Pengalaman Wawancara Ruangguru

p7-bilingual-a-20170704-870x553
The Japan Times

Sepanjang hidup, saya baru tiga kali diwawancara. Pertama kali wawancara adalah wawancara untuk mendapatkan beasiswa Turki yang dilakukan di kedubes Turki di Jakarta tahun 2014 lalu. Wawancara pertama menggunakan bahasa Inggris dengan tiga orang Turki sebagai pewawancara. Rasanya deg deg an pasti. Apalagi di sana ketemu langsung dengan para pelamar beasiswa lainnya yang notabenenya super keren dan bikin minder abis. Ceritanya ada di sini.

Wawancara kedua adalah wawancara untuk mengikuti program internship di ibukota Turki dari OIC INTERN. Wawancara ini dilakukan melalui skype selama 10 menit. Yang menyenangkan adalah, saya bisa nyiapin contekan karena nggak terlihat di kamera. Meskipun sebetulnya waktu itu cukup takut kalau jaringan internetnya error atau keberisikan karena saya melakukan wawancara di kantin asrama. Ya gimana lagi, nggak ada tempat lain. Mau di kamar, teman-teman masih pada tidur. Mau ke perpustakaan kampus juga masih terlalu pagi.

Wawancara ketiga baru saja saya lakukan beberapa menit yang lalu melalui telefon dengan pihak Ruangguru untuk program internship Batch 8. Pertama kali wawancara menggunakan bahasa Indonesia yang justru deg deg an nya makin parah ternyata. Kadang mikir kalau wawancara pakai bahasa asing, salah pun bisa dimaklumi kali ya. Namun kalau menggunakan bahasa sendiri, salah ya salah.

Saya apply internship di Ruangguru sekitar akhir April lalu dan baru dihubungi minggu kemarin untuk jadwal wawancara. Proses yang cukup cepat sebetulnya.  Apalagi pihak Ruangguru mengatakan bahwa hasil akhir akan keluar maksimal satu minggu setelah wawancara. Kalau nggak ada kabar, yaudah nggak lolos.

Wawancara yang berlangsung sekitar 10 menit itu menanyakan isi CV, kegiatan keseharian, penyebab pilih Ruangguru, serta pengetahuan dan ketrampilan mengenai posisi yang saya pilih.  Udah pasrah lah sama hasilnya.

Yaudah gitu aja cuap-cuap singkat siang ini sebelum minggu depan ujian. Kalau kamu daftar internship di Ruangguru juga tahun ini, bagi kabar ya. Mungkin kita bisa meet up kalau keterima. Hahaha

 

 

24 tanggapan untuk “Pengalaman Wawancara Ruangguru”

  1. Kak saya mau bertanya, kakak untuk internship nya daftar di bagian divisi apa, dan pada saat interview menggunakan bahasa inggris atau indonesia kak ? Terima kasih

    Suka

  2. Mbak ini bener ngak sih…..
    Saya dapat pangilan jadi fec ruangguru_
    Interview hrd via telpon
    Trus katanya lolos, suruh ke jogja untuk interview user Dan biaya nya akan ditanggung oleh pihak Sana, bener ngak sih?
    Soalnya sekalian disuruh ngirim ktp via WA….
    Makasih

    Suka

    1. Halo dimas, sorry ganggu. Gimana fec nya? Aku barusan dapat WA juga soal final exam dan training di Jakarta. Bener ga ya? Terima kasih waktunya

      Suka

  3. Kemarin dapat telfon dari RuangGuru untuk interview kurang lebih selama 10 menit. Terus di bilang tunggu kabar selanjutnya dalam waktu seminggu. Klo gak ada kabar berarti gak lolos.

    Suka

  4. Halo ka, saya ingin tanya, proses apply internship di ruangguru ini apakah jika sudah lolos interview masih ada tes lainnya? karena dari yang saya lihat di komen blog kka ini ada beberapa orang yang menyatakan bahwa ada tes final exam lagi?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s