#BincangBeasiswa Kuliah di China

Salah satu topik yang paling sering dicari pembaca di blog ini adalah topik mengenai pendidikan. Apalagi beasiswa, wuih rame. Ada ratusan komentar berdatangan bahkan email dan pesan-pesan yang menyerbu. Salut untuk anak bangsa yang benar-benar serius memperhatikan masa depannya 😀 Terlepas dari adanya sebagian pemuda/i yang bertanya tanpa membaca terlebih dahulu. Ya, setidaknya sudah ada usaha bertanya, kata saya.

Kali ini saya akan membahas mengenai Beasiswa Esa Unggul. Narasumber kita adalah penerima Beasiswa Esa Unggul 2016, Nadya Tiffani Tinezia, alumni SMAN 1 Pesanggaran 2016 yang diterima di program studi Business Mandarin di Nanjing Xiaozhuang University. Sebelum berkenalan lebih lanjut dengan narasumber, bagi peminat beasiswa ini silahkan baca-baca di sini. Kebetulan untuk tahun 2017, beasiswanya sudah dibuka.

Baca juga : Beasiswa Kuliah di Turki

Baca juga : Beasiswa Kuliah di Jepang

15203389_783645008442314_7201828601508394704_n.jpg
dokumen pribadi Nadya

Nadya Tiffani Tinezia, atau yang biasa dipanggil Nadya maupun Fani merupakan mahasiswi aktif program studi Business Mandarin di Nanjing Xiaozhuang University sekaligus mahasiswi program studi Jaringan Komputer di Poltek Tegal.

16229899_812880658852082_822375023_o
dokumen pribadi Nadya

Prestasi Nadya :

Aktif di OSIS anggota Sie Kewirausahaan semasa SMA

Aktif di Drumband semasa SMA

Aktif menari semasa SD dan kini berniat untuk kembali aktif menari

Selalu masuk peringkat 10 besar di kelas sejak semester 2-6 semasa SMA

Juara III Lomba Qiroah Tingkat Kecamatan

Juara I Lomba Iqomah Tingkat TPQ

Langsung aja yuk, lanjut ke pembahasan mengenai Beasiswa Esa Unggul!

Sebetulnya, Beasiswa Esa Unggul itu yang bagaimana sih, Nadya? Jelasin sedikit dong.

Beasiswanya ini double degree. Dua tahun di Indonesia dan dua tahun di China tapi tahun terakhir boleh menetap di sana kalo mau. Satu tahun pertama di (universitas-red) Esa Unggul belajar bahasa Mandarin. Terus tahun kedua dan ketiga berangkat ke China dan tahun terakhirnya boleh di sana dan boleh di Indonesia. Jadi, satu tahun pertama full belajar bahasa, tahun kedua, ketiga dan keempat belajar penjurusan. Terus banyak banget beasiswa yang disediain. Bisa follow akun ig ppit nanjing nanti bisa tanya kakak-kakak yang udah di sana dan tahu banyak info tentang beasiswa di China.

Beasiswa ini sumbernya dari mana, Nadya? Dan apakah hanya ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/MAN dan sederajat atau ada program lainnya juga?

Pemerintah, Kak. Untuk siswa yang berprestasi SMA/SMK boleh. Untuk S2 atau S3 kurang tahu soalnya kakak tingkat saya S2-nya lanjut tapi beda kampus, Kak. Dia mendapat beasiswa full di kampus lain.

P.S Kesimpulannya, beda program beasiswa ya.. karena menggunakan beasiswa kampus lain.

Beasiswa Esa Unggul ini mencakup apa saja?

Kuliahnya gratis. Cuma bayar asrama dan biaya hidup sendiri. Tapi kalo di tahun pertama (memperoleh-red) peringkat 1-3 (akan-red) dapat uang saku.

Kalau proses seleksi beasiswanya, ada berapa tahapan dan membutuhkan apa saja untuk mendaftar? Bisa dijelaskan?

Ijazah SMA, SKHUN. Biasa seperti daftar di universitas lain. Raport dan Ijazah di translate ke bahasa Inggris. Kalo saya kan dulu daftar di Poltek Tegal dan saya yang diajukan untuk beasiswa ini. Dari poltek ada tiga orang yang dapat. Terus semua dari Jaringan Komputer. Yang satu angkatan saya, yang satu kakak tingkat semester lima.

Setelah memperoleh beasiswa, artinya Nadya sekarang keluar dari Poltek Tegal?

Tidak, Kak. Saya tetep mahasiswa Jaringan komputer di Poltek Tegal juga. Kalo di Nanjing libur, kita kuliah di Poltek gitu. Kita kayak dikasih dispensasi tentang tugas dan lain-lainnya gitu.

Bagaimana dengan jurusan yang tersedia untuk beasiswa ini? Apakah mereka hanya memberikan beasiswa pada jurusan tertentu?

Kalo di saya awalnya hanya ada IT dan Business Mandarin. Tapi kemarin ada pengumuman lagi di tahun kedua boleh pindah jurusan. Mungkin ini hanya di tahun saya yang boleh pindah ya. Tahun berikutnya tidak tahu lagi kalo kebijakannya berbeda.

Ada yang berminat mendaftar ke Beasiswa Esa Unggul? Boleh banget untuk hubungi Nadya di akun facebook-nya atau kepoin blog-nya di Kuliah di Negeri Tirai Bambu (China). Selamat berjuang!

P.S Bagi teman-teman yang punya pengalaman menarik mengenai perjuangan memperoleh beasiswa ataupun perjuangan dapat kampus (melalui snmptn, sbmptn atau apapun itu) dan ingin berbagi kisah namun malas menulis, boleh banget saya bantu tulisin dan sebarluaskan. Insya Allah jadi amal jariah teman-teman. Bukannya menyenangkan bisa berbagi hal positif kepada orang lain? Apalagi kalau orang lainnya itu saudara sebangsa 🙂 Ngobrol di sini ya : naellyixa@ymail.com

Iklan

5 thoughts on “#BincangBeasiswa Kuliah di China

  1. wih asik ya kalo bisa gantian kuliah gitu. Teman aku juga dapet beasiswa di china tapi kurang tau sih kak kayaknya cuma setahun gitu aku lupa apa nama beasiswa nya 😀 Pen juga kuliah di luar negeri tapi gak S1nya 😦

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s