Catatan Random Minggu Pertama di Praha

Sudah hampir satu minggu saya berada di Praha, Republik Ceko. Rasanya masih seperti mimpi. Ya… dalam artian baik dan buruk. Beberapa hari lalu, saya ikut Prague Tour yang diadakan oleh universitas saya di Praha untuk para exchange students semester ini. Kami berkeliling ke Wenceslas Square yang sangat hidup, Old  Town Square – itu loh yang ada Astronomical Clock-nya, Charles Bridge – menapakinya seperti menapaki bait puisi haha, The Lesser Town, Prague Castle yang super besar dan indah, dan seharusnya ke Jewish Quarter juga tapi nggak jadi soalnya udah kesorean dan pada kelaparan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Wenceslas Square – Wikimedia Commons

07-view-of-old-town-square

Old Town Square – Alfred Molon

europe-prague-czech-republic-cities-charles-bridge-2808x1872-wallpaper

Charles Bridge – Free HD Wide wallpapers online

catedral_sanvito

Prague Castle – fotos.eluniversal.com.mx

Suka sih sama Praha secara keseluruhan. Cantik banget. Kamu kalau main ke Eropa harus mampir ke sini ya.

Suka juga sama transportasinya.

img-20170223-wa0007

sesampainya di Praha – dokumen pribadi

Jadi, saya berangkat ke Praha itu dari Izmir, transit Istanbul, lalu mendarat di Vaclav Havel Airport sekitar hampir jam 3 sore. Sendirian. Tapi sebelum ke Praha, saya memang sudah research kecil-kecilan tentang transportasi menuju asrama yang akan saya tempati. Rasanya dag dig dug sekali mendengar bahasa Ceko yang di telinga saya mirip bahasa Rusia. Cantik. Dengan menyeret koper seberat 18,5 kg dan ransel 6 kg, saya berjalan menuju ATM untuk ambil uang. Ternyata, permintaan saya ditolak terus sama ATM. Udah hampir 10 kali mencoba dan gagal terus – untung nggak diblokir, saya pindah ATM. Masih gagal juga, keringat dingin bercucuran di dahi saya. Tidak banyak euro yang saya bawa. Tidak akan cukup untuk biaya deposit asrama. Saya tidak bisa masuk asrama tanpa uang deposit itu. Masa iya mau ngegembel di Praha.

Saya pun duduk di kursi panjang dan berpikir sejenak. Jangan panik.

Saya seret koper lagi menuju ATM yang lainnya, biarpun pandangan orang menuju ke arah saya. Soalnya roda koper saya yang suaranya ibarat dentum drum aliran punk sangat menarik perhatian.

Saya nggak tahu lagi kalau uangnya nggak keluar mau bagaimana. Masa ngutang? Nelpon siapa? Untung ada wifi di airport.

Ternyata, berhasil, kawan-kawan! Senangnya hati…

Sebelum larut malam, saya segera membeli tiket bus Airport Express menuju Hlavni Nadrazi. Dari situ naik metro dan kemudian naik bus lagi menuju asrama. Jelang Magrib, saya baru sampai asrama. Maklum ya, muter-muternya yang lama. Untung transportasi di Praha sangat mudah. Di tiap pemberhentian – termasuk bus- selalu tertulis nama-nama pemberhentian yang akan dilalui. Apalagi ada idos.cz yang sangat membantu. Kalau kawan-kawan ke sini, nggak perlu khawatir soal transportasi. Dijamin nggak nyasar. Saya aja yang parah banget navigasinya nggak nyasar kok.

Di samping kemudahan dan keindahan itu, tentu saja ada kesulitan yang saya hadapi. Salah satunya adalah homesick karena culture clash. Kangen Izmir. Normal sih karena mungkin masih minggu pertama. Mencoba menghayati kalimat “Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya.” aja.

Random banget emang.

25 thoughts on “Catatan Random Minggu Pertama di Praha

  1. Subhanallah..
    Kuliahnya di luar negri dapat kesempatan untuk exchange pula sungguh anugerah bgt, bagian dari org2 yg beruntung, bagian dari cita-cita pribadi saya yang ga bisa kesampaian (malah curhat).
    Kagum kalo liat anak2 muda indonesia cerdas dan berwawasan (alaahhh ngomong apa si aku).
    Suka bgt ngikuti blog ini kagum sama blognya apalagi sama orangnya. Sukses, selalu dimudahkan, dan selalu jadi org yg bersyukur.

    Suka

  2. Aku jadi ngikutin blog mba naeli setelah baca tulisannya di http://www.flpturki.com/2017/01/terbang-ke-turki-dengan-tulisan.html. Tulisan yang bagus.
    Aku yang sudah mulai tua, coba2 menulis di blog biar kekinian kayak anak muda…he..he..
    Terus menulis mba, menginspirasi banyak orang.
    Boleh mampir ya di “rumahku” http://muthia-rambai.blogspot.co.id/
    Aku masih belajar menulis dan belajar nge blog (masih gaptek). Boleh belajar dari mba kan??

    Suka

Tinggalkan Balasan

