka nyebutin zodiaknya, saya juga nggak bakalan ngerti. Selain karena pakai bahasa Turki, saya juga nggak hafal tanggal sekian itu zodiaknya apaan. Apalagi karakternya. Lier urang teh.

Karakter berdasarkan zodiak, dikutip dari madjongke.com :

CAPRICORN
Capricornus atau lebih akrab disebut Capricorn merupakan zodiak yang dilambangkan dengan kambing liar. Memiliki sifat yang cukup bagus karena mempunyai sikap yang tekun ketika melakukan sesuatu atau memperjuangkan sesuatu. Pantang menyerah dan tahan dengan berbagai macam rintangan.

SAGITARIUS
Pada dasarnya Sagitarius adalah orang yang berani mengambil resiko. Jika dia merasa bisa dalam melangkah, dia tidak akan takut untuk mencoba. Akan semakin kuat jika mendapat dukungan penuh dari pihak lain. Dan lebih baik tidak mendapatkan masukan yang membuatnya pesimis.

SCORPIO
Scorpio merupakan orang yang memiliki semangat dalam menempuh suatu tujuan atau cita-cita. Dalam memperjuangkan sesuatu selalu memiliki cara tersendiri yang kadang tidak begitu banyak dilakukan orang lain. Jika Scorpio baik pada seseorang, maka dia akan jadi orang yang benar-benar baik. Sebaliknya, jika jahat pada seseorang maka dia adalah orang yang benar-benar jahat.

LIBRA
Libra merupakan karakter yang halus dan juga lembut. Sayangnya dalam mengambil keputusan sering ceroboh dan itu sering membuatnya menyesal pada akhirnya. Libra juga merupakan orang yang menonjol dan juga cerdas. Libra merupakan orang yang suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan kesenian.

VIRGO
Virgo merupakan orang yang kritis. Segala masukan dan pendapat dari orang lain tidak akan ditelan mentah-mentah. Selalu diteliti dulu dan di sharing mana yang benar, tepat, atau masuk akal menurutnya.

LEO
Leo yang dilambangkan dengan singa ini termasuk orang yang suka kejujuran, berterus terang, dan juga terbuka. Sehingga tidak sedikit yang banyak dipercaya oleh orang. Sayangnya Leo mudah sekali tersulut emosinya.

CANCER
Cancer merupakan sosok yang sangat halus dan suka menyendiri. Jiwa penyayang sangat tinggi terhadap sesama apalagi terhadap binatang peliharaan. Tidak suka foya-foya terutama untuk masalah yang tidak penting dan lebih suka berada di Rumah daripada bepergian.

GEMINI
Mempunyai sifat sosial yang cukup tinggi namun memiliki pendirian yang tidak tetap. Sering memiliki cara berpikir yang berbeda-beda untuk setiap keadaan.

TAURUS
Taurus adalah orang yang termasuk sabar, telaten, dan juga pintar dalam menyesuaikan diri. Akan tetapi meskipun sabar, jika sudah marah bisa sangat marah dan mengamuk seperti banteng.

ARIES
Sifat dasar Aries meskipun sering dikatakan keras kepala, akan tetapi suka dengan hal-hal baru dan cara berpikirnya berkembang. Sehingga akan mudah baginya memiliki wawasan luas dan memiliki kemungkinan besar menjadi orang yang serba tahu.

PISCES
Pisces pada dasarnya suka mengalah dalam banyak hal dan suka memilih jalan damai daripada harus mengurus sesuatu yang menciptakan keributan. Meskipun sifat dasarnya sedikit kikir,

AQUARIUS
Aquarius memiliki sifat sosial. Aquarius senang bergaul dan biasanya memiliki banyak teman. Sangat pintar memanfaatkan perasaan orang yang pernah menyakitinya. Sayangnya memiliki sifat pelupa sehingga orang-orang yang memiliki keterlibatan dalam kehidupan pribadi suka merasa di PHP.

Udah ah, lima dulu aja ya. Mata hayati udah nggak kuat melek. Kini giliran kamu yang cerita. Lebih klop sama pembagian kepribadian yang mana? Atau.. enggak sama sekali juga nggak apa-apa. Yang penting selalu mencoba jadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama 😀

Izmir, 6 Desember 2016

1.12 dini hari waktu Turki

Iklan

12 thoughts on “Tipe-Tipe Kepribadian

  1. Hahaha golongan darahku O dan aku Sanguin. Kalau soal cocok/ngga cocok sama yang mana, aku ngga mengobserve orang dari tipe kepribadian dia sih. Langsung ke kepribadiannya, misal ngga suka sama yang berantakan, yang suka telat, kelewat berisik, yang pake spasi sebelum tanda tanya, yang pake titik-titik banyak kalau chat tanpa tahu tipe kepribadian dia kaya gimana. Haha. Postingan bagus, Nae! Gujoob!!

    Suka

  2. Aku ENTJ (The Commander), korelis, goldar O, cancer…
    Hampir bener sama kepribadian aku sih di cancer suka menyendiri tapi ekstrovert?
    Memang kadang butuh waktu sendirian tapi kadang malah bosen pengen kumpul sama temen pkoknya bersosialisasilah wkwkw 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s