Lika-Liku Dua Hari Seru Mahasiswa/i Indonesia di Turki

Hello! Akhirnya bisa balik ke dunia blog setelah sekitar dua minggu seolah terapung di permukaan laut. Halaah! Tapi bener loh, saya tuh akhir dua minggu ini kurang fokus kalau lagi di kampus soalnya kecapekan banget. Gampang tidur di kelas, gitu. Jangan dicontoh!

Jadi gini, Jumat (20/5) kemarin KBRI Ankara bekerja sama dengan PPI Izmir mengadakan pagelaran budaya Indonesia di Izmir, Turki yang dinamai dengan “3. Harika Endonezya”. Dalam pagelaran tersebut, terdapat berbagai penampilan keren berupa aneka tarian dan lagu, serta ada juga display pameran dimana pengunjung dapat berfoto, mencoba baju daerah-daerah di Indonesia, mencicipi makanannya dan lebih mengenal Indonesia deh. Pokoknya seru banget! Dosen saya aja dateng loh buat nonton.  Baca lebih lanjut

Iklan

Jalan-Jalan GRATIS di Bali

Mau jalan-jalan GRATIS ke Bali?

1. Ikutan kuis.
Yep. Sudah banyak kuis yang menghadiahkan paket liburan ke Bali. Coba aja, siapa tahu dapat 😀

2. Lakukan yang terbaik dan bersikap baiklah terhadap orang di sekelilingmu.
Beneran. Kalau udah ngelakuin yang terbaik, pasti ada jalan menuju Bali. Salah satunya, diajakin seseorang atau organisasi tempat kita bernaung.

3. …
Isi sendiri ya…. Banyak jalan menuju Bali. Sama halnya dengan banyak jalan menuju Roma. InshaAllah juga, akan ada banyak jalan menuju England. *opo iki*

Meskipun kota saya sangat dekat dengan Bali, saya belum pernah ke pulau tersebut – yang konon hingar-bingarnya sampai ke ujung dunia – hingga akhirnya Baca lebih lanjut

Dari Banyuwangi Hingga ke Cilegon

2009-12-01_pulau_jawa_bnpb1-585x413

Judulnya lebay banget yak? Kaya mau bilang, dari Sabang sampai Merauke. Eheh.

Okelah. Jadi, di bulan Juni yang cantik kemarin, saya harus mondar mandir dari ujung Timur ke Barat. Dimulai dari Banyuwangi-Situbondo-Yogyakarta-Cilegon-Jakarta. Lalu balik lagi ke Cilegon. Baru deh, cus pulang kampung ke Banyuwangi.

Semua bermula dari Selasa pagi, 10 Juni 2014. Saya pergi ke rumah saudara di Situbondo diantar oleh paman saya. Setelah paman saya pulang, saya nginep tuh di rumah saudara. Tapi sehari doang. Lumayan lah buat melepas penat. Main sama keponakan yang unyu-unyu.

Dilanjut, Baca lebih lanjut

Ketoprak; Makanan Khas Kota Jakarta

Sekilas melihatnya, aku pikir makanan ini sejenis rujak lontong. Makanan yang kusukai untuk makan bersama kawan-kawan di warung sambil bercanda gurau. Biasanya diiringi jus alpukat favorit kami. Kalau nggak gitu, makan rujak buah sama jus pilihan. Selain alpukat, aku juga suka jus semangka, jus jambu, jus apel, jus blah blah banyak banget. Meskipun demikian, yang terlezat adalah jus jeruk. Rujak es krim juga enak. Nah, lari dari topik kan? Oke, jadi mari membicarakan apa yang seharusnya dibicarakan.

Ketoprak. Bukan pentas seni lawak asal Jawa itu ya … ini makanan. Kenapa aku pikir ini rujak lontong? Pertama, dari tampilannya. Warnanya yang kecoklatan. Kedua, komposisinya. Ada lontong juga, terus ada tahu, kerupuk, timun, dengan bumbunya khas kacang banget. Tapi bedanya, dalam ketoprak ini mengandung bihun dan tidak menggunakan irisan tempe seperti yang ada pada rujak lontong. Mirip kan ya? Jangan-jangan kembaran? Atau makanan yang tertukar?

Ketoprak

Menurut wikipedia, Baca lebih lanjut

Nasi Uduk; Si Makanan Betawi yang Diminati

Udah dua kali, selama aku di Cilegon, sarapan sama nasi uduk. Yang porsinya euy, banyak bingit. Nah, jadi kali ini mari membahas nasi uduk. Nasi uduk itu apaan sih? Awalnya, aku nggak ngerti betul kenapa saudaraku bilang itu nasi uduk. Padahal, bentuknya sama aja kayak nasi bungkus biasa.

696px-Nasi_Uduk_Betawi

Menurut wikipedia, nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang diparut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Uhuy, kemarin sih nasi udukku pakai bihun, tumis tempe, kerupuk, terus apalagi dah, lupa.

Nah, makanan asal Betawi ini gimana sih sejarahnya?
Baca lebih lanjut

Tekwan; Makanan Khas Palembang

Tadi pagi sarapan tekwan. Dibikinin sama Mbah di Banten. Asyik asyik! Apaan tuh tekwan? Pertama menyesap baunya… Adaw enak sekali! Hihihi, kayak bakso gitu deh aromanya. Kata orang sih bakso ikan. Sedap!!! Mau tau wujudnya? Monggo cek 😀

800px-Tekwan

Nah, ngomong-ngomong, buat yang belum pada tahu, tekwan itu makanannya orang mana sih? Menurut wikipedia Bahasa Indonesia, tekwan adalah Baca lebih lanjut