10 Masakan Jepang (Nippon Ryori/日本料理)

Ngomongin tentang Jepang, nggak afdol rasanya kalau nggak ngomongin soal kulinernya juga. Maka dari itu, yuk kita bahas beberapa makanan Jepang. Biar ada gambaran, nanti makan apa ya enaknya kalau di Jepang? Meskipun emang lidah orang Indonesia beda sama lidah orang Jepang. Tapi sih, menurut saudaraku, makanan di Jepang itu enak-enak aja soalnya dimakan sesuai dengan suhu dan keadaan lingkungan di sana.

Kok bisa? Iya, misal kita makan ikan mentah di Indonesia yang hawanya panas, pasti kerasa amis banget dan bisa bikin kita mau muntah, bahkan. Tapi kalau dimakan di Jepang sana, ya enak banget. Soalnya sesuai. Itulah indahnya perbedaan…

Langsung aja deh meluncur ke masakan Jepang sebelum aku kena timpuk.

1. Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司)
sushi
Siapa sih yang nggak kenal sushi? Mayoritas orang kalau ditanya masakan Jepang yang dikenalnya, pasti dengan semangat jawab Sushi.

Sushi menurut wikipedia adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa Continue reading “10 Masakan Jepang (Nippon Ryori/日本料理)”